Jarang Ada Yang Tahu,Ternyata Ini 4 Manfaat Buah Lontar

 

Siwalan juga biasa dikenal dengan nama pohon lontar (diambil dari bahasa jawa yang berarti daun pohon siwalan) atau tal, adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di banyak daerah, pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta (Min.), ental (Sd., Jw., Bal.), taʼal (Md.), talaʼ (Mks.), taʼ (Bug.), dun tal (Sas.), jun tal (Sumbawa), lontara (Toraja), lontoir (Ambon), koli (maluku Tenggara). Juga manggita, manggitu (Sumba) dan tua (Timor)

Buah lontar bisa juga dimakan langsung ataupun diolah menjadi beragam sajian. Buah berwarna putih yang mirip kolang-kaling ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, berkat segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya.  

Buah lontar adalah hasil dari Palmyra palm, yaitu tanaman lontar yang banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Buah lontar yang baru dipanen terlindung di dalam tempurung berbentuk bulat dengan diameter sekitar 10–15 sentimeter. Lapisan tempurung ini cukup tebal, keras, dan berwarna ungu kehitaman.

Setelah tempurung dibuka akan ditemukan buah lontar yang sekilas mirip dengan kolang kaling. Namun, buah lontar mengandung air di dalamnya, Selain itu, ukuran buah lontar lebih besar, teksturnya lebih kenyal, dan rasanya cenderung asam dan manis dibandingkan kolang-kaling.

Kandungan Nutrisi Buah Lontar

Dalam 100 gram buah lontar terdapat sekitar 27 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

Baca juga:

  • Air 93 gram
  • Protein 0,4 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 6 gram
  • Serat 1,6 gram
  • Kalsium 90 miligram
  • Fosfor 243 miligram
  • Beragam Manfaat Buah Lontar

Dilihat dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, tidak heran bila mengonsumsi buah lontar bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah lontar dan penjelasannya:

1. Menjaga tubuh terhidrasi

Karena kandungan airnya yang tinggi, buah lontar dapat dikonsumsi untuk melepas dahaga di kala suhu panas menerpa. Selain terasa menyegarkan, mengonsumsi buah lontar juga akan mengembalikan mineral dan nutrisi yang hilang saat tubuh banyak berkeringat, seperti setelah berolahraga.

Jadi, bila Anda bosan dengan semangka, melon, jeruk, atau buah tinggi air lain yang sering ditemui, buah lontar bisa menjadi pilihan variasi yang tepat.

2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Buah lontar juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang berperan dalam melawan radikal bebas. Dengan begitu, tubuh pun menjadi kuat dan terlindungi dari berbagai penyakit maupun infeksi.

3. Meringankan sembelit dan perut kembung

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah lontar dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Hal ini berkat kandungan serat dan nutrisi lain yang memiliki efek antimikroba di dalam buah lontar. Nutrisi-nutrisi tersebut akan merangsang pergerakan usus sehingga BAB menjadi lancar.

4. Menjaga tulang dan gigi tetap kuat

Buah lontar kaya akan fosfor. Walau dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, yaitu sekitar 700 gram per hari, mineral ini hampir sama pentingnya dengan kalsium Terpenuhinya kebutuhan fosfor di dalam tubuh bisa menjaga tulang serta gigi tetap kuat dan padat.
Selain buah lontar, Anda juga bisa mencukupi asupan fosfor harian dengan mengonsumsi daging sapi, ikan, telur, dan kentang.

Ekologi dan penyebaran
Pohon ini terutama tumbuh di daerah-daerah kering. Di Indonesia, siwalan terutama tumbuh di bagian timur pulau Jawa, Madura, Bali, Kabupaten Gowa, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Siwalan dapat hidup hingga umur 100 tahun atau lebih, dan mulai berbuah pada usia sekitar 20 tahun.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama