7 Fakta Unik Tentang Kelapa Muda

 

Kelapa atau biasa dikenal nyiur (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal dalam genus Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris)bisa merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan.

Istilah coconut dalam bahasa Inggris berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti "kepala" atau "tengkorak" setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Kandungan nutrisi dalam air kelapaSebagai minuman, kandungan utama air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin.Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Menurut data Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram (gr) air kelapa mempunyai komposisi gizi sebagai berikut:

Baca juga:

  • Kalori: 17 kkal.
  • Protein: 0.2 gram (g).
  • Lemak : 0.1 g.
  • Karbohidrat: 3,8 g.
  • Kalsium: 15 miligram (mg).
  • Fosfor: 8 mg.
  • Besi: 0.2 mg.
  • Natrium: 1 mg.
  • Kalium: 149 mg.

Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda

Dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, air kelapa muda mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Mencukupi kebutuhan cairan

Salah satu manfaat air kelapa muda ialah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengandung banyak air, kelapa muda juga mempunyai banyak elektrolit, terutama natrium dan kalium. Fungsi elektrolit adalah mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

Oleh karena itu, air kelapa muda kerap diberikan pada orang yang sedang muntaber atau berisiko terkena dehidrasi. Di sisi lain, air kelapa muda juga lebih sehat dibandingkan minuman isotonik yang biasanya mengandung tambahan gula dan perasa.

2. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang melimpah dalam air kelapa muda juga baik untuk mencegah osteoporosis. Pasalnya, kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Apabila kebutuhannya tidak dicukupi, risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa meningkat.

3. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa muda juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan kalium di dalamnya yang mampu mengurangi ketegangan otot di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

4. Mencegah penyakit jantung

Karena mampu menurunkan tekanan darah, air kelapa muda juga dapat mencegah penyakit jantung. Pasalnya, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Air kelapa muda juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sekaligus fungsi sel jantung.

5. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat air kelapa muda juga bisa menurunkan kadar gula darah, sehingga baik diminum oleh penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes. Ini karena kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine di dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan gula darah.

6. Mencegah batu ginjal

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat air kelapa muda bisa mengeluarkan zat pemicu terbentuknya batu ginjal dari dalam tubuh, bersama dengan urine. walau begitu, penderita gagal ginjal kronis dan sedang dalam pengobatan batu ginjal sebaiknya konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

Pasalnya, kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa muda bisa saja makin membebani kerja ginjal, khususnya pada penderita penyakit yang telah disebut di atas. Hal ini pun bisa memperburuk kondisi penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal kronis.

7. Mencegah jerawat

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah mencegah jerawat berkat senyawa yang bersifat antibakteri di dalamnya. walaupun belum dibuktikan melalui penelitian lebih jauh, penggunaan air kelapa muda ke kulit diduga bisa mencegah jerawat.

Kelapa merupakan pohon serbaguna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama