7 Manfaat Buah Nangka bagi Tubuh, Si Kuning yang Manis

 

Manfaat Buah Nangka untuk KesehatanBuah nangka mengandung karbohidrat, serat, protein, dan sejumlah vitamin dan mineral.Mulai dari vitamin A, C, riboflavin, magnesium, kalium, tembaga, hingga mangan.Selain itu, Artocarpus heterophyllus juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang memberikan manfaat kesehatan.  Mengetahui kandungan nutrisi tadi, berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan:

Baca juga selengkapnya:

1.Mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.
Menurut studi yang terbit dalam International Journal of Food Science, nangka mempunyai mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.
Buah, daun, dan kulit kayu nangka mempunyai sejumlah sifat menguntungkan. Di antaranya, yaitu antikarsinogenik, antimikroba, antijamur, antiinflamasi, penyembuhan luka, dan efek hipoglikemik.
Efek ini dapat membuat mengonsumsi buah ini membantu menurunkan risiko terserang penyakit dan terhindar dari potensi infeksi berbahaya. 
Selain itu, sebagai salah satu makanan sehat, buah nangka kaya akan vitamin C, A, antioksidan, dan sejumlah mineral yang baik untuk memperkuat imun tubuh. Nah, sistem kekebalan yang kuat tentu bisa membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

2.Mencegah kerusakan sel DNA

Lagi-lagi kandungan antioksidan pada buah kuning keemasan ini  berperan melindungi sel-sel DNA dalam tubuh.
Kerusakan sel ini akibat radikal bebas yang memicu perubahan sel DNA. Perubahan tersebut bisa memicu penyakit berbahaya, salah satunya kanker. 

3.Menyehatkan pencernaan

Menurut studi dalam Nutrition and Functional Foods in Boosting Digestion, Metabolism and Immune Health, nangka mengandung serat yang lumayan tinggi. Kandungan serat bisa membantu pergerakan usus sehingga BAB pun lancar. 
Tak hanya itu, getah nangka yang biasanya mengganggu juga bisa membersihkan saluran usus. Sebab, getah buah ini mengandung serat yang bertugas mengeluarkan racun pada sistem pencernaan.

4.Menjaga kesehatan kulit

Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Sebab, kandungan antioksidannya dapat membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dini. 
Karena itu, buah ini direkomendasikan terutama untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet (UV), polusi, dan asap kendaraan. 
Selain sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen bekerja mengencangkan kulit, mencegah kerutan dan membuat kulit tampak bercahaya.
Nah, selain nangka, masih ada beberapa buah lezat dan kaya nutrisi lainnya yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Simak informasinya dalam artikel: Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam. 


5.Menurunkan level kolesterol

Meski belum ada penelitian resmi yang dilakukan pada manusia. Beberapa percobaan menunjukkan kalau pemberian nangka, khususnya bagian biji ke tikus, bisa menurunkan jumlah LDL atau kolesterol buruk di dalam tubuh. Penurunan kolesterol buruk ini akan menyebabkan peredaran darah berjalan lancar dan gangguan kardiovaskular tidak terjadi. Kalau Anda ingin menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh, tidak ada salahnya untuk menggunakan nangka atau bijinya. Makanlah dengan porsi yang tepat seperti 100-150 gram.

6.Mencegah kanker

Buah nangka yang dimakan mengandung cukup banyak antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Tiga antioksidan yang sangat bermanfaat ini bekerja untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyerang yang sudah terlanjur masuk. Seperti yang kita tahu, sel kanker yang masuk ke dalam tubuh umumnya mudah sekali dipicu oleh radikal bebas atau racun. Misal pada perokok, racun bisa masuk hingga ke tingkat sel dan membangkitkan sel kanker yang berbahaya. Dengan makan nangka hal seperti ini tidak akan terjadi.

Kesimpulan:

Buah nangka juga mengandung beta-karoten yang baik untuk otak. Studi dalam jurnal Brain Science mengungkapkan bahwa beta-karoten dapat meningkatkan fungsi otak.
Hal ini diduga berkaitan dengan sifat antioksidan pada beta karoten yang dapat menghambat kerusakan sel saraf akibat radikal bebas.
Sifat antioksidannya juga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi otak seperti demensia.
Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih mengenai potensi manfaat buah nangka yang satu ini.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama