Memiliki Lahan Terbatas? Berikut 6 Cara Menanam Kentang di Polybag


Hai, berjumpa kembali dengan penulis. Kali ini kita akan membahas artikel tentang cara menanam kentang di polybag. Langsung saja yuk simak pembahasannya berikut ini!

Kentang atau nama latinnya yaitu Solanum tuberosum adalah tanaman sayuran yang banyak diolah menjadi berbagai hidangan. Tanaman ini berasal dari famili Solanaceae dan tanaman yang menyukai iklim sejuk. Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (1/4/2022), menanam kentang tidak begitu sulit, khususnya jika menanam kentang di polybag. Menanam kentang di polybag adalah cara yang baik jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup di halaman rumah. Menanam kentang di polybag juga dapat menurunkan risiko tanaman dirusak oleh hewan, hama, atau penyakit.

Cara menanam kentang di polybag adalah sebagai berikut.

1. Syarat tumbuh kentang 

Kentang dapat tumbuh dengan sempurna pada daerah dataran tinggi yaitu sekitar 1.600-3.000 meter di atas permukaan laut atau mdpl dengan curah hujan sekitar 1.200-1.500 mm per tahun. Adapun juga kelembapan udara yang dibutuhkan sekitar 80-90%. Adapun suhu yang dibutuhkan sekitar 14-22 derajat celcius. Jenis tanah yang sangat baik untuk menanam kentang ini adalah tanah yang gembur dan juga memiliki sedikit berpasir dengan pH sekitar 5 sampai 6,5.

2. Memilih bibit kentang 

Anda perlu memilih bibit kentang dari umbi yang baik. Selain itu, pilihlah bibit yang tidak cacat atau telah memiliki tunas sekitar 3 sampai 5 dengan tinggi sekitar 2 cm atau yang telah melalui proses penyimpanan selama kurang lebih empat bulan. 

3. Menyiapkan tempat tanam dan media tanam 

Siapkanlah polybag tanam yang berukuran kurang lebih sekitar 50 cm x 80 cm sebanyak kentang yang akan Anda tanam. Polybag tanam tersebut perlu memiliki lubang sekitar 3 sampai 4 di sekelilingnya supaya sistem drainase berjalan lancar. Selain menggunakan polybag tanam, Anda juga bisa menggunakan karung ataupun pot. Untuk media tanam, gunakanlah campuran antara tanah humus dan dengan pupuk kompos.

4. Menanam kentang 

Setelah itu, langkah yang selanjutnya adalah melakukan penanaman. Pertama, Anda masukan media tanam dalam polybag yang tingginya 20 hingga 30 cm. Setelah itu, tanamlah bibit kentang dengan kedalaman kurang lebih sekitar 7 cm dengan posisi tunas menghadap atas. Dalam satu polybag, Anda dapat menanam sekitar 3 sampai 4 bibit kentang. 

Baca Juga:

5. Perawatan tanaman kentang 

Setelah kurang lebih sekitar 10 hari setelah tanam, maka biasanya bibit kentang ini sudah merata pertumbuhannnya, Setelah tanaman ini berumur satu bulan, maka lakukanlah penambahan media tanam pada polybag tanam agar umbi yang telah tumbuh tidak sampai terkena sinar matahari dan umbi jadi berubah warna menjadi kehijauan dan beracun. Anda harus melakukan penyiraman rutin setiap hari atau bisa juga dilakukan sesuai dengan kondisi kelembapan media tanam dalam polybag. Lakukan pula pemupukan dengan pupuk cair atau bisa juga dengan pupuk padat.

Anda boleh menggunakan pupu cair merk apa saja yang penting kandungan N dan P seimbang. Untuk pupuk yang padat, anda gunakan pupuk urea dan pupuk TSP dengan perbandingan 1 : 1 dengan dosis 16 gram per tanaman atau sekitar 1 sendok makan per tanaman. Setelah Anda beri pupuk padat, maka lakukanlah penyiraman agar pupuk cepat larut dan cepat diserap oleh tanaman. 

6. Panen 

Kentang yang ditanam dalam polybag ini dapat dipanen setelah berumur sekitar kurang lebih 10 minggu hingga 4 bulan setelah penananam. Sebaiknya Anda lakukan pemanenan umbi kentang setelah tanaman kentang mati semua yang ditandai dengan daun dan ujung batangnya yang mengering. Jika daun dan ujung batang belum mengering, maka umbi kentang yang dipanen akan memiliki mutu yang rendah dan juga kulitnya yang mudah lecet.

Ingin mencari polybag murah dan ramah lingkungan coba kalian cari di toko kami, dan coba klik Disini!

Setelah Anda panen dari dalam polybag, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang cara menyimpan kentang dengan benar. Setelah dibersihkan, tempatkan kentang yang telah dipanen ke dalam wadah kertas dan simpan di tempat yang kurang disinari cahaya atau tempat yang gelap dan sejuk. Hindari menyimpan kentang hasil panen di tempat yang basah dan jangan menyimpan kentang di dalam kantong plastik yang minim ventilasi karena dapat menyebabkan kentang berkeringat dan pada akhirnya akan cepat membusuk.

Nah, jadi itulah tadi cara-cara menanam kentang di polybag. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama