Benarkah Kunyit Bisa Memutihkan Kulit? Berikut Jawabannya!

 

Kunyit atau biasa disebut kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), ialah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu maupun obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seperti pemakaian dalam perawatan kulit dan wajah.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean (Zingiberaceae). Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal di antaranya seperti unin (Ambon), gorachi (Ternate) yang berarti emas,[2] turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), konéng (Sunda), huni (Bima), konyè' (Madura), Kunyir (Komering). Cahang (Dayak Panyambung), Dio (Panihing), Uinida (Talaud), Kuni (Sangir), Alawaha (Gorontalo), dan masih banyak sebutan unik tersebar dari wilayah Indonesia mengingat indonesia mempunyai beragam wilayah dan bahasa.

Beragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, kunyit mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:


Baca juga:

1. Meredakan nyeri sendi

Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Penelitian menunjukkan bahwa memakan ekstrak kunyit bisa mengurangi rasa nyeri karena rempah ini mempunyai efek antiradang dan antinyeri. Riset tersebut bahkan menyebutkan bahwa efek kunyit ini hampir sama dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.

2. Mencegah penyakit jantung

Kunyit bisa membuat endotelium atau dinding pembuluh darah menjadi lebih rileks dan elastis sehingga aliran darah bisa lebih lancar. Berkat manfaatnya ini, kunyit juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.Selain itu, kunyit juga mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mencegah terbentuknya plak di dalam pembuluh darah dan pembuluh darah kaku (aterosklerosis).

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, memakan kunyit bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat, eksim, dan psoriasis. Manfaat kunyit untuk kulit juga diketahui bisa membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit dengan mengurangi peradangannya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

5. Mengobati Radang  

Kandungan pada kunyit yang biasa disebut kurkumin merupakan antioksidan yang mempunyai efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih mempunyai kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan bisa meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

6. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

7. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.Kurkumin pada kunyit bisa membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Sebetulnya, bolehkah konsumsi kunyit setiap hari? Meskipun mempunyai sejumlah manfaat, sebaiknya hindari mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Adapun batas normal konsumsi kunyit yang disarankan adalah sebanyak 490 mg per hari selama satu minggu. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kunyit justru berisiko menimbulkan sejumlah efek samping, seperti:

Gangguan sistem pencernaan, seperti mual,

  • perut kembung,diare.
  • Sakit kepala.
  • Reaksi alergi, seperti ruam atau gatal-gatal pada kulit

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama