8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan


Jahe merupakan tanaman herbal rempah-rempah yang memiliki fungsi sebagai bumbu masakan dapur dan penghangat untuk tubuh. Rutin mengonsumsi jahe bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat-manfaatnya yaitu:

Baca Juga:


1. Mencegah Penuaan dan Kanker

Manfaat pertama yaitu sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang dapat mencegah proses penuaan kamu. Sementara itu, zat antimikroba yaitu zat yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit berbahaya. Salah satunya ialah penyakit kanker.


2. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Manfaat ke dua yaitu dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Mengomsumsi rutin air rebusan jahe dapat membantu untuk mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Apalagi, khasiat yang dimiliki oleh tanaman herbal ini tidak beda jauh dengan ibuprofen dan asam mefenamat. Cara kerja jahe untuk mengatasi nyeri saat menstruasi ialah dengan menahan jalur siklooksigenase dan lipooksigenase dalam sintesis prostaglandin dan leukotrien.


3. Mengatasi Masalah Pada Pencernaan

Manfaat ketiga ini dengan mengonsumsi ekstrak minyak dari tanaman herbal. Sifat anti bakterinya dapat mengurangkan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengonsumsi nya secara rutin dapat membuat rasa hangat dan membuat sistem pencernaan lebih rileks.




4. Meningkatkan Fungsi Pada Otak

Manfaat selanjutnya yaitu, tanaman jahe ini memiliki fungsi untuk meningkatkan fungsi otak, sehingga dapat bisa menurunkan potensi penyakit Alzheimer.


5. Mengatasi Mual

Kandungan ginerol yang ada didalam tanaman jahe ini dapat dipercaya mampu untuk mengatasi mual akibat mabuk saat perjalanan, pada kehamilan, dll. Minuman jahe ini dapat dipercaya untuk meredakan pusing.


6. Mengatasi Sakit Maag

Minuman jahe ialah salah satu obat herbal yang mengatasi sakit maag, dimana kondisi perut sakit, perut kembung dll. Mengonsumsi minuman jahe dapat dipercaya dalam mempercepat pengosongan perut, sehingga sakit perut dan penyakit dispepsia dapat diatasi.


7. Mengobati Gejala Penyakit Flu

Minuman jahe dalam pengobatan tradisional yaitu untuk mengobati flu. Manfaat ini dapat diperoleh dari sifat antivirus dan antibakteri pada minuman herbal tersebut, jahe juga mempunyai khasiat dalam mengobati berbagai penyakit infeksi, salah satunya yaitu penyakit flu.


8. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat terakhir yaitu minuman jahe dapat menurunkan berat badan, yang diperoleh dari gingerol. Senyawa alami ini mempunyai efek antiobesitas yang mampu mempercepat proses pencernaan pada usus. Gingerol juga bisa menjaga gula darah agar tetap stabil, sehingga nafsu untuk makan menurun dan akan cepat berkurang berat badan mu.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama