7 Cara Mudah Menanam Seledri, Nomor 5 Wajib Kamu Ketahui

Jangan menjadikan lahan sempit sebagai alasan untuk tidak bercocok tanam. Sekarang, semua orang bisa memfungsikan lahan sempit yang ada di dekat rumah untuk media tanam berbagai macam tumbuhan. Pemakaian pot maupun polybag menjadi jalan yang paling tepat, sebab selain efisien juga dapat menampung berbagai macam jenis tumbuhan tanpa membutuhkan tempat lahan yang banyak. Salah satu tanaman yang sering ditanam dalam pot atau polybag ini adalah seledri. Seledri memiliki nama ilmiah Apium graveolens ini tidak hanya dipercaya untuk bahan pelengkap masakan. 

Seledri ialah jenis sayuran yang paling sering kita temui menjadi tambahan ataupun penghias masakan. Bukan hanya menambah rasa masakan, seledri bisa juga menyimpan berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seledri terkenal di kalangan masyarakat sebagai sayuran tinggi serat dan juga kaya akan karbohidrat serta protein yang termasuk dalam makronutrisi.Mengetahui bahwa seledri banyak manfaat, akhirnya banyak yang tertarik untuk menanam atau membudidayakan tanaman seledri di rumah. Bila tertarik untuk menanam seledri di dalam pot maupun polybag, simak pernyataan berikut agar dapat menanam seledri dengan baik dan juga benar.

Baca Juga:

1. Menyiapkan bibit daun seledri

Ketika mempunyai rencana menanam daun seledri, hal pertama yang perlu harus kita siapkan adalah bibitnya. Perlu kita ketahui bahwa menanam seledri tidak wajib dari biji, tetapi juga dari bibit. Bibit seledri juga bisa langsung diambil dari anakan ataupun tunas yang sudah banyak tumbuh di dekat indukannya.

2.Menyiapkan polybag 

Untuk meletakkan bibit seledri, kita dapat menggunakan wadah polybag maupun pot. Pot yang dipakai tidak harus baru. kita dapat memanfaatkan barang bekas sebagai wadah untuk menanam seledri.

3.Membuat media tanam seledri

Untuk daun seledri agar tumbuh subur dan juga rimbun, kita harus meracik media tanam yang bagus. Campuran media tanam seledri terdiri dari 2 bagian tanah, yang satu bagian sekam padi, dan yang satunya lagi bagian kompos atau nama lainnya yaitu pupuk kandang. Masukkan media tanam seledri ke dalam polybag sebanyak dua pertiga bagian dari semua daya tampung polybag. 

4.Tanamlah seledri ke dalam polybag

Lubangilah media tanam hingga dua sampai tiga sentimeter tepat berada di tengah-tengah untuk peletakan bibit maupun anakan seledri. Tanam satu anakan seledri di dalam polybag lalu tutup lagi menggunakan media tanam sampai menutup bagian akarnya, setelah itu siram hingga lembap. 

5. Dapatkan sinar cahaya matahari

Seledri akan tumbuh dengan subur bila mendapatkan cahaya yang cukup selama enam sampai delapan jam sehari, tetapi bukan dari sinar matahari langsung. Gunakanlah paranet atau bahan yang lain untuk menyaring cahaya matahari yang masuk sehingga seledri dapat tumbuh dengan subur.

6. Siram tanaman secukupnya dan teratur

Siram seledri supaya media tanamnya selalu lembap. Penyiraman dapat dilakukan minimal satu kali sehari atau tiga kali sehari dalam seminggu. Tetapi, semua itu dicocokkan dengan cuaca dan juga kelembapan media tanam. menjaga media tanam agar tidak becek itu sangat penting. Oleh karenanya, rutinlah memeriksa media tanam seledri dan juga sirami secukupnya saja. 

7.Aplikasikan pupuk pada tanaman seledri 

Daun seledri cukup diberi pupuk kompos atau pupuk kandang. Sebarkan 1-2 genggam kompos pada tanaman sebulan sekali. Untuk menambah nutrisi, kita dapat menggunakan air cucian beras agar bisa dijadikan untuk pupuk seledri. Sirami tanaman seledri menggunakan air cucian beras seminggu sekali.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama