Minggu, 03 Juni 2018

Tips & Trik Budidaya Tanaman Kurma, Agar Tumbuh Lebat


Tanaman kurma merupakan tanaman yang asalnya dari daerah Timur Tengah ini memang sudah tak asing lagi. Keberadaannya sangat terkenal, apalagi ketika bulan puasa datang. Tetapi demikian, menanam kurma di Indonesia memang bukanlah hal gampang. Bukan berarti tanaman kurma tak bisa ditanam di Indonesia juga.

Untuk menanam tanaman kurma, terdapat beberapa tahapan yang dapat Anda kerjakan. Berikut tahapan yang bisa Anda tiru serta langsung dipraktikkan di rumah.

Menyiapkan Biji Kurma Untuk Pembibitan

Menanam pohon kurma dapat dimulai dari menyediakan bibitnya, dapat berasal dari biji. Dengan biji itulah, pohon kurma akan ditanam. Sesudah biji siap, tahap selanjutnya Anda perlu melaksanakan perendaman. Perendaman dapat dalam waktu 2×24 jam ataupun lebih.

Penyimpanan Palam Wadah

Tahapan selanjutnya, yaitu menyediakan wadah. Usahakan wadah tersebut mempunyai kelembapan yang cukup. Untuk menjaga hal ini, Anda dapat menambahkan tisu basah kemudian cek kelembapannya setiap waktu. Sesudah itu, pada biji kurma umumnya akan muncul tunas sekitar 1 minggu sesudah proses ini berlangsung.

Memindahkan Biji ke Polibag

Apabila tunas sudah tumbuh cukup besar, kemudian pindahkan tunas dari wadah asalnya ke dalam wadah yang cocok dengan tanamannya. Sediakan media tanam yang pas untuk pemindahan bibit tersebut. Kemudian, sesudah tumbuh daun sekitar mencapai 1/2m, pindahkan bibit kurma ke lahan atau pekarangan yang telah disiapkan.

Baca Juga :

Melaksanakan Penyerbukan

Tanaman kurma tak akan bisa berbuah apabila tak dikawinkan antara kurma jantan dengan betina. Dalam hal ini tentu diperlukan proses penyerbukan yang bisa dikerjakan melalui angin dan juga serangga. Penyerbukan ini juga bisa dilaksanakan oleh Anda sendiri, yaitu dengan mengikatkan bunga jantan dan betina. Kemudian, dilanjutkan dengan merontokkan serbuk sari jantan ke betina.

Pemeliharaan Pohon Kurma

Ketika tanaman kurma telah berbuah, laksanakan beberapa perawatan. Caranya yaitu dengan memberinya pupuk serta menghindarkan dari gangguan burung ataupun lalat. Dan juga, laksanakan pemotongan pada tanaman kurma untuk menjaga buah kurma yang sudah besar. Buah kurma yang kecil dibuang saja supaya buah yang berukuran besar semakin bagus pertumbuhannya.

Salah satu cara yang perlu dimengerti yaitu kurma dapat berkembang di iklim yang panas dan juga kering serta senang pada tanah basa. Meskipun demikian, kondisi tanahnya harus tetap mempunyai cukup air. Suhu idealnya agar kurma dapat tumbuh, yaitu sekitar 12,7—27,5°C dan bisa bertahan hingga 50°C. Sementara, ketika penyerbukan hingga pematangan, suhu idealnya, yaitu dari kisaran 21—27°C.

Jika Anda membutuhkan atau ingin menggunakan Polybag untuk budidaya tanaman atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar