Mengenal Berbagai Jenis Lengkeng dan Segudang Manfaatnya


Lengkeng, kelengkeng, mata kucing, atau dalam Bahasa Inggris disebut longan, merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. tanaman buah-buahan ini berasal dari daratan Asia Tenggara. Buah kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Meskipun mempunyai ukuran yang kecil, buah ini menawarkan sederet manfaat untuk tubuh. 

Baca juga :

Deskripsi

Pohon lengkeng rata-rata bisa tumbuh mencapai ketinggian 30 meter hingga 40 meter. Diameter pohonnya bisa mencapai 80 cm. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah bulat, cokelat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih serta agak bening. Pembungkus biji berwarna cokelat kehitaman, mengilat. Terkadang berbau agak keras.

Jenis dan penyebaran

Ada beberapa jenis lengkeng, Dimocarpus longan, di antaranya:

  1. ssp. longan var. longan. Longan (Ingg.), lengkeng (Ind./Mal.), lamyai pa (Thai). Berasal dari wilayah pegunungan di Myanmar hingga ke Tiongkok selatan. Kini dibudidayakan secara meluas hingga ke Taiwan, Thailand, Indonesia, Australia (Queensland) dan Amerika Serikat (Florida).
  2. ssp. longan var. longepetiolatus. Dari Vietnam bagian selatan.
  3. ssp. longan var. obtusus. Lamyai khruer, lamyai tao (Thai). Dari Indochina, dibudidayakan di Thailand.
  4. ssp. malesianus var. malesianus. Matakucing (Malaysia), medaru, medaro, bedaro (Sumatra), ihau (Kaltim), isau, sau, kakus(Serawak). Menyebar di Indochina dan Malesia.
  5. ssp. malesianus var. echinatus. Dari Kalimantan dan Filipina.
  6. Selain lengkeng, jenis-jenis yang lain umumnya hanya diperdagangkan secara lokal.

Kegunaan

Buah-buah ini terutama dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng, terutama yang berdaging tebal serta besar, dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Seperti halnya lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin kadang-kadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun, serta bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.

Kayu lengkeng dan kayu bedaro (Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas

Kandungan gizi buah kelengkeng

Buah kelengkeng atau disebut juga lengkeng mempunyai kandungan gizi yang melimpah.

Dalam 100 gram buah kelengkeng, Kamu bisa menemukan kandungan gizi seperti berikut ini.

  • Air: 82.75 gram (g)
  • Energi: 60 kkal.
  • Protein: 1,31 g.
  • Lemak: 0,1 g.
  • Karbohidrat: 15,14 g.
  • Serat: 1,1 g.
  • Kalsium: 1 miligram (mg)
  • Zat besi: 0,13 mg.
  • Magnesium: 10 mg.
  • Fosfor: 21 mg.
  • Kalium: 266 mg.
  • Seng: 0,05 mg.
  • Tembaga: 0,169 mg.
  • Mangan: 0,052 mg.
  • Asam askorbat (Vitamin C): 84 mg.
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,031 mg.
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,14 mg.
  • Niasin (Vitamin B3): 0,3 mg.

Manfaat kesehatan dari buah kelengkeng

Dari berbagai zat gizi yang ada pada buah kelengkeng, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan.

1. Melawan radikal bebas

Kelengkeng merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan asam galat serta asam elagat. Keduanya adalah antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas pada tubuh. Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dapat memicu kerusakan penyakit serta timbulnya penyakit.

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menyebutkan bahwa ekstrak kelengkeng bisa mengurangi peradangan akibat radikal bebas. Meski demikian, para ahli perlu melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan kebenaran dari kelebihan buah ini.

2. Memperkuat tulang

Mengonsumsi buah lengkeng ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Dalam buah ini, terdapat kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, serta zat besi yang berperan penting dalam mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang.

Sebuah penelitian tahun 2015 menyatakan bahwa fosfor bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan. Mineral tersebut membantu meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat yang juga bisa Kamu dapatkan dari mengonsumsi buah kelengkeng adalah meningkatnya kesehatan otak. Ya, buah ini diduga dapat membantu mencegah penyakit Parkinson karena bisa melindungi otak dari kerusakan.

Penelitian yang dilakukan pada hewan juga mendapati kandungan polisakarida dari buah ini dapat mengurangi kerusakan otak pada penderita stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak. Namun, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini.

4. Menurunkan berat badan

Kamu juga bisa mendapatkan khasiat untuk membantu menurunkan berat badan dari mengonsumsi buah kelengkeng. Kelengkeng mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan seratnya bisa menekan nafsu makan karena tidak bisa dicerna oleh tubuh. Kandungan bakteri probiotik pada ekstrak buah kelengkeng juga membantu mengurangi kenaikan berat badan secara menyeluruh pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah kelengkeng yang kaya akan kandungan vitamin C bisa membantu Kamu menjaga agar jantung tetap sehat. Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan bisa membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri, salah satu penyebab dari berbagai penyakit jantung.

Seperti potensi khasiat lain dari kelengkeng, lagi-lagi, para ahli masih perlu menguji untuk membuktikan manfaat buah ini pada jantung.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama