Jumat, 08 Februari 2019

Panduan Lengkap Menanam Sawi dalam Polybag

Produsen & Distributor Polybag - Lim Corporation

Tanaman sayuran sawi ini dapat tumbuh maksimal di daerah dataran tinggi. Sayuran Sawi ini termasuk dalam jenis sayuran yang tahan air hujan, maka tanaman ini dapat ditanam sepanjang tahunnya. Namun, bila kemarau telah datang anda perlu penyiraman dengan teratur. Tanaman sayuran sawi dasarnya tak terlalu membutuhkan air. Media tanam berupa tanah yang gembur, banyak humus, dan memiliki pembuangan air yang baik. Bila anda berminat untuk membudidayakan sawi di polybag anda dapat membaca uraian cara membudidayakan sawi di polybag dibawah ini.

BACA JUGA :
Cara membudidayakan sawi pada polybag :

1. Penyemaian benih
Sawi bisa tumbuh dengan sangat baik apabila pembenihan dikerjakan dengan baik. Benih yang baik bisa menghasilkan tanaman yang memiliki pertumbuhan yang bagus. Benih sawi yang akan dipakai untuk bertanam harus mempunyai kualitas yang baik. Umumnya benih sawi yang baik memiliki bentuk bulat, kecil, warna kulit coklat kehitaman, keras, dan permukaannya licin mengkilap. 

2. Media tanam sawi di polybag
Polybag yang digunakan untuk menanam sawi adalah polybag yang berdiameter 15 cm. Setelah mendapatkan polybag, lalu kita akan membuat media untuk tanamnya. Media tanamnya terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam atau bisa juga sabut kelapa.
Perbandingan bahan - bahan tanam tersebut 2:1:1. Setelah itu , bahan - bahan tersebut dicampur hingga rata. Setelah bahan - bahan dicampurkan rata, Lalu masukkan ke dalam polybag yang sudah disediakan. Kemudian diamkan media tanam selama 3 hari, setelah itu dapat dipakai untuk menanam.

3. Penanaman sawi di polybag
Pilihlah bibit sawi yang baik di toko pertanian . Lalu lubangi disetiap polybag untuk proses penanaman bibit sawi. Setiap lubang tanam bisa ditanami 3 bibit sawi. Pindahkan bibit sawi secara hati - hati ke dalam lubang tanam. Setelah proses ini selesai, siram sekali dalam sehari. Tambahkan kompos untuk pupuk organik setidaknya bila sawi kurang begitu subur.


4. Tahap perawatan
Penyiraman tanaman sawi dapat dilakukan menurut musim. Jika tidak terlalu panas, penyiraman dapat dilakukan sehari sekali, saat pagi hari atau sore hari. Saat musim penghujan, drainase media tanam polybag harus diperhatikan kelancaranya. Pencabutan tanaman sawi yang tumbuh terlalu rapat perlu sekali untuk dilakukan. 

5. Penanggulangan hama
Hama yang umumnya menyerang tumbuhan sawi, seperti kumbang daun, ulat daun, dan penyakit busuk akar. Untuk menanggulangi hama tersebut anda dapat melakukan secara mekanik. Anda harus mengusahakan untuk menghindari pemakaian pestisida untuk menanggulangi hama dan penyakit sawi. Jika terpaksa harus menggunakan pestisida, maka usahakan digunakan 2 minggu sebelum masa panen tiba.

6. Panen sawi
Proses pemanenan sawi dapat dilakukan saat umur 40 sampai 50 hari setelah tanam. Cara memanen sawi yaitu dengan cara memotong pangkal batang atau dengan mencabut seluruh tanaman sawi. Setelah dicabut, anda bersihkan sawi tersebut dengan cara membuang tanah yang melekat pada akar - akar sawi atau dengan memotong bagian yang tak dibutuhkan. Setelah itu, cucilah menggunakan air untuk memperpanjang kesegaran pada tanaman sawi .

Jual Polybag - Lim Corporation
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar