Tips Jitu Menanam Melon Berbuah Lebat


Jual Polybag Berkualitas Tinggi - Lim Corporation 

Sekarang ini buah melon memang menjadi primadona masyarakat, itu terbukti dengan jumlah permintaan pasar yang semakin hari semakin tinggi. Apabila dengan harga melon yang relatif naik tiap tahunnya. Tentu saja inilah peluang Anda untuk mulai bisnis budidaya melon, dengan budidaya melon yang baik atau benar maka hasil panen yang didapatkan pun bisa berlimpah.

Bagi Anda yang ingin menekuni bidang budidaya tanaman buah, khususnya budidaya melon diperlukan ketekunan dan pengetahuan yang baik.


Berikut ini Cara Budidaya Melon Supaya Panen Berlimpah:

1. Prasyarat Tumbuh Melon
Prasyarat tumbuh atau sering disebut tempat budidaya yang pas untuk buah melon adalah tempat dengan ketinggian sekitar pada 200 hingga 2000 mdpl. Dengan suhu 12-27 °C. Curah hujan ideal 2000–3000 mm/th. Cahaya matahari sampai pada 10–12 jam/hari, tanah kaya bahan organik dengan pH 6, 0–6, 8. dengan kelembapan hawa seputar 70-80 Persen. Lebih jauh tentang prasyarat pertumbuhan melon.

2. Pengolahan Lahan Melon
Untuk media tanam buah melon bisa menggunakan polybag atau di lahan persawahan, tergantung kondisi lahan masing-masing tempat Anda tinggal. Sebaiknya lahan dibersihkan terlebih dulu sebelum dipakai untuk penyemaian dan tanam. Lahan tanam digemburkan serta di buat parit berjajar serta ditutup dengan plastik. Akan lebih baik jika ditambahkan dengan tanah humus.
3. Penyemaian
Untuk budidaya memakai polybag ditinggikan seputar 30 hingga 40 cm dari permukaan tanah. Polybag sebaiknya dikumpulkan dalam bentuk persegi panjang serta ditepinya di beri penyekat. Benih yang sudah berkecambah bisa dipindah ke kantong polybag yang telah siap. Benih dalam polybag mesti senantiasa disiram secara rutin dan berkelanjutan, pagi jam 06.00 serta sore jam 16.00, secukupnya.

4. Proses Tanam Melon
Sesudah bibit melon berusia 2 minggu maka bibit bisa dipindah ke tempat budidaya. Jarak tanam sesuai sama lubang pada mulsa yang sudah disedia. Dalaman lubang tanam seputar 10-15 cm. Demikian pun tanaman yang ditanam dengan polybag. Setelah itu kerjakan penyiraman yang pas supaya tanaman melon tumbuh dengan baik.




5. Proses Pemeliaraan Melon
Lakukan penyiraman dengan cara teratur, penyulaman, penyiangan, pemupukan serta mengatur hama penyakit. Inilah yang harus dikerjakan semasa perawatan hingga tanaman melon siap di panen.
Satu lagi yang butuh dikerjakan yaitu pemangkasan tunas serta seleksi buah. Pemangkasan dikerjakan pada tunas-tunas baru tumbuh yakni tunas 1–8. Bila telah berbuah kerjakan seleksi buah yang bakal ditinggal hingga panen.

6. Proses Pemupukan Melon
Dari mulai 5 hari tanaman melon bisa di beri pupuk anorganik. Pemupukan pada usia 5 HST (hari setelah tanam)  di beri urea dalam bentuk larutan dengan kosentrasi 3 kg/300liter air. Pupuk ZA+NPK 17 HST serta 50 HST yatiu 2 kg ZA serta 1 kg NPK konsentrasi 3–4kg/200 liter air. Pupuk daun diberikan 7 HST sampai interval 7–15 hari sekali, konsentrasi larutan 1–2 cc/1 liter air.

7. Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Melon
Hama yang kerap menyerang yakni Aphids, lalat buah, ulat daun, Tungau, Thrips, Oteng-oteng serta cacing tanah. Hama ini bisa dikendalikan dengan insektisida. Untuk tungau basmi dengan akarisida.

Penyakit biasanya yakni Layu bakteri, Phytoptora molonis, Layu fusarium, Gummy stemBlight, busuk daun, embun tepung, virus serta cendawan tanah. Penyakit ini dapat ditangani dengan fungisida.

8. Pemanenan
Buah Melon juga dipetik sekitar 65–70 Hst. Lewat cara petik dengan memotong tangkai buah lebih kurang 3 cm dari pangkal. Pakailah gunting pangkas atau bisa menggunakan pisau yang tajam.

Jual Polybag Murah
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi).

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama