Tips Saat Tak Punya Lahan Budidaya Sayur Selada

Budidaya Selada Dengan Media Polybag
Hai, apa kabar? Berjumpa kembali dengan penulis. Artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Tips Saat Tak Punya Lahan Budidaya Sayur Selada. Selada adalah tipe sayur yang seringkali ditanam pada wilayah dengan iklim sedang atau tropika. Sayuran ini banyak dipakai untuk salad atau penghias dalam bermacam masakan termasuk juga lalapan.

Tipe tanaman ini sebetulnya adalah tanaman untuk wilayah dataran tinggi sebab mempunyai kelembapan tinggi. Tetapi bila tinggal di wilayah dataran rendah serta ingin menanam selada tidak jadi masalah, karena tumbuhan ini masih dapat tumbuh di dataran rendah.

Cara Menanam Selada Di Polybag

Banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi sayuran ini. Karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, C, K serta kaya akan mineral. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan fungsi mata, menjaga kesehatan kulit sehingga dapat mencegah penuaan, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan janin ibu hamil, meningkatkan produksi sel darah merah, dll.

Setelah mengetahui manfaat pada sayur tersebut, tentu akan sangat menyenangkan jika memiliki tanaman ini sendiri tanpa harus membelinya. Namun jika tidak memiliki lahan luas untuk menanamnya tidak perlu khawatir. Sebab selada juga dapat ditanam di pot ataupun polybag. Berikut cara menanam selada di polybag :

Pemilihan Benih

Binih untuk cara menanam selada di polybag dapat dibeli dari toko perlengkapan pertanian atau toko bibit tanaman. Atau dapat menanam langsung dari selada yang sudah besar.

Caranya adalah dengan meendam dasar tangkai di dalam air selama beberapa hari. Hal ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya akar. Selanjutnya tinggal menanamnya pada media tanah.

Mempersiapkan Media Tanam

Cara menanam selada di polybag  kemudian ialah dengan mempersiapkan media tanamnya. Karena memakai polybag, perlu mempersiapkan sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan satu banding satu.

Campur media tanam tersebut hingga beneran merata. Setelah merata, masukan media tanam ke dalam polybag hingga dirasa mencukupi untuk menanam selada. Pastikan tidak ada bagian kosong pada polybag, caranya yakni dengan meratakannnya. Pastikan jangan terlalu padat, ini supaya akarnya akan cepat untuk berkembang dan air akan cepat mengalir.

Pilih pot / polibag ukuran sedang dengan ukuran 25 -30 cm , lubangi bagian bawah bila masih tertutup. Tanah dan kompos / bokashi digabung merata selanjutnya taburkan insektisida furadan  2  sendok makan tiap pot /polibag. Untuk menghindarkan hama dari tanah.

Proses Penyemaian

Cara menanam bibit selada di polybag bisa menyemai pada tray. Namun jika tidak mempunyainya, cara menanam selada di polybag bisa menyemai benih dengan wadah apa saja yang dimiliki asalkan cocok. Ada baiknya lakukan di saat menyemai benih selada ialah :

- Campurkan tanah, sekam padi, dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1:1.
- Aduk rata campuran tersebut dengan memakai cetok atau alat sejenisnya.
- Penuhi ¾  bagian pot atau polybag yang dipakai dengan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang.
- Buatlah lubang pada bagian tengahnya sedalam 2 cm.</li>
- Letakkan dua benih di lubang yang sudah dibuat pada masing-masing pot atau polybag.
- Timbun benih dengan campuran tanah dan pupuk.
- Padatkan tanah dengan menepuk-nepuk secara secara pelan.
- Siram dengan air secukupnya. Lakukanlah dengan halus. Pastikan supaya media semai tetap lembab.

Benih untuk cara budidaya selada di polybag umumnya tumbuh atau mulai berkecambah sesudah berusia 3 sampai 4 hari. Tetaplah siram benih yang disemai dengan teratur. Biarkan bibit tumbuh di persemaian hingga berusia 17 hari. Pada usia ini bibit umumnya sudah mempunyai daun sejumlah 4 sampai 5 helai. Hal itu menandakan bahwa bibit sudah siap untuk ditempatkan ke media atau lahan lebih permanen.

BACA JUGA

Penggunaan Plasrik UV Untuk Tanaman Hias, Bungah, dan Buah-buahan

Sukses Budidaya Tanaman Selada Dengan Sistem Mulsa Plastik Hitam Perak

Jangan Salah, Waring Sayur Bisa Juga Untuk Penanganan Pasca Panen Terong Ungu

Penanaman Sayur Selada

Cara budidaya selada di polybag selanjutnya ialah proses penanaman. Tanam bibit yang telah mempunyai daun sejumlah empat atau lima helai. Waspadalah ketika memindahkan bibit supaya bibitnya tidak rusak. Untuk waktu penanaman lebih berkualitas dikerjakan di waktu sore hari.

Perawatan Selada Dalam Polybag

Setelah itu langkah menanam sayuran selada di polybag yakni perawatan. Posisikan selada dalam tempat yang terima sinar alami kurang lebih enam jam satu hari, tetapi coba jauhi dari sinar matahari langsung yang bisa membakar tanaman masih terbilang muda. Pemilik dapat meletakkan wadah di ruangan atau saat suhu rumah antara 13˚ serta 24˚c, dapat meletakkan wadah di luar semasa bulan-bulan bercuaca hangat.


Bila benar-benar senang tanaman organik, gunakanlah pupuk alami seperti pupuk kandang atau pupuk bokasi. Kerjakan pemberian pupuk di media tanam sebelum mengalihkan bibit di media tanam.

Pada awal perpindahan bibit, langkah menanam bibit selada di polybag yang betul adalah menyirami tiap hari sampai di rasa selada hidup secara baik. Kemudian cukup menyirami selada seperlunya saja, sebab sayuran ini tidak perlu disiram.

Pemanenan Selada

Hal paling dinanti waktu langkah menanam sayuran selada di polybag yaitu memanen. Selada biasanya didownload saat sudah mencapai umur dua bulan. Bila ingin memanen dengan cara permanen, cabut saja selada sampai akarnya. Tetapi bila tidak dapat mengguntingnya.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama