Tips Berbudidaya Cabai di Polybag Agar Tumbuh Subur

Jual Polybag Murah dengan Berbagai Ukuran - Lim Corporation

Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang harganya sangat baik. Apalagi menjelang hari besar seperti lebaran, harga cabe pasti naik lebih tinggi. . Sayangnya untuk yang bertempat tinggal diperkotaan ketersedian lahan untuk bercocok tanam sangat sedikit. Walaupun hal ini dapat diupayakan dengan menanam cabe dalam pot atau polybag.

Cara menanam cabe didalam pot atau polybag cukup mudah dilakukan. Menanam cabe dapat dilakukan  di dataran tinggi dan dataran rendah. Secara umum bercocok tanam cabe dapat dilakukan pada dataran 0-2000 m diatas permukaan laut. keadan optimal untuk tanaman cabe ada pada kisaran 24 sampai 27, akan tetapi masih dapat bertahan terhadap suhu yang lebih dari itu.

Sifat itu tergantung dari jenis cabe yang akan ditanam. Salah satu jenis tanaman cabe yang bagus  untuk ditanam di halaman ialah cabe keriting. Jenis itu  lebih tahan pada cuaca tropis dan rasanya  enak,  banyak disukai dikalangan masyarakat luas . Berikut ini kami berikan tentang cara menanam cabe keriting dalam polybag.

Baca Juga : 
Pemilihan Benih

Di pasar banyak berbagai jenis, mulai dari hibrida hingga varietas lokal. berikut cara menanam cabe lokal dan hibrida tidak mempunyai perbedaan yang berarti. Hanya saja beberapa cabe hibrida disarankan dirawat dengan produk-produk obat-obatan tertentu. Varietas hibrida banyak didatangkan dari Taiwan dan Thailand, sedangkan varietas lokal banyak dijumpai di Rembang, Kudus, hingga Tanah Karo, Sumatera Utara.

Saat  ini ada pilihan tempat hasil pemilihan, prodaknya pun lebih bagus dari pada varietas lokal tanpa pemilihan. Bijinya dijual dalam kemasan kaleng seperti tampar yang diproduksi Sang Hyang Sri. Dari segi bentuk, cara menanam cabe keriting lokal lebih mudah dan tidak ribet dibandingkan menanam cabe hibrida. Cabe lokal banyak diadaptif dengan kondidi lingkungan dibanding cabe hibrida.

Penyemaian Benih

Ini cara menanam cabe dalam polybag sebaiknya tak langsung dilakukan dari benih atau biji. Pertama biji cabe harus disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian ini berguna untuk memilah pertumbuhan benih, memisahkan benih yang tumbuhnya masih kerdil, cacat atau berpenyakit. Selain itu juga untuk menunggu persiapan bibit sampai bisa  ditanam di tempat yang lebih besar.

Wadah persemaian ialah berupa polybag ukuran kecil (8×9 cm), daun pisang, baki (tray) persemaian, atau petakan tanah. Cara yang paling ekonomis ialah dengan menyiapkan petakan tanah untuk cara persemaian. kasih kompos dengan tanah lalu aduk hingga rata. permukan tanah dibuat sehalus  agar perakaran dapat menembusnya dengan mudah. Buat ketebalan petakan tersebut 4-11 cm, diatas buat larikan dengan jarak 10 cm.

Masukkan benih cabe dalam larikan dengan jarak 7,5 cm kemudian siram dengan air untuk membasahi tanah dan tutup dengan   tanah. Setelah itu tutupi dengan karung goni yang sudah basah selama tiga sampai empat hari, pertahankan agar karung goni tetap basah. Pada hari ke-4 akan muncul bibit dari  tanah, kemudian lepas karung goni.

Sebaiknya galian dilindungi dengan plastik tembus pandang untuk melindungi bibit cabe yang masih baru dari  panas yang berlebih dan siraman air hujan langsung. Tanaman cabe sudu bisa dipindahkan ke polybag besar setelah berumur tiga sampai empat minggu, atau tanaman telah mempunyai 3-4 helai daun.

Penyiapan Cara Tanam

Polybag seharusnya berukuran  29 cm keatas, agar cara tanam cukup kokoh menopang pertumbuhan tanaman cabe yang rimbun. Selain polybag, dapat juga dimenggunakanpot dari jenis plastik, semen, tanah, atau keramik.

Cara menanam cabe dalam polybag dapat mengmenggunakancara tanam dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, dll. Silahkan baca cara membuat cara tanam polybag untuk penjelasan lebih detail.

Beberapa contoh komposisi cara tanam diantaranya ialah(1) Campuran tanah dengan kompos dengan komposisi , (2) Campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam  (3) Campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi . jika mengmenggunakanpupuk kandang, sebaiknya pilih pupuk yang telah siap.

Buatlah cara tanam sehalus mungkin . Campurkan sekitar 3 sendok NPK dalam setiap masukan polybag. Aduk hingga campuran tersebut benar-benar rata.tambahkan polybag dengan sabut kelapa, pecahan genteng, atau pecahan styrofoam. Gunanya agar air tidak menggenangi daerah perakaran tanaman.

Pemindahan Bibit

Setelah bibit tanaman dan cara tanam selesai, pindahkan bibit cabe dari tempat persemaian kedalam polybag. kerjakan pekerjaan ini padas saat matahari terbit atau menjelang matahari tenggelam, dimana matahari tidak terlalu terik untuk menghindari stres pada tanaman.

Lakukan pemindahan bibit dengan baik, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman. Buat galian tanam pada polybag . jika ditanam di atas polybag , copot polybag lalu masukan seluruh tanah dalam tempat persemaian kedalam lubang tanam. bila menanam di atas  tanah , pindahkan dengan tanah yang menempel pada perakaran dan masukkan kedalam lubang tanam.

Pemeliharaan dan Perawatan

Pemupukan, berikan pemupukan tambahan dengan koposisi satu sendok makan NPK per polybag satu bulan. bila anda menanamcabe secara organik, sebagai gantinya semprotkan pupuk organik cair pada waktu pertumbuhan daun dan pertumbuhan buah.berikan kompos atau pupuk kandang hewan pada saat tanaman mau selesai.

Penyiraman, tanaman cabe sebaiknya disiram 3x sehari. jika matahari bersinarterik, siram tanaman setiap hari. Jika ada memakai pestisida sebaiknya hanya dilakukan jika tanaman terlihat terserang hama atau penyakit.

Pemanenan

Umur cabe dari mulai tanam hingga panen bervariasi tergantung jenis varietas dan lingkungan. waktupemanena yang bagus ialah saat buah belum sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya.

Polybag/Koker
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan polybag untuk penanaman cabai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Catatan : 
-Harga netto, tidak termasuk ppn
-Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu
-Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan

Customer Service :
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja)
Mobile : 087702821277 / 081232584950 / 085233925564 (SMS 24 Jam)
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama