Rabu, 20 September 2017

Cara Menanam Bunga Melati Dengan Mudah!



Bunga melati adalah salah satu tanaman yang memiliki tampilan dan warna yang sangat cantik dan memiliki penggemar tanaman hias yang sangat banyak yang ada diseluruh penjuru dunia. Tanaman ini memiliki varian jenis yang cukup banyak yang bisa kita pilih sesuai dengan kesukaan dan selera masing-masing. Bunga melati bisa ditanam dipekarangan, polybag maupun didalam pot. Tanaman ini termasuk mudah untuk ditanam dan juga untuk dirawat. Cara menanam bunga melati tidak jauh berbeda dengan menanam bunga jenis lainnya seperti mawar atau anggrek. Yang diperlukan hanyalah kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bunga melati.

Selain memiliki warna dan tampilan yang cantik, bunga ini juga memiliki aroma yang harum, sehingga bisa menjadi pengharum ruangan atau pekarangan yang alami yang bisa menenangkan pikiran kita. Untuk anda yang tidak memiliki lahan luas tidak menjadi masalah, anda bisa menanam bunga melati di pot atau di polybag anda juga bisa memindahkan bunga melati tersebut kemana saja tempat yang anda suka. Anda bisa menempatkannya atau menaruhnya didalam rumah maupun diluar rumah. Jika anda menempatkan bunga melati didalam rumah, pastikan bunga melati anda masih mendapatkan cahaya. Apabila tidak terkena cahaya matahari dari dalam rumah sempatkan untuk menaruh bunga melati diluar rumah untuk terkena sinar matahari, setelah bunga melati beberapa jam terkena sinar matahari kemudian masukan kembali kedalam rumah.

Baca Juga :
  1.  Hama & Penyakit Pada Tanaman Melon 
  2.  Teknik Mudah Merawat Kamboja  
  3.  Cara Menanam Pohon Kehidupan
  4.  Manfaat & Syarat Tumbuh Budidaya Jambu Mete
* Berikut adalah cara menanam dan merawat bunga melati dengan mudah didalam pot/polybag.
  •  Bahan-bahan:
    - Wadah pot/polybag (ukuran kecil atau sedang)
    - Bibit/Tanaman Bunga Melati
    - Pecahan genteng/bata merah, pasir, dan tanah
    - pupuk organik
    - air secukupnya
  •  Langkah-langkah menanam bunga melati Didalam Pot/polybag :
    - Siapkan pot/polybag, kemudian masukan beberapa pecahan genteng atau bata merah sebagai dasar wadah pot/polybag. Kemudian tempatkan media tanam diatasnya yang berupa campuran pasir + pupuk + tanah dengan perbandingan rasio 1 : 1 : 1.
    - Isi pot/polybag dengan media tanam tadi hingga sepertiga dari bagian pot/polybag. Jika anda menggunakan media pot, pastikan pot yang anda gunakan memiliki lubang dibagian bawah denga ukuran yang tidak terlampau besar.
    - Tempatkan bibit bunga melati/tanaman bunga melati kedalam pot/polybag kemudian tambahkan sedikit media tanam kemudian siram air secukupnya.
    - Untuk bibit bunga melati, yang ditanam di pot/polybag tempatkan di tempat yang teduh untuk awal-awal penanaman sampai bibit bunga melati tumbuh dan mengeluarkan daun.
  •  Cara Merawat Bunga Melati Agar Rajin Berbunga
Setelah berhasil menanam sendiri bunga melati dengan cara stek batang, selanjutnya Anda juga harus pandai untuk merawatnya. Berikut merupakan beberapa kiat untuk merawat bunga melati sehingga rajin berbunga :

    - Cabuti rumput liar dan gulma. Apalagi disaat tanaman melati berusia sekitar 1 bulan, akan banyak rumput liar dan gulma bermunculan di sekitar tanaman melati. Hal ini cukup merugikan karena dapat memakan nutrisi yang seharusnya digunakan tanaman melati untuk menumbuhkan bunga. Pertumbuhan bunga melati dapat terggangu apabila di sekeliling media tanam banyak ditumbuhi rumput liar dan gulma.
    - Siram tanaman melati jangan terlalu sering. Cukup sekali sehari asal rutin, melati akan tumbuh dengan baik. Waktu peyiraman melati paling baik adalah pada pagi hari sebelum pukul 09.00.
    - Potong ranting yang tidak teratur. Pada proses pertumbuhan tanaman melati akan tumbuh bercabang-cabang dan terkadang cabang ini tidak teratur tumbuhnya hal itu karna melati merupakan tumbuhn merambat. Jika Anda menginginkan tanaman melati yang selalu terlihat tertata rapi, maka rajin-rajinlah memotong sulur yang tumbuhnya dapat merusak bentuk tanaman melati keseluruhan. Potong juga sulur tidak produktif menghasilkan bunga sehingga nutrisi yang diserap tumbuhan dapat disalurkan ke sulur lain yang rajin berbunga.
    - Pemupukan. Demi mendapatkan tanaman yang rajin berbunga harum, Anda harus secara rutin memberikan pupuk, seperti pupuk kompos atau NPK. Untuk pupuk NPK, bisa diberikan dengan dosis 5 gram per bulan untuk tiap tanaman melati. Mulailah memberikan pupuk ketika usia tanaman melati sudah sekitar 2 minggu.




CV. LIM CORPORATION menyediakan polybag murah berkualitas, untuk info Harga Polybag klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277.

Demikian artikel tentang " Cara Menanam Bunga Melati Dengan Mudah " Terima kasih sudah berkunjung di blog kami semoga artikel ini bermanfaat :)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar