Tips Cara Menanam Tomat Hidroponik Sistem Wick Di Rumah

Cara Menanam Tomat Hidroponik Sistem Wick
Menanam tanaman hidroponik tomat relatif mudah dan murah. Faktor yang paling utama adalah niat untuk belajar dan mencoba. Pada artikel kali ini saya akan share cara menanam tomat hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit di rumah. Berikut Tips Cara Menanam Tomat Hidroponik Sistem Wick Di Rumah :


Pemilihan Benih Tomat
Langkah pertama menanam tanaman hidroponik tomat adalah pemilihan benih. Pilihlah benih tomat yang baik, belilah benih dalam kemasan utuh di toko pertanian atau via internet. Sebaiknya pililihlah benih tomat bibit unggul karena sudah teruji kualitas & kuantitas yang baik dan lebih tahan hama penyakit tanaman.

Atau bisa juga Anda membuat benih tomat sendiri, Untuk pembuatan benih tomat, pilih tomat yang sudah berwarna merah tua kemudian belah tomat tersebut dan ambilah bijinya dan masukan kedalam mangkok/gelas yang berisi air kemudian aduk-aduk biji tomat tersebut sampai biji tersebut bercerai berai (karena pada asalnya biji tomat saling menempel dan ada air buah tomat yang berlendir), bisa diulangi 2-3 kali sampai biji tomat bersih dari lendir-lendir tersebut. Kemudian Jemur sampai kering.

Keuntungan dari membuat benih tomat sendiri memang murah karena tidak perlu beli benih lagi, mudah karena tinggal ambil saja di dapur, sesuai keinginan kita karena ketika ada tomat yang unik dan benih tidak ada dipasaran kita bisa menanamnya. Sedangkan untuk Kekurangan dari membuat benih tomat sendiri ialah hasil mungkin berbeda dari tomat asal yang kita benihkan, karena mungkin masalah genetic dan persilangan yang terjadi sebelumnya. Bagi yang sudah belajar masalah pewarisan genetic tentunya tahu.

* Baca Juga :

Penyemaian
Untuk semai benih atau biji tomat gunakanlah media tanam hidroponik rockwool karena mudah dipindahkan. Potong rockwool keci-kecil berbentuk dadu kemudian rendam dalam air yang sudah mengandung nutrisi. Selanjutnya sisipkan biji tomat kedalam rockwool, untuk setiap rockwool masing-masing 1 biji. Rawatlah bibit dengan penuh kasih sayang seperti kau menyayangi ibumu😊😊 dengan cara menyimpan di tempat yang teduh selama beberapa hari, ika sudah berkecambah pindahkan di tempat yang terkena sinar matahari. Jika sudah memiliki 4 - 6 daun sejati, tanaman hidroponik tomat siap dipindahkan ketempat yang lebih besar.


Pemindahan Tanaman Hidroponik Tomat
Pindahkan bibit tomat ke media tanam yang lebih besar (cotohnya pot/botol plastik) yang sudah disiapkan dengan tujuan agar bibit dapat berkembang lebih cepat. Perhatikan akar tanaman jangan sampai seluruh bagian akar terendam, berikan jarak antara akar dan air nutrisi supaya akar mendapat oksigen.


Nutrisi dan Pembesaran Tomat Hidroponik
Pembesaran tomat hidroponik dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi kali ini saya membahas cara yang cukup sederhana dan tidak merepotkan yaitu dengan menggunakan metode hidroponik sistem wick. Buatlah wadah yang menyesuaikan dengan sistem wick. Gunakan tambahan krikil pada media tanaman untuk membantu menopang tanaman hidroponik tomat. Jika tanaman sudah bertambah besar dan tinggi gunakan sulur yang membantu tanaman tegak berdiri.

Gunakan nutrisi hidroponik yang khusus untuk tomat hidroponik, sebab kandungan nutrisinya telah disesuaikan. Cara pembuatan & pemakaian nutrisi hidroponik tomat, sebagai berikut :

Cara membuat pekatan AB Mix :
Pekatan A : Larutkan kantong A sehingga menjadi 500 ml
Pekatan B : Larutkan kantong B sehingga menjadi 500 ml

Cara pemakaian pekatan AB Mix:
Masa semai : 3 ml pekatan A + 3 ml pekatan B dengan 1 liter air bersih
Masa pertumbuhan: 5ml pekatan A +5 ml pekatan B per 1 liter air
Masa pembuahan : 7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air naikkan secara bertahap hingga 10 ml per 1 liter air agar bunga tidak rontok.


Selesai sudah pembahasan kita kali ini tentang tomat hidroponik. Terima kasih telah berkunjung & Semoga bermanfaat.

Kami Lim Corporation juga menjual POLYBAG untuk pembibitan tanaman, bagi Anda yang membutuhkan polybag silahkan hubungi :
Call/SMS/WA : 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.
Phone/FAX : 031-8830487.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama