Senin, 23 Mei 2016

Penanaman Pakcoy Di Polybag

Pak Coy (Pak Choy) adalah kerabat dari Caisim serta Sawi, perbedaan mencolok dari ketiganya yaitu dari batangnya. Pak Coy mempunyai batang yang lebar, besar serta berair. Terkecuali dibuat sayuran, pakcoy juga kerap dipakai sebagai asinan ataupun di buat sebagai juice.
Berikut ini langkah-langkah menanam Pak Coy dalam pot atau polybag 

1. Step Persemaian 

Sediakan benih Pak Choy, yang unggulan tentunya.



Sediakan perlengkapan semai umpamanya trai semai (seedling tray), potongan gelas air mineral, atau polybag dengan diameter kurang lebih 15 cm.


Isi tray semai dengan tanah humus atau tanah subur (dapat pula kombinasi tanah serta kompos, atau cocopeat, sekam bakar, dan lain-lain)
Semaikan biji pakcoy ke trai semai, satu lubang pada 1-2 biji, Bila memakai polybag, dapat ditata jaraknya. Kerjakan perawatan dengan menyiram sekurang-kurangnya 2 kali sehari, pagi serta sore
Sesudah 2-3 minggu, tentukan bibit pakcoy yang tumbuh baik untuk ditanam di pot/polybag


2. Step Penanaman

Sediakan pot/polybag dengan diameter kurang lebih 15 cm
Isi pot/polybag dengan tanah humus atau kombinasi tanah dengan kompos
Pindahkan pakcoy dari persemaian dengan hari-hati supaya akar tak terputus
Buat lubang dengan memakai jari atau alat bantu yang lain, cocokkan ukurannya dengan tanaman yang bakal kita tempatkan di lubang tersebut
Dalam satu pot/polybag, kita bisa menanam kian lebih satu tanaman, dapat kita tanam 2-5 pakcoy dalam 1 pot/polybag
Kerjakan penyiraman seiap hari pagi serta sore, berikan pupuk organik penambahan tiap-tiap minggu, dapat dengan juga meyiram air tajin (air cucian beras yg pertama)


3. Step Panen

Biasanya Pak Choy bisa di panen sekitaran 30-45 hari sesudah tanam, atau sekitaran 2 bln. sesudah semai. Pakcoy bisa kita panen dengan mencabut semua tanaman atau memotong batangnya satu persatu. Panen dengan memotong batang pakcoy umumnya dipakai bila pakcoy yang kita tanam dapat kita panen berkali-kali sesuai sama keperluan.

Untuk anda yang menyukai sayuran fresh hijau seperti pakcoy, supaya ketersediaannya terbangun, anda dapat menanam pakcoy selang 1 minggu pada 5 – 10 pot/polybag dihalaman tempat tinggal anda.


Lihat Juga : Jual Plastik Polybag

3 komentar: