Cara Menanam Sayuran Kangkung


Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) adalah tanaman sayuran yang banyak didapati di Indonesia. Tanaman ini sering tumbuh di ruang yang berair seperti sawah atau sungai. Ada dua type kangkung yang kerap didapati yakni kangkung sawah (kelompok lowland) serta kangkung darat (kelompok alba).

Silahkan membaca web berikut : Budidaya Buah Naga

Kali ini saya akan menunjukkan cara untuk membudidayakan sayuran kangkung. Berikut penjelasannya :


1. Persiapan Budidaya. Baik penamanan pada tanah bebas ataupun dalam polybag, pertama-tama anda mesti memiliki biji kangkung darat dahulu. Itu dapat diperoleh dibeberapa toko pertanian maupun minta dari orang yang anda kenal.Berikut bentuk biji kangkung :

http://Paranet99.com

*Baca Juga 3 Keunggulan Menanam Di Dalam Polybag


2. Selanjutnya, anda mempersiapkan tempat.Untuk area bebas, buat bedengan dengan lebar sekitar 40 cm serta panjang menurut selera serta keadaan. Bedengan sebaiknya di beri pupuk kandang (kotoran ternak : sapi, kambing atau ayam)seperlunya.Untuk dalam polybag,cari polybag dalam ukuran seperti ember cat 5 kiloan. Polybag dapat didapat (pastinya beli) di toko pertanian. Dapat pula memakai wadah sisa, umpamanya kantong plastik, ember cat, ember rusak, karung serta apapun yang dapat digunakan untuk menampung tanah. Isilah wadah itu dengan tanah yang subur. 

3. Penanaman. Baik di tanah bebasmaupun dalam polybag, tanamlah biji kangkung beberapa 3 hingga 4 pada tiap-tiap lubang tanam, dengan jarak sekitar 15 cm. Kurun waktu 7 hari, anda sudah akan dapat melihat, biji kangkung tumbuh. 

4. Perawatan. Tanaman kangkung gampang dirawat serta sedikit hama. Apabila ada rumput liar, cabutlah, jangan pernah kangkung anda kalah sama mereka. Apabila daun kangkung anda berlubang, bermakna ada ulat, usirlah dengan pestisida organik, umpamanya air gerusan bawang putih disemprotkan pada tanaman kangkung. Konon ulat mabuk oleh bau menyengat bawang putih. Cermatilah juga kecukupan air, terutama untuk yang ditanam dalam media polybag. 

5. Pemanenan. Kangkung darat dapat dipanen mulai usia 30 hari, bergantung pada keseburan tanah. Panenlah lewat cara dipotong, janganlah dicabut. Tujuannya, bila dicabut, segera habis, potonglah batang kangkung dengan tersisa batang yang ada ketiak daun, supaya kelak bertunas kembali.


Kurang lebih itulah cara pembudidayaan sayuran kangkung. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda semua.

Jika anda ingin menanam kangkung di kebun rumah dengan polybag atau koker, anda bisa menghubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info update harga klik di sini 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama