Cara Budidaya Semangka di Polybag dengan Panen Melimpah

Distributor Polybag Pembibitan - Lim Corporation

Semangka pada umumnya di tanam di daerah tegalan dan di sawah. Namun, ternyata menanam semangka juga bisa di dilakukan di dalam polybag dan di halaman rumah yang sempit. Asalkan cara menanam semangka dengan cara yang benar dan merawat semangka secara baik dan intensif.

Menanam semangka biasanya sudah dapat di panen buahnya dalam waktu tiga bulan setelah menanamnya. Untuk itu, sangat menyenangkan jika kiranya Anda mau menanam semangka sendiri di halaman rumah dengan waktu yang relatif singkat buah-buah semangka sudah dapat di petik.

Cara menanam semangka dalam polybag di halaman rumah 
Beginilah Bagaimana cara penanaman buah semangka di dalam polybag lalu di pindahkan ke halaman rumah, kita bisa bisa mengikuti langkah-langkah berikut, yaitu :
- Menyemaikan Benih semangka
- Mengolah tanah untuk ditanami semangka
- menanam bibit semangka
Cara menyemaikan bibit semangka dalam polybag
Penyemaian benih biji semangka di lakukan dengan cara di benamkan dalam polybag dan kantung-kantung plastik yang telah disediakan. Mengenai media yang akan di pakai untuk benih biji semangka yang nantinya akan di tanam ialah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.

Cara membuatnya yaitu :
- Persiapkan tanah liat dan pupuk kandang secukupnya. kemudian tanah dan pupuk kandang tersebut di campurkan dengan perbandingan 1:1. jadi, umpama tanah liatnya 1/5 Kg, maka pupuk kandang juga 1/5 Kg yang di lumatkan menjadi satu.

- Setelah pupuk kandang dan tanah tersebut telah tergabung menjadi satu, kemudian masukkan campuran tersebut dalam polybag dengan ketinggian 3/4 polybag.

- Sesudah media siap untuk ditanami, masukkan atau benamkan benih biji semangka di masukkan dalam polybag dengan memasukkan 2 biji benih semangka pada tiap-tiap polybag atau kantung-kantung plastik yang terisi campuran tanah dan pupuk kandang tadi.

- Guna mengatasi masalah penyakit dan hama pada semangka yang hendak ditanamkan ke dalam polybag, anda bisa coba dengan menaburkan furadan sebanyak satu cendok kecil padanya.
Lalu, polybag dan kantung-kantung plastik yang di tanami semangka tersebut diletakkan di halaman rumah dan usahakan terkena pancaran sinar matahari pagi yang cukup.Lakukan penyiraman pada polybag setiap hari.

Cara mengolah tanah untuk tanaman semangka
Sebelum bibit semangka dari polybag dan di pindahkan ke halaman rumah, perlu sekali untuk melakukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah dengan cara menggemburkankannya terlebih dahulu. Lalu tanah di campur dengan pupuk kandang.

Cara Menanam Bibit Semangka
Setelah Sepuluh hari dari penyemaian biji benih semangka di polybag tadi. Dan setelah itu bibit semangka baru dapat di pindahkan dan selanjutnya di letakkan pada halaman rumah yang terkena sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Setelah bibit di tanamkan di halaman rumah, lakukan pemupukan menggunakan pupuk urea.

Cara Pemupukan untuk tanaman Semangka
Cara pemupukannya, yaitu : Larutkan satu sendok urea dalam 10 Liter air.Lalu, sirami dengan menggunakan  air secara perlahan - lahan ke tempat penanaman bibit semangka. hal ini di lakukan karena tanaman semangka termasuk jenis tanaman yang cepat pertumbuhannya, sehingga tanaman semangka membutuhkan Nitrogen dalam jumlah yang lumayan banyak.

Cara Merawat Semangka 
Satu hal yang sangatlah perlu di perhatikan pada saat pembudidayaan semangka ialah perawatannya. karena tanaman semangka termasuk tanaman yang mudah dan rentan sekali terserang hama dan penyakit.

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada tanaman semangka
Dalam mengatasi hama dan penyakit pada tanaman semangka di anjurkan supaya menyemprotnya dengan insektisida dan fungisida dalam seminggu sekali selama tanaman semangka masih dalam masa pertumbuhan. Dosis Penyemprotannya yaitu sebanyak satu sendok teh dalam 10 liter air.
Biasanya tanaman semangka mudah sekali terkena hama penyakit saat musim hujan. oleh karena itu, penyemprotan pada musim hujan harus sangat di perhatikan.

Pemupukan pada Tanaman Semangka
Cara melakukan perawatan pada tanaman semangka yang selanjutnya ialah dengan melakukan pemberian pupuk pada dua bulan pertama, setiap dua minggu sekali, dengan menaburkan Pupuk Urea, Pupuk TSP dan Pupuk KCL dengan dosis yang sama seperti pada pemupukan yang pertama tadi. Kemudian, berikan pupuk kandang lagi pada bulan ke-tiga dengan dosis 1 Kg untuk Permeter perseginya.

jual polybag
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk penanaman cabai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service: 
Telp          : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email        : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama