5 Cara Ciamik Budidaya Terong Hijau Dengan Polybag, Dijamin Hasil Panen Melimpah


Terong atau nama ilmiahnya Solanum Melongena yaitu salah satu tumbuhan penghasil buah untuk sayuran. Terong ini asalnya dari India dan Sri Lanka, tanaman terong ini bisa tumbuh dengan ketinggian sekitar 40cm-150cm. Tumbuhan terong mempunyai daun yang ukurannya besar, 10cm-20cm untuk ukuran panjang daunnya dan 5cm-10cm untuk lebar daunnya, dan tumbuhan terong ini mempunyai lobus yang kasar. Batang tumbuhan terong umumnya mempunyai duri. Pada tumbuhan terong ini bunganya mempunyai warna putih sampai warna ungu dengan 5 lobus di bagian mahkota bunganya serta benang sarinya mempunyai warna kuning. Buah terong ada yang berwarna putih, ungu, hijau, dan lain sebagainya. Terong bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker dan bisa mengikat kelebihan zat besi yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung.

Cara Menanam Terong Hijau Dalam Polybag Yaitu :

Persiapan Bibit Terong Hijau

Pembibitan pada terong hijau sama halnya dengan pembibitan terong jenis lainnya. Pilihlah 1 buah terong hijau yang sudah tua dan biarkan membusuk pada pohon, Apabila sudah membusuk, ambil biji terong tersebut Kemudian keringkan selama 3 hari sampai benar-benar kering. Tetapi apabila anda tak ingin repot, anda bisa membeli bibit terong hijau di toko pertanian.

Sesudah benih terong hijau diperoleh, selanjutnya semai benih tersebut. Siapkan terlebih dulu lahan semai berukuran sekitar 50cm x 50cm. Tanah pada lahan tersebut digemburkan dengan dicangkul. Sesudah cukup gembur, supaya tanah bertambah subur selanjutnya taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Sesudah itu, tebarkan bibit terong hijau tersebut ke media semai secara merata kemudian tutup kembali dengan media tanam. Apabila memungkinkan berikan penutup diatas lahan pesemaian dengan ketinggian sekitar 30cm-40cm dari tanah supaya bibit tak bertebaran ketika disiram atau ketika terkena air hujan. Tunggu sampai beberapa minggu atau sesudah bibit terong hijau mempunyai 4-5 helai daun, bibit terong bisa dipindah tanamkan ke polybag tanam.

Baca Juga :



Persiapan Tempat dan Media Tanam Terong Hijau

Siapkan tempat tanam berupa polybag berukuran sedang sekitar 40cm x 50cm. Sedangkan media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1. Media tersebut dimasukkan ke dalam polybag kemudian diamkan selama sekitar 2 hari.

Penanaman Terong Hijau

Apabila semua sudah siap, segera laksanakan penanaman. Bibit pada media semai diambil atau dicabut dengan hati-hati supaya tak rusak. Buatlah lubang tanam sedalam 5cm-10cm pada media tanam. Selanjutnya masukkan bibit terong hijau kedalam media tanam. Sebaiknya setiap 1 polybag tanam diisi dengan 1 bibit terong hijau.

Pemeliharaan Tanaman Terong Hijau

Laksanakan proses penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi hari dan sore hari. Penyiraman tersebut dikerjakan secukupnya saja dan disesuaikan dengan kondisi media tanam dalam polybag tanam. Laksanakan pula proses penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman terong hijau dan juga kerjakan proses pemupukan dengan memakai pupuk yang mengandung Kalium, Natrium serta Fosfat.

Pemanenan Terong Hijau

Masa panen terong hijau bisa dikerjakan sesudah tanaman berumur sekitar 70-80 hari sesudah tanam. Pemanenan yang berikutnya bisa dilaksanakan setiap 3-7 hari 1 kali sesudah pemanenan pertama dilaksanakan. Pemanenan tersebut baik dikerjakan pada pagi hari atau sore hari.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk membudidayakan tanaman di lahan yang kecil atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama