Minggu, 11 Februari 2018

Budidaya Tanaman Cabai Menggunakan Plastik Polybag

Bertanam Cabai Dalam Plastik Polybag
Plastik polybag merupakan sebuah wadah plastik yang bentuknya segiempat serta umumnya mempunyai warna seperti hitam, putih, serta transparan. Polybag juga umumnya dipakai sebagai wadah ataupun tempat guna menanam tanaman. Polybag pula mempunyai beragam jenis ukuran. Umumnya ukuran polybag menyelaraskan dengan tumbuhan atau tanaman apa yang mau ditanamkan. Ada yang ukurannya kecil yang umumnya dipakai guna pembibitan, ada pula yang ukurannya besar umumnya dipakai guna menanam tanaman yang telah hampir berbuah masak. Dalam menentukan jenis ukuran polybag sendiri, hal yang perlu diperhatikan ialah bentuk akar dari suatu tumbuhan atau tanaman, perkembangan tanaman yang bakal ditanamkan kemungkinan bakal tumbuh atau juga tidak, serta lahan guna bercocok tanam.

Polybag sendiri identik dengan ditanami tanaman yang tak terlalu ribet cara budidayanya seperti misalnya cabai, menanam cabe dalam polybag memang gampang-gampang susah, mengingat banyaknya musuh tanaman cabai seperti hama dan hewan penggangu tanaman ini. Cabai atau cabe ialah suatu buah serta tanaman beranggota genus capsicum. Buahnya bisa dikelompokkan sebagai jenis sayuran ataupun bumbu, tergantung dengan bagaimana digunakan. Kalau sebagai bumbu, buah cabai yang memiliki rasa pedas memang amat populer di Asia Tenggara untuk dijadikan penguat rasa untuk makanan. Untuk seni masakan Padang, cabai juga bahkan dipercaya sebagai "bahan makanan pokok" urutan ke sepuluh. Jadi, amat sulit untuk masakan Padang kalau dibuat tanpa memakai cabai.

Budidaya Tanaman Cabai Menggunakan Plastik Polybag
Bagi Anda yang tertarik ataupun minat untuk membudiyakan atau menanam tanaman cabai ini, dikebun maupun halaman rumah dengan menggunakan plastik polybag. Anda dapat menyimak dan mempraktikan ataupun sekedar untuk pengetahuan saja, tentang pembahasan mengenai cara budidaya cabai di polybag dengan mudah dan praktis. Tahapan caranya, antara lain :

1. Persiapan Media Tanam
Media untuk penanaman cabai di polybag perlu gembur serta juga kaya akan bahan organik tentunya. Caranya untuk membuatnya adalah : Campur tanah, arang sekam serta pupuk kompos dengan angka perbandingan yakni 1: 1 : 1. Kalau Anda tak mau kerepotan, Anda bisa membeli tanah kemasan yang banyak dijual di toko-toko pertanian ataupun toko perkebunan. Isilah polybag hingga penuh, berikan pupuk awal seperti NPK sebanyak 1 sendok teh setiap plastik polybag. Sirami plastik polybag dengan air dengan cara perlahan. Lalu diamkan saja tanah tersebut selama 5 hari.

Baca Juga :
Metode Sederhana Dalam Budidaya Jeruk Bali 
Tips Dan Trik Dalam Budidaya Pepaya Pendek Berbuah Lebat 
Tips Dan Trik Dalam Menanam Bunga Mawar 
Teknik Jitu Dalam Budidaya Cincau
Metode Sederhana Dalam Budidaya Daun Mint

2. Pembibitan Cabai
Pembenihan atau pembibitan cabai bisa dikerjakan dengan cara menanam secara langsung biji cabe dalam suatu media yang sudah Anda sediakan sebelumnya. Namun, hal ini pun tak dapat menjamin jika tumbuhan cabe Anda bakal terhindar dari hama dan penyakit. Guna cara pembibitan cabai yang baik bisa Anda kerjakan dengan cara yakni sebagai berikut :

- Biji cabai direndam memakai air panas yang telah dicampurkan dengan cairan fungisida, ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) sebanyak 0,01 % serta bakterisida selama sekitar 1 hari. Kalau tak mau repot lagi, benih atau biji caba yang unggul bisa Anda dibeli dan dapatkan di toko pertanian atau perkebunan.
- Tiriskan bibit cabai tersebut dan kemudian letakkan dalam tempat penyemaian yang sudah dilapisi dengan kain basah.
- Keesokan harinya, bibit dari cabai yang sudah keluar tunas segera dipindah ke salah satu polybag untuk penyemaian yang telah berisi pupuk kandang serta tanah.
- Taruh bibit di lahan yang teduh atau tak terkena sinar matahari secara langsung. Lalu biarkan bibit cabai sampai selama 3-4 minggu.

Jual Polybag Pembibitan

3. Pemindahan Cabai ke Polybag
Tahapan cara untuk pemindahan tanaman cabai ke dalam wadah polybag yang baik ialah sebagai berikut:
- Pindahkan benih dari tanaman cabai yang telah muncul daun sebanyak kira-kira 3-4 lembar sekitar 2-3 minggu.
- Tanam biji sebatas akar, tutup kembali dengan memakai tanah di sekeliling.
- Kerjakan penyiraman secara perlahan supaya tanah tak merusak akar pada tanaman.

4. Pemupukan Tanaman
Guna memperoleh hasil yang dirasa maksimal, tanaman cabai memerlukan juga tambahan nutrisi yang cukup. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu proses pemupukan. Adapun yang perlu Anda perhatikan dalam tahap ini antara lain :
- Sesudah tumbuhan cabai berusia 30-40 hari sesudah tanam maka tanaman cabe harus diberikan pupuk susulan. Pupuk susulan ini terdiri atas dari larutan sebanyak 5 liter air yang dicampur dengan 50 gr pupuk NPK serta 5 gr KNO3.
- Pemberian pupuk lalu dilanjutkan selama 1 bulan sekali dengan penambahan masing-masingnya 25 gr guna pupuk NPK serta 5 gr guna pupuk KNO3.
- Pupuk tambahan seperti contoh pupuk daun serta Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) bisa ditambahkan menurut kondisi fisik tanaman serta tentunya selera. Guna dosis pemakaiannya, perhatikan juga aturan pakai didalam label kemasan yang tercantum.

5. Pemeliharaan & Perawatan
Kerjakan proses penyiraman, dengan rajin rutin serta kalau telah tumbuh kuat taruhkan di area tempat terbuka, Sebab tanaman cabai memerlukan banyak cahaya matahari.
Sesudah usia tumbuhan cabai di polybag sekitar 1 minggu, berilah penopang batang tumbuhan dari bambu yang sudah dibelah. Hindarkan juga tumbuhan cabai dari serangan hama gulma atau rumput yang kerap mengganggu. Kerjakan perempelan pada bagian daun yang tumbuh dan berada dibawah batang utama tanaman.

6. Pemanenan
Hal-hal yang perlu Anda perhatikan betul-betul dalam proses pemanenan cabai ialah antara lain :
- Panen cabai bisa Anda kerjakan pada usia 10-11 minggu sesudah masa tanam.
- Pemanenan bisa dikerjakan tiap 1 x dalam 1 minggu kalau menurut dari kebiasaan serta kebutuhan sendiri.

Nah, polybag juga mempunyai beberapa keunggulan dan juga keuntungan tersendiri dalam penggunaannya sebagai wadah untuk budidaya tanaman, seperti contoh antara lain :
– Lebih memudahkan Anda dalam hal perawatan tumbuhan dan tumbuhan
– Memudahkan juga kegiatan penyortiran atau penyeleksian bibit tanaman
– Cukup menghemat penggunaan area lahan tanam
– Gampang dipindahkan tempat dan memudahkan kegiatan pengangkutan ke area lahan penanaman
– Dapat menghemat pemakaian pupuk serta penggunaan air
Memang pada dasarnya polybag serta pot plastik, keduanya termasuk tempat wadah dengan ukuran luas yang terbatas. Namun masing-masingnya mempunyai perbedaan sendiri jika dilihat dari segi bahan, bobot, bentuk, harga, sifat fisik, dan juga lain sebagainya.

Dipilihnya plastik polybag untuk dijadikan media taman sebab media tersebut memang mempunyai keunggulan yang tak perlu diremehkan lagi, seperti contoh anta lain : murah, tahan karat, serta juga gampang untuk diperoleh. Tak hanya itu, untuk sistem aerasi, drainase, serta porous atau penyerapan air wadah ini amat baik maka tanaman bisa tumbuh dengan subur.
- Menanam diadlam media tanam polybag bisa untuk menghindari penyakit seperti tular tanah
- Polybag juga dapat dipakai berkali-kali sesudah di treatment
- Herga barangnya yang murah dan terjangkau
- Gampang untuk dijumpai dimana pun saja, semisal toko perkebunan atau pertanian
- Lebih menghemat ruang tempat atau ruang
- Bisa menentukan nutrisi guna tanaman yang Anda tanam dalam polybag itu sendiri

Untuk kualitas polybag sendiri, bisa dibedakan menurut kemampuan dan mutu polybag bisa dibagi dalam tiga kategori, yaitu antara lain :
– Polybag Kw Super : Memiliki daya tahan bertahan hingga 12 bulan atau juga bisa lebih lama lagi
– Polybag Kw Biasa : Memiliki daya tahan hinnga 6 bulan atau juga bisa lebih lama lagi
– Polybag Original : Memiliki daya tahan hingga 24 bulan bisa lebih lama lagi

Kalau untuk jenis ukuran sendiri, beberapa contoh jenis ukuran polybag serta yang bermanfaat bagi Anda, antara lain ialah :

- Polybag ukuran 8 x 9 cm 
Polybag ukuran ini umumnya berguna untuk menyemai biji sayur-sayuran untuk contohnya ialah guna menyemai biji cabe, terong, paprika, bayam, serta tanaman lain-lain.

- Polybag ukuran 10 x 15 cm
Polybag ukuran ini termasuk jenis ukuran polybag yang amat cocok dan baik untuk dipakai untuk dijadikan wadah pembibitan tanaman. Lebih tepatnya ialah seperti tanaman sengon. Tanaman sengon ialah salah satu jenis tanaman yang cocok jika ditanam di lahan perkebunan milik Anda. Dengan berbisnis menjual benih atau bibit sengon, dijamin bakal sangat menguntungkan bagi Anda yang tertarik melakoni bisnis ini.

- Polybag ukuran 12 x 17 cm
Polybag ukuran ini umumnya kerap dipergunakan saat bibit tumbuhan yang Anda tanam telah mulai tumbuh bekembang.

- Polybag ukuran 17.5 x 40 cm
Polybag ukuran ini umumnya banyak dipergunakan oleh sebagian besar masyarakat guna menanam tanaman sayur-sayuran pada halam atau pekarangan rumah. Sebab ukuran polybag ini memang dirasa amat tepat, tak begitu besar ataupun tak terlalu kecil.

- Polybag ukuran 40 x 50 cm 
Polybag ukuran ini pada umumnya dipergunakan untuk mengerjakan budidaya tanaman seperti jahe, akan tetapi tak mempunyai cukuplahan yang luas. Cara perawatannya pun tak terlalu sulit sebab Anda cuma perlu menyiramnya serta memberikan pupuk dengan teratur. Hal yang perlu diperhatikan ialah Anda tak boleh terlalu menyiramnya pula sebab hal tersebut bakal membuat tumbuhan cepat layu dan mati serta juga membusuk.

Kami sebagai Pabrik dan Distributor plastik polybag yang cocok digunakan untuk wadah pembibitan tanaman, menjual polybag dengan murah dan terjangkau untuk Anda dengan cara online. Untuk kualitas tentunya Anda tak perlu meremehkan lagi, plastik polybag yang kami produksi, kami datangkan langsung dari pabrik pembuatnya. Segera hubungi kami jika Anda sedang membutuhkan polybag murah untuk bibit tanaman. Anda tinggal memesan lalu menghubungi kami untuk info harga dan ukuran polybag lebih jelasnya. Terima Kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar