Minggu, 07 Januari 2018

Metode Sederhana Dalam Budidaya Jeruk Bali

       Jeruk Bali atau Pomelo (Citrus grandis/Citrus Maxima) yaitu tanaman buah khas Asia Tenggara. Jeruk ini yaitu jenis jeruk yang mempunyai ukuran paling besar diantara jenis jeruk lainnya. Dikala sudah matang, kulit buah jeruk bali berwarna hijau pucat kekuningan dan mempunyai daging buah tebal serta ada dagin buah  yang berwarna putih, merah muda atau merah.

Berikut ini Cara Menanam, Merawat Sampai Panen Tanaman Jeruk Bali :

1. Lahan Tanam 


       Tanaman jeruk bali paling cocok ditanam pada lahan yang tanahnya subur serta memperoleh sinar matahari yang cukup. Jika tak mempunyai lahan, bisa juga mengaplikasikan polybag. Jika Anda menanam pada tanah, buatlah lubang tanam pada lahan dengan ukuran minimal 50cm x 50cm x 50 cm.

2. Pemilihan Bibit


       Perbanyakan benih jeruk bali bisa dilakukan dengan cara mencangkok pohon jeruk bali indukan. Bibit cangkok yang baik yaitu berasal dari indukan yang sehat dan baik serta pernah berbuah sebelumnya. Jika Anda malas mencangkok, Anda bisa membeli benih di toko tanaman buah yang sudah berbunga atau yang sudah berbuah.

Baca Juga :
7 Tahapan Dalam Budidaya Tebu Berkualitas
Tips Dan Trik Dalam Budidaya Pepaya Pendek Berbuah Lebat
Tips Dan Trik Dalam Menanam Bunga Mawar
Teknik Jitu Dalam Budidaya Cincau
 Metode Sederhana Dalam Budidaya Ciplukan

3. Penanaman Bibit Buah Jeruk Bali


       Setelah lubang dan benih siap, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk sangkar kemudian hasil pencampuran pupuk dengan tanah diletakan di komponen bawah kira-kira 30 cm lalu letakkan benih, sesudah itu timbun dengan mengaplikasikan sisa tanah yang sudah dicampur pupuk tersebut. Jangan lupa beri kayu penopang/ajir agar tak roboh jika terkena angin atau yang lainnya.

4. Perawatan Tanaman Jeruk Bali


       Penyiraman dilaksanakan satu kali sehari sesudah penanaman dan jika sudah tumbuh dengan baik, tak perlu disiram lagi karena tanaman ini tahan terhadap kekeringan. Dikala musim kemarau lakukan penyiraman untuk mengurangi penguapan setidaknya seminggu sekali. Lakukan juga pemupukan dengan mengaplikasikan pupuk sangkar agar daun tumbuh subur. Perlindungan dari hama dan penyakit tanaman juga perlu dilaksanakan agar tanaman bisa menciptakan buah yang maksimal.

5. Pemanenan Buah


       Panen secara besar bisa dilaksanakan pada 3 tahun sesudah penanaman.


CV. LIM CORPORATION melayani pemesanan polybag, info dan cara pemesanan SMS / WA:

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 

Untuk info harga Polybag silahkan klik DISINI

@ULM




1 komentar: