Rabu, 23 Agustus 2017

Menakjubkan!! Ternyata Inilah 10 Manfaat Cabe Keriting Untuk Kesehatan Tubuh




Selamat datang kembali sobat setia Lim Corporation!! Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Tips Cara Menanam Cabai Dalam Pot Atau Polybag!! Namun kali ini kita akan membahas tentang manfaat Cabe Keriting Untuk Kesehatan Tubuh. Belum banyak orang yang tahu tentang kandungan & manfaat cabe. Sebagian besar orang menganggap bahwa cabe hanya menyebabkan penyakit, sebenarnya tidak, cabe malah bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar & tidak berlebihan. Berbicara tentang cabe, cabe memiliki berbagai macam jenis salah satunya cabe keriting.

Cabe keriting mempunyai rasa yang pedas dan sangat pas untuk memberi sentuhan rasa yang khas dalam makanan. Keberadaan cabe keriting bagi sebagian orang adalah bumbu pelengkap yang wajib ada pada setiap makanan. tetapi tidak hanya itu, khasiat yang terkandung dalam cabe keriting juga mampu untuk menyehatkan pencernaan, namun pada konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Cabe keriting adalah anggota dari genus capsicum. Cabe keriting memiliki 2 kubu yang berlawan yaitu mereka yang suka & sebagian yang tidak suka. Cabe keriting mampu menambah nafsu makan dan memberi cita rasa yang khas pada makanan. Tetapi di sisi lain, cabe bisa membuat makanan terasa panas.


Salah satu macam cabe yang banyak digunakan & paling utama untuk masyarakat asia ialah cabe keriting, rasa pedas yang dihasilkan cabe keriting dapat memberikan rasa puas tersendiri untuk mereka para peminat pedas. Cabe keriting mempunyai warna merah yang menyala dengan tekstur yang bergelombang serta bentuk kurus nan panjang.

* Baca Juga : Fungsi Kangkung Serta Langkah Menanam Kangkung Dalam Polybag

Berikut Manfaat Cabe Keriting Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Baik Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Tahukah Anda kalau ternyata cabe keriting mempunyai manfaat? salah satunya ialah menjaga daya tahan tubuh, cabe mempunyai kandungan vitamin C yang terkenal begitu hebat untuk melindungi sel-sel tubuh dari sebuah ancaman radikal bebas. Khasiat vitamin C yang mampu membuat tubuh semakin menjadi lebih sehat, yang paling utama ialah menguatkan kekebalan tubuh pada cuaca ekstrim.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata
Kesehatan mata akan melemah seiring berjalannya waktu. Cabe keriting mampu membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata melalui kandungan vitamin A miliknya. Vitamin yang satu ini bisa juga anda temukan pada menu lain, semisal buah dan juga sayur.


3. Dapat Meningkatkan Gairah Seks😊
Khusus untuk pasangan yang sudah menikah, tahukah Anda kalau cabe keriting ini mampu membantu Anda untuk meningkatkan sistem syaraf atau meningkatkan gairah seksual? Menurut christine pirello pada huffingtonpost, cabe ini baik untuk seks dikarenakan endorphin yang dihasilkannya.


4. Dapat Merangsang Nafsu Makan
Kandungan Capsaicin pada cabe ternyata berperan pula untuk membantu merangsang nafsu makan. Zat capsaicin yang terkandung dalam cabe dapat merangsang produksi hormon erdorphin pada tubuh yang dapat membangkitkan rasa nikmat dan bahagia. Seperti halnya buah naga, kandungan yang ada pada cabe mampu meningkatkan nafsu makan, sebab rasa pedas yang dirasakan ketika mengkonsumsi cabe.


5. Dapat Mengencerkan Lendir
Bagi Anda yang terkena flu dan juga hidung kurang lega akibat tersumbat, kehadiran cabe mampu membantu anda untuk menyingkirkan sumbatan pada hidung. Tidak hanya cabe keriting saja, tetapi semua macam cabe mulai dari cabe merah, cabe rawit, dan yang lainnya. Kandungan capsaicin pada cabe bisa membantu anda untuk mengeluarkan lendir dengan cara mengencerkannya.

Cabe memiliki kandungan zat bernama capsaicin yang bermanfaat untuk mengencerkan lendir. Hal ini berlaku pula untuk anda yang mengalami penyakit sinuitis dan juga batuk berdahak. Kehebatan capsaicin tidak hanya berperan untuk melegakan saluran pernapasan, tetapi bisa juga digunakan untuk :
- Mengatasi terjadinya stroke.
- Mengobati masalah impotensi.
- Mengatasi terjadinya penyumbatan darah.
- Menangkal terjadinya kerak lemak dalam pembuluh darah untuk mencegah jantung koroner.

* Baca Juga : Pembibitan dengan Polybag, Pilihan Tepat Untuk Memperoleh Varietas Unggul!!


6. Dapat Menghilangkan Rasa Dingin
Keuntungan lain yang mampu anda dapatkan saat mengkonsumsi cabe keriting yaitu dapat menghilangkan rasa dingin. Selain itu, cabe yang dioleskan secara langsung pada bagian anggota tubuh, mampu mengusir rasa dingin.

Untuk menghilangkan rasa pedas karena cabe keriting ini bisa juga dengan minuman air hangat. Selain khasiat air hangat yang bisa menghilangkan rasa dingin dalam tubuh, mampu juga menghilangkan dahaga pedas.



7. Dapat Memberi Tambahan Fosfor Dan Kalsium
Cabe keriting memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang pada tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi ikan nila, karena ikan nila memiliki banyak kandungan fosfor yang sangat baik untuk tubuh. Terlebih lagi kalau kedua bahan ini dipersatukan.


8. Dapat Meringankan Sakit Kepala
Manfaat cabe berikutnya adalah untuk meringankan rasa nyeri pada kepala dan sakit pada bagian sendi. Zat capsaicin pada cabe bisa menghadang sinyal rasa nyeri dari sistem syaraf ke otak. Untuk meringankan nyeri kepala, bisa juga menggunakan daun salam yang sangat berfungsi untuk mengurangi rasa migran yang sedang dirasakan.


9. Membersihkan Racun Dalam Tubuh
Menurut beberapa penelitian, saat kita mengkonsumsi cabai, maka akan timbul rasa panas dan hangat didalam tubuh. Dengan proses tersebut tubuh akan berkeringat, dan dari keringat itulah racun-racun yang ada didalam tubuh akan di baung dan dikeluarkan.


10. Pencegah Kanker
Sumber vitamin yang ada dalam cabe keriting seperti vitamin A, C, E, dan K. Merupakan komponen penting pembentuk antioksidan aktif yang di perlukan tubuh untuk mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, hal ini berhubungan erat dengan pencegahan kanker.

* Baca Juga : 5 Tanaman Teh Yang Tinggi Akan Manfaat Dan Baik Bagi Kesehatan!!

Keberadaan cabe sejak zaman dahulu ternyata telah banyak dipakai untuk pelengkap makanan dan juga pengobatan. Belum banyak orang yang tahu mengenai khasiat cabe, sebab banyak yang mengira kalau bahan masakan yang satu ini hanya berfungsi untuk menambah rasa yang pedas. Keberadaan cabe yang mempunyai banyak khasiat tentu baik untuk Anda.

Saat hendak makan cabe, ada baiknya kalau Anda mengetahui betul bagaimana kondisi anda. Jika tubuh Anda tidak kuat dengan rasa yang pedas, tentu Anda perlu mengurangi jumlah memakan cabe. Jangan memakan cabe dengan berlebihan, karena dapat membuat Anda terserang gangguan pencernaan mulai dari sakit perut hingga diare.

Cabe mempunyai kandungan zat yang bernama capsaicin yang merupakan zat yang menyebabkan cabe mempunyai rasa pedas. Zat yang satu ini adalah zat kimia keras yang dapat dijadikan peper spray atau gas air mata yang biasa digunakan aparat kepolisian untuk membubarkan para demonstran anarkis, tawuran, dan lainnya. Efek dari zat ini bisa menyebabkan kebutaan pada mata.


Cukup sekian dulu perjumpaan kita kali ini, Terima Kasih telah berkunjung & Semoga Bermanfaat.

Kami CV. Lim Corporation juga menyediakan Polybag untuk pembibitan/penanaman.
Jika Anda butuh polybag silahkan hub : 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.

Salam Hangat,


Lim Corporation


Tidak ada komentar:

Posting Komentar