Kamis, 15 Juni 2017

Kupas Tuntas Cara Tepat Budidaya Buah Anggur Dalam Pot



Anggur merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam dalam keluarga Vitaceae. Anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain : meningkatkan kerja sel endothelial yang berperan melancarkan aliran darah dalam arteri yang terkait dengan aktifitas terhadap sel–sel otot halus, dan bahkan bisa mencegah pembentukan sel kanker dan penyakit lainnya. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah,  dengan musim kemarau panjang sekitar 4-7 bulan. Selain itu tanaman anggur dapat tumbuh pada siang hari dengan suhu rata-rata maksimal 31oC, dan pada malam hari dengan suhu rata-rata minimal 23oC (derajat celcius).

Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah. Bagi kalian yang belum tau caranya, simak baik-baik yaa.. Berikut ini Cara Menanam Anggur Dalam Pot :

Pemilihan Pot

Ada beberapa jenis pot dipasaran, seperti pot dari plastik, pot dari semen, dan pot dari tanah. Nah, untuk menanam anggur lebih baik menggunakan pot yang terbuat dari tanah yang berdiameter 30-40 cm (bisa lebih), karena pot yang terbuat dari tanah memiliki pori-pori pada bagian dasar yang dapat menyerap air. Sehingga akar tidak akan mudah kekeringan, apabila terlambat atau terlalu banyak dalam pemberian air.

Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk buah anggur adalah pasir dan pupuk kandang. Mengapa?? Karena pasir mudah di tembus air dan akar tanaman. Sebelum di masukkan ke dalam pot, pasir dan pupuk kandang diaduk terlebih dahulu, untuk lebih bagusnya lagi, 1/3(sepertiga) bagian bawah pot di isi dengan tanah yang gembur, agar dapat menghambat keluarnya air dari pot tersebut.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Tips Menanam ke Dalam Pot
  • Siapkan batang anggur dari batang pohon indukan yang sudah di stek panjangnya sekitar 20 cm & terdiri dari 2 ruas.
  • Siapkan pot yang telah di alasi dengan pecahan batu bata atau genting, kemudian isi media tanam. Buat lubang tanam tepat di tengah-tengah media dalam pot, lalu taruh bibit di dekat lubang tanam dan lepaskan dari polybag. Adapun perbandingan komposisi dari media tanamnya ialah tanah 1, pasir 1 dan pupuk kandang 2, yang artinya setengah dari media tanam ialah pupuk kandang.
  • Masukkan bibit anggur pada lubang tanam dan atur sedemikian rupa agar tegak, lalu tutup dengan media tanam di sekitarnya.
  • Kemudian siram dengan air, lalu letakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari secara langsung.

Pemeliharaan & Perawatan

Penyiraman

Setiap sore hari, bibit anggur yang baru ditanam dalam pot harus disiram dengan air, siram tanaman secara hati-hati, agar akar tanaman tidak terangkat ke permukaan.

Pemberian Ajir


Agar tanaman anggur dapat tumbuh lurus, bibit perlu diberi ajir, yang berupa kayu atau bambu setebal 1,5cm dengan panjang sekitar 1 m. Pemberian ajir ini berfungsi sebagai penyangga bibit sampai tiba waktu pemangkasan yang pertama.

Pemasangan Tiang Panjatan (Penopang)


Dalam 1 pot, beri 4 bilahan bambu yang ditancapkan di pinggir pot, keempat bilah bambu ini masing-masing akan dihubungkan dengan kawat. Rangkaian kawat inilah yang nantinya akan dililit oleh sulur-sulur anggur.

*Baca Juga : Jenis Polybag yang Tepat Untuk Tanaman

Pemupukan

Berikan pupuk urea pada tanaman anggur yang baru ditanam, untuk ukuran dosis yang diberikan hanya 1 sendok makan lalu pupuk tersebut diberikan setiap 2 minggu sekali sampai tanaman mencapai umur tiga bulan, setelah tanaman anggur sudah mencapai umur 3 bulan, pupuk yang diberikan tadi di perbanyak menjadi 2 sendok makan dan pupuk diberikan (sebulan sekali).

Agar Tanaman Anggur Cepat Berbuah

Pemangkasan

Beberapa hal yang patut di perhatikan dalam menanam buah anggur dalam pot ialah periode berbuah. Bulan maret sampai april biasanya buahnya sedikit, kerena sedang tidak musim bunga, namun jika bulan juli sampai agustus biasanya buahnya banyak. Untuk pemangkasan anggur cabang tersier sisakan 4-10 mata tunas, sedangkan cabang yang dipangkas harus meneteskan air, jika ternyata tidak meneteskan air, tunda dulu pemangkasannya.


Dan jika buah anggur sudah sebesar biji asem, sebaiknya dilakukan penjarangan sebanyak 40-50%. Agar anggur tidak diserang serangga/hama, sebaiknya buah anggur dibungkus dengan kertas atau kantong plastik transparan. Buah anggur sendiri siap dipanen pada 105 sampai 110 hari setelah bunga mekar.

Demikian pembahasan tentang Cara Budidaya Anggur Dalam Pot. Terima kasih telah berkunjung.. Semoga bermanfaat..




1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN CEPAT CAIR TIDAK ADA RESIKO APA APA terima kasih.

    BalasHapus