Senin, 08 Mei 2017

Hama Pada Tanaman Nanas & Cara Pengendaliannya



Nanas adalah tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis & subtropis. Nanas adalah salah satu buah yang paling disukai oleh masyarakat. Nanas banyak mengandung vitamin C, sehingga buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Sekarang, tahukah anda hama apa saja yang sering menyerang tanaman nanas?? Dan bagaimana cara pengendaliannya?? Nah, saya akan membahas tentang Hama Pada Tanaman Nanas serta Cara Pengendaliannya.

Berikut ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Nanas serta Cara Pengendaliannya :

1. Kumbang (Carpophilus hemipterus L.)

Ciri-cirinya berwarna coklat atau hitam, ukurannya kecil, larvanya berwarna putih kekuningan, bentuknya langsing, dan berkaki 6. Gejala yang ditimbulkan jika terserang hama ini, tanaman nanas akan bergetah dan kemudian akan membusuk.

Cara Pengendalian :

Cara mengendalikannya dengan melakukan sanitasi lahan atau dengan penyemprotan pestisida.

*Baca Juga : Cara Mudah Menanam Bawang Putih Di Polybag

2. Lalat Buah (Atherigona sp.)
Ciri-cirinya ukuran tubuhnya kecil. Lalat ini akan meletakkan telurnya pada bekas luka buah, kemudian telur tersebut akan menetas dan menjadi larva yang memakan daging buah. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka buah akan menjadi lunak dan mengalami kebusukan.

Cara Pengendalian :

Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan menjaga kebersihan lahan dan membuang buah yang telah terserang oleh larva lalat buah, atau bisa juga dengan cara menyemprotkan insektisida Thiodan 35 EC.

3. Thrips (Holopothrips Ananasi Da Costa Lima)


Ciri-ciri dari hama ini yaitu ukurannya sangat kecil, memiliki panjang sekitar 1,5 mm, warnanya coklat dan matanya besar. Gejala yang ditimbulkan akan muncul bintik-bintik perak pada bagian daun tanaman tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi?? Karena hama ini menyerap cairan sel daun, akibatnya pertumbuhan tanaman muda menjadi terhambat.

Cara Pengendalian :
Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan cara pemberian insektisida Mitac 200 EC atau dengan cara membersihkan lahan.

4. Sisik (Diaspis Bromeliae Kerne)

Jenis hama yang satu ini memiliki ciri ukuran yang sangat kecil, dan berdiameter sekitar 2,5 mm, memiliki bentuk bulat dan datar, warnanya kekuningan. Hama ini menyerang bagian buah dan daun. jika hal ini dibiarkan maka tanaman akan mengalami kesulitan dalam pertumbuhannya dan ukuran buah lebih kecil.

Cara Pengendalian : 

Semprotkan dengan insektisida Decis 2,5 EC atau Curacron 500 EC sesuai dosis yang dianjurkan.


5. Penggerek Buah (Thecla Basilides Geyer)

Ciri-cirinya berupa kupu-kupu berwarna coklat, hama ini akan meletakkan telurnya pada permukaan buah, dan kemudian akan menetas menjadi larva, setelah itu larva tersebut akan menggerogoti pada buah sampai bentuk buah sudah tidak sempurna lagi, jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka pada bagian buah tersebut akan mengalami kebusukan. Gejala yang timbulkan adalah pada bagian daging buah akan terlihat berlubang atau buah akan mengeluarkan getah.

*Baca Juga : 5 Tanaman Teh Yang Tinggi Akan Manfaat Dan Baik Bagi Kesehatan

Cara Pengendalian :
Hama ini dapat dikendalikan dengan melakukan sanitasi lahan serta membuang bagian tanaman yang terserang hama tersebut. Bisa juga dengan cara menyemprotkan insektisida Basudin 60 EC atau Thiodan 35 EC.


Demikian pembahasan tentang hama & cara pengendalian pada tanaman nanas. Terima kasih telah berkunjung..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar