Kamis, 29 Desember 2016

Dapatkan Tips Jitu!! Rahasia Menanam Kencur di Polybag


Tanaman kencur adalah type tanaman obat yang termasuk dalam type temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini banyak pula digunakan sebagai bumbu masakan serta jamu (jamu beras kencur). Kencur (Kaempferia galanga L.) nyatanya mempunyai banyak faedah untuk kesehatan, salah satunya :
  • Mengobati sakit tenggorokan serta batuk 
  • Menghilangkan keluhan perut kembung 
  • Menghilangkan darah kotor 
  • Mengobati diare 
  • Menghilangkan radang lambung 
Tanaman yang kaya faedah ini pas untuk dibudidayakan dirumah. Terkecuali dengan alasan kesehatan, pastinya membudidayakan tanaman kencur bisa berguna untuk bumbu masakan. Type masakan yang kerap memakai kencur yaitu pecel, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng.
*Baca Juga Cara Tepat Budidaya Cabe Yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen Anda

Untuk membudidayakan kencur pastinya tak memerlukan usaha yang begitu besar, tanaman ini bisa dikembangbiakkan di polybag atau pot. Tetapi bila inginkan dalam sekala besar, tanaman ini juga bisa ditanam di kebun atau ladang. Dalam melakukan penanaman kencur di kebun, pada prinsipnya caranya sama dengan cara menanam jahe yakni dengan membuat tempat jadi guludan-guludan (tegalan) Untuk kesempatan ini yang akan dibicarakan yaitu tentang langkah menanam kencur di polybag atau pot.

Tersebut disini beberapa langkah gampang menanam kencur di polybag atau pot :  

-Menyiapkan Bibit Kencur 

Untuk lakukan budidaya kencur jadi penentuan bibit yang benar serta kwalitas yang bagus adalah prasyarat paling utama yang butuh dipenuhi. Tanaman kencur cuma mempunyai satu type saja, tetapi sebutan dari beragam daerah saja yang tidak sama. Bibit kencur yaitu rimpang kencur tersebut, cari kencur yang mempunyai buah banyak serta tidak diserang hama.
*Ingin Dapat Info Terbaru Tentang Dunia Pertanian & Perkebunan? Yuk Gabung DISINI

Tentukan rimpang yang tua (sekitaran usia 10 bulan), rimpang yang baik untuk bibit yaitu rimpang yang telah tampak mempunyai calon tunas. Minimum calon tunas yang tampak yaitu dua calon tunas, ini mengisyaratkan bahwa rimpang siap untuk tumbuh. kumpulkan rimpang-rimpang yang tampak bagus serta mempunyai tunas sejumlah keperluan (sesuai dengan jumlah polybag).

Tempatkan rimpang pada ruang yang tidak terserang cahaya matahari dengan cara langsung, biarlah sekian hari sembari mempersiapkan polybag atau pot sebagai tempat tanam.

-Menyiapkan Polybag atau Pot 

Belilah Polybag dengan ukuran yang agak besar, atau dapat menggunakan pot bunga, bila menginginkan semakin besar pakai saja Karung sisa beras atau pupuk. Isi polybag dengan memakai tanah yang gembur serta subur, berikan pupuk kandang atau kompos. Campukan juga sedikit pasir dengan perbandingan 4 : 1 (4 tanah : 1 Pasir). Kemudian tempatkan polybag di ruang yang teduh, serta biarkan polybag yang telah diisi tanah sepanjang 1-2 hari supaya keadaan tanah stabil.

-Penanaman Kencur 

Sesudah polybag dilewatkan selama 1 hari, kencur telah dapat ditanam. Ambillah rimpang yang telah disediakan tadi, serta tanamlah lewat cara bikin lubang memakai pisau atau alat lain sedalam 5-7 cm dengan panjang sesuai dengan panjang rimpang kencur. Tanamlah kencur sejumlah 2 rimpang di masing-masing polybag dengan jarak tanam 10 - 15cm. hadapkan calon tunas ke atas, jangan pernah terbalik lantaran bisa menghalangi perkembangan kencur.
*Baca Juga 14 Tahap Cara Budidaya Terong Ungu, Dijamin Ciamik!

-Pemeliharaan Tanaman Kencur 

Untuk memperoleh hasil panen yang banyak, tanaman kencur harus dipelihara. lakukan penyiraman dengan cara teratur pagi serta sore waktu tidak ada hujan. Tidak perlu lakukan pemupukan dengan pupuk kimia, lantaran ini akan dikonsumsi sendiri serta sangatlah cukup lantaran telah di beri pupuk kandang atau kompos. Kerjakan pembersihan rumput liar yang tumbuh di polybag, bersihkan lewat cara mencabut.

Hama yang kerap menyerang kencur yaitu ulat pemakan daun, basmi ulat ini pada saat belum banyak. Pembasmian bisa dikerjakan dengan cara manual, dengan mengambil serta mematikannya.

-Panen Kencur 

Kencur bisa dikerjakan panen atau rimpangnya bisa digunakan bila sudah mempunyai rimpang yang besar, umumnya waktu umur sekitaran 7-9 bulan. Terkecuali rimpangnya, kencur dapat juga digunakan daun mudanya yakni sebagai lalapan atau daun-daunan di masakan pecel.

Itulah beberapa cara mudah menanam kecur di polybag atau pot, serta faedah kencur untuk kesehatan. Tidak ada kelirunya anda membudidayakan kencur dirumah anda dengan memakai polybag atau media lain yang anda anggap lebih mudah serta bisa dipakai. Bila menginginkan menanam kencur kapasitas besar pastinya mesti mempersiapkan bibit rimpang kencur yang banyak.

Pabrik Plastik Polybag  Untuk Pembibitan Tanaman
LIM CORPORATION - Produsen polybag, siap melayani pesanan polybag. Minimal order 300 kg per ukuran. Kami hanya mengerjakan ukuran minimal lebar/tinggi 10cm. Info harga dan cara pemesanan sms/call: 0877.0282.1277 - 08123.258.4950 - 0852.3392.5564 / Klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar