Budidaya Tanaman Buah Tin

Langkah Menanam Buah Tin Dari Biji di Dalam Pot - Tin atau Ara (Ficus carica L.)yaitu semacam tumbuhan penghasil buah-buahan yang bisa dikonsumsi yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama " Tin "di ambil dari bahasa Arab,dikenal juga dengan nama " Ara " (buah ara/pohon ara)sedang dalam bahasa Inggris dimaksud fig (common fig ; " pohon ara umum "),sebetulnya masih termasuk juga kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama. (sumber : Wikipedia)

Untuk umat Islam nama buah tin akan begitu familiar terdengar,tetapi belum pasti banyak yang telah melihat secara nyata bagaimana bentuk buah serta pohonnya. Buah Tin dalam Alquran jadi nama satu diantara surat (Surah At-tin), dalam ayat 1-2 Allah SWT mengatakan Nama Buah Tin di dalamnya ("Demi buah tindan buah zaitun,demi gunung thursina, ” (at-Tin : 1-2)). Buah ini begitu banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan,salah satunya :Menyembuhkan wasir,menyembuhkan encok,Menangani kolesterol,mencegah penyakit jantung,memperlancar pencernaan,serta ada banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari buah tin untuk kesehatan.

Untuk membudidayakan Buah Tin yang cepat berbuah sesungguhnya yang paling tepat yaitu dengan system cangkok, langkah yang dikerjakan nyaris sama juga dengan langkah menanam srikaya yakni dengan pilih salah satu batangnya serta mulai mencangkok melalui cara yang benar. Bila telah mengeluarkan akar,maka bibit hasil cangkokan bisa dipindah ke pot atau tempat tanam permanen yang lain. Tetapi bila anda tak mempunyai pohon induk yang dicangkok, maka budidaya buah tin bisa dikerjakan dari biji buahnya. Kekurangan dari budidaya tin dari biji yaitu pohon tin relatif lama menghasilkan buah,serta kwalitas buah belum pasti sama juga dengan yang dipunyai oleh pohon induk. 

Langkah menanam buah tin dari biji yang benar bisa dikerjakan dengan beberapa langkah tersebut : 

1.          Mempersiapkan Benih 

Untuk memperoleh benih buah tin,ambillah buah tin yang telah tua atau yang telah mulai mengering. Iris buahnya serta pisahkan biji-biji yang ada didalam buahnya. Jemur biji buah tin hingga kering, angkat biji yang dijemur lalu tempatkan ditempat kering yang teduh. 

Sediakan tempat untuk menyemai biji-biji buah tin,ambillah plastik polybag atau nampan khusus penyemaian. Isi dengan campuran Tanah, sekam atau pupuk kandang,serta pasir dengan perbandingan 2 : 2 : 1 (2 Tanah : 2 Sekam atau pupuk kandang : 1 pasir). Diamkan tempat semaian sekitar 2 hari sebalum biji buah tin disemai. 

Sebelum disemai, rendam terlebih dulu biji buah tin. Pisahkan serta buang biji buah tin yang mengambang. Biji yang ditanam yaitu biji yang tenggelam,lantaran biji yang mengambang peluang tumbuhnya kecil. 

Tebarkan biji buah tin secara rata di tempat penyemaian,serta tutup dengan tanah dengan cara tipis serta rata. Kerjakan penyiraman dengan cara teratur saat pagi serta sore hari untuk melindungi semaian tetaplah lembab,jangan lakukan penyiraman secara berlebihan supaya biji buah tin tak membusuk, cukup siram dengan sistem spray. Biji buah tin akan mengeluarkan tunas sekitaran 3 - 5 minggu dari penebaran semaian. Sesudah tunas buah tin meraih ketinggian 15cm, bibit bisa dipindahkan ke plastik polybag kecil sebelumnya ditanam ketempat tanam permanen.  



2.          Mempersiapkan Tempat Tanam 

Sediakan pot besar atau bisa juga memakai drum sisa yang dipotong menjadi 2 bagian, isi pot dengan kombinasi Tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Tanah isian baiknya Tanah yang subur serta gembur, bisa juga digabung dengan sedikit pasir. Biarkan pot yang sudah diisi campuran Tanah serta pupuk selama 2 minggu sebelum ditanami. 
Bila anda menginginkan menanam buah tin di perkarangan tempat tinggal,upayakan tempat penanaman tak terlindung dari cahaya matahari. Buat lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50-60cm. Isi lubang dengan memakai pupuk kandang serta dan campur dengan sekam padi (bila ada).Biarkan lubang selama 1-2 minggu sebelum ditanami supaya pupuk kandang bisa meresap dengan baik dalam Tanah. 



3.          Menanam Bibit Buah Tin 

Bibit buah tin yang sudah siap bisa dipindahkan ke pot atau lubang tanam yang sudah disediakan,terlepas plastik polybag dengan cara perlahan-lahan supaya Tanah semaian tak hancur. Masukan ke pot atau lubang tanam serta tutup kembali dengan memakai Tanah,lalu padatkan secara perlahan-lahan. Kerjakan penyiraman sesudah pohon buah tin telah usai ditanam. Penyiraman sebaiknya sewajarnya saja,supaya pohon buah tin tak membusuk. 



4.          Merawat tanaman Buah Tin 
Perawatan buah tin tidak begitu susah, tanaman ini telah beradaptasi baik dengan iklim di Indonesia. Cukup kerjakan penyiraman dengan teratur saat pagi serta sore hari dengan penyiraman yang tidak terlalu banyak. Bersihkan sekitaran pohon buah tin dari tumbuhan liar yang lain. Pemupukan bisa dikerjakan kembali sesudah umur pohon buah tin sekitaran 4 bulan dari penanaman. 
Buah tin tak mengenal musim,bila buah tin telah mulai berbuah maka bakal sepanjang tahun mengeluarkan buah.

 Baca Juga : Keuntungan Berbinis Dengan Tanaman Cengkeh



Apabila anda ingin memesan polybag dapat menghubungi kami di nomor 0852 3392 5564 - 0877 0282 1277 - 0812 3258 4950. Dapat dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia.





Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama