Kamis, 28 April 2016

Budidaya Buah Semangka


Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun(Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnyayang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Kali ini saya akan memberi  tau cara untuk menanam semangka dengan mudah, simak penjelasan berikut ini :


Langkah Menanam Semangka : 

  • Pembibitan : 

1. Beli biji bibit semangka di toko pertanian, satu bahu diperlukan sekitar 11 bungkus @harga nya Rp 50 -75 ribu 
2. Rendam biji bibit semangka dengan air bersih sepanjang semalam. 
3. Biji yang telah di rendam sepanjang semalam, tiriskan serta bungkus dengan kain lalu digantung sepanjang satu hari semalam,hingga tumbuh tunas 
4.Sediakan polibek kecil diisi pupuk kandang atau pupuk organik,masukan satu biji bibit semangka yang telah tumbuh tunas. 
5.Sesudah satu minggu bibit telah siap di semai. 
6. Untuk menghemat serta praktisnya, anda tak perlu bikin polibek dari plastik, cukup pupuk kandang/organik dikepal-kepal sampai padat serta janganlah lupa masukan bijinya 

  • PenyiapanTempat : 

1.Buat kanal air,yang akan dipakai sebagai pengairan, lebarnya kira-kira 30 - 50 cm bergantung keadaan air. 
2.Sisi kanan kiri kanal air dipakai sebagai arena tanam atau disebut pot. 
3. Taburkan 3 kwintal pupuk ponskha serta 1 kwintal TS diarea tanam (mungkin saja semakin lebih baik kalau pakai pupuk organik) 
4. Tutup ruang tanam dengan plastik serta lubangi tiap-tiap 50 - 60 cm untuk ditanami biji yang telah bertunas 

  • Penanaman 

1.Sesudah biji berusia satu minggu, sobek serta buanglah plastik polibek, bibit serta tanahnya yang datang dari pupuk organik di atas dipindahkan ke pot/ruang tanam. 
2. Jarak tanam sekitar 50 - 60 cm. cukupi keperluan airnya 

  • Perawatan 

1. Siram tanaman semangka satu minggu sekali 
2. Pada minggu pertama semprot pestisida anti hama penggerek serta semprot dengan pupuk daun 
3.Sesudah dua minggu dipupuk dengan pupuk penyubur (Pak Santoso menyebutnya pupuk KNO sejumlah 20 Kg/Bahu) 
4.Untuk pengendalian serangan hama penyakit, semprotlah pestisida bila mulai nampak gejala serangan. Anda dapat ajukan pertanyaan pada petani tetangga sawah yang anda garap. mereka senang sekali berbagi info 
5.Bila semangka telah mulai berbunga serta nampak bakal buah,jadi petiklah bunga serta akan buah. Dalam satu pohon tinggalkan satu atau dua akan buah saja. Ingat, kontrol dengan ketat tiap-tiap satu batang pohon semangka cuma ada 1 atau 2 buah saja (bergantung type semangkanya, Pak Wagimin 1 buah dalam satu pohon,sesaat pak Santoso 2 buah dalam satu pohon) 
6.Sesudah usia sebulan pupuk semangka dengan pupuk yang sama juga dengan poin 3. 

  • Panen,Sesudah 2 bulan waktunya anda memanen investasi anda. 


Resiko Agrobisnis Semangka 
Tiap-tiap usaha ada resikonya,jangan pernah lantaran anda tergiur dengan keuntungan yang besar anda jadi buta dengan resiko agrobisnis semangka. Resiko yang mungkin saja berlangsung yaitu serangan hama penyakit, serangan tikus, air tak mencukupi,dan lain-lain. Bagaimana cara mengatasinya? anda dapat mengorek informasi langkah menangani hama dari petani dilapangan, atau tenaga penyuluh dilapangan. 

Apakah anda tertarik menanam semangka?bila anda menginginkan belajar selanjutnya anda dapat segera terjun ke sawah menjumpai beberapa petani. Mereka begitu terbuka serta suka sekali sharing informasi.


Lihat juga : Penjualan polybag murah langsung dari Pabrik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar