Rabu, 10 Februari 2016

Keuntungan Berbinis Dengan Tanaman Cengkeh


 Cengkeh sudah jadi satu di antara komoditas unggulan Indonesia. Karena berikut cengkeh yang dimaksud tanaman asli negeri ini, banyak dibudidayakan di sebagian pelosok tempat Indonesia terutama di kepulauan Banda dan sekitarnya. Cengkeh bisa digunakan untuk banyak hal, satu diantaranya yakni sebagai bahan gabungan bumbu makanan, sebagai bahan baku minyak cengkeh, dan gabungan rokok kretek.

Saat ini cengkeh sudah menyebar dan rata, bisa dibuktikan di banyak daerah sudah mulai membudidayakan pembibitan pohon cengkeh karena peluang usaha di komoditi yang satu ini betul-betul begitu terbuka. Yups.. peluang usaha pembibitan cengkeh punyai prospek cerah karena tingginya keinginan yang ada.

Di Indonesia sendiri, umumnya ada tiga tipe cengkeh yang umum dibudidayakan, ketiga tipe itu yakni Zanzibar, Sikotok, dan cengkeh Siputih. Ketiga tipe cengkeh ini memiliki perbedaan dan mempunyai keunggulan masing-masing.

*Baca Juga Beberapa Keuntungan Budidaya Tanaman Jahe Dalam Polybag

Kesempatan Usaha Pembibitan Cengkeh
Saat ini, yang paling banyak dibudidayakan yakni cengkeh tipe Zanzibar dan Siputih yang memang yaitu cengkeh asli dan sudah turun temurun antar generasi. Terutama tipe cengkeh Zanzibar, produktivitas cengkeh tipe ini demikian tinggi. Bahkan pada panen pertama, apabila pohon cengkeh memiliki perawatan yang baik, bisa membawa hasil panen yang bagus, sekitaran 1/2 kilo cengkeh basah per pohon.

Anda tertarik untuk membudidayakan cengkeh karena anda telah saksikan peluang dan prospeknya kedepan? Jadi hal pertama yang butuh anda lakukan yakni selekasnya kerjakan pembibitan atau seandainya anda tidak pernah dan mempunyai dana lebih, Anda tinggal beli bibitnya saja. Atau mungkin saja lebih tertarik usaha bibit tanaman cengkeh, silakan tentukan mana yang lebih pas dengan Anda.

http://Mulsa99.com


Untuk kerjakan pembibitan cengkeh sendiri ada banyak langkah dan prosedur yang butuh anda cermati, diantaranya :
1. Prasyarat Perubahan Tanaman Cengkeh.
Tanaman Cengkeh dapat tumbuh lewat cara optimal pada ketinggian 300 – 600 mtr. dpal dengan suhu sekitaran 22°-30°C, serta curah hujan yang sekitar pada 1500-4500 mm/th.. Kondisi tanahnya yaitu tanah gembur dengan dalam solum minimum 2 mtr., tidak berpadas dengan pH optimal 5, 5 - 6, 5. Tanah tipe latosol, andosol dan podsolik merah baik untuk menjadikan perkebunan cengkih.

2. Sistem Pembibitan Tanaman Cengkeh
Silakan cermati langkah-langkahnya :
a. Buat bedengan untuk naungan dengan lebar 1- 1, 2 m dan panjang sama seperti kepentingan dengan arah membujur ke utara selatan. Kanan kiri bedengan di buat parit sedalam 20 cm dan lebar 50 cm. Diatas bedengan di buat naungan setinggi 1, 8 m dibagian timur dan 1, 2 m dibagian selatan, intensitas cahaya 75%.

*Kunjungi Link berikut Jenis Sayuran Organik Yang Mudah Ditanam di Tempat Tinggal

b. Benih dibenamkan pada media di polybag ukuran 15 cm x 20 cm (untuk bibit yang akan dipindahkan pada umur 1 th.) atau ukuran 20 cm x 25 cm (untuk bibit yang akan dipindahkan pada umur 2 th.) yang segi bawahnya telah dilubangi 2, 5 mm dengan jarak 2 x 2 cm. Media yang digunakan pasir halus, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1, dan berikanlah Alami GLIO per 20 25 kg pupuk kandang yang telah jadi dan diperam selama ± 2 minggu. Dan terlebih dulu bibit ditanam siram tanah dengan POC NASA 5 ml/lt air atau 0, 5 tutup per liter air. Lalu susun plastik polybag pada persemaian yang telah disiapkan.



c. Penyiraman ditangani 2 x dalam sehari. Penyiangan ditangani 2-3 kali dalam sebulan sesuai sama perubahan gulma. Intensitas naungan perlahan-lahan dikurangi lewat cara bertahap hingga tinggal 40% saat bibit dipindahkan ke lega.

d. Pemupukan dengan NPK ditangani dengan dosis 10 gr/pohon/th. atau mungkin saja dengan Urea, SP-36 dan KCl dengan dosis semasing 3, 5 gr/bibit/th.. Pupuk itu diberikan tiap-tiap 3 bln. sekali tengah untuk yang didalam polibag diberikan beberapa 1, 5 bln. sekali.
Sekian artikel mengenai Mengintip Prospek Usaha Pembibitan Tanaman Cengkeh.

Baca Juga Jual Polybag Berbagai Ukuran Dan Murah

Untuk kebutuhan plastik polybag percayakan pada kami. Tentang harga polybag silahkan sms/call:0877.0282.1277 - 08123.258.4950 - 0852.3392.5564.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar