Tips Saat Tak Punya Lahan Budidaya Tomat?

Distributor Plastik Polybag  Tanaman - Lim Corporation

Tomat digolongkan sebagai sayuran, walaupun mempunyai struktur buah. Tanaman tersebut bisa dibudidayakan dengan baik didataran rendah ataupun tinggi mulai dari 0-1500 meter dpl, tergantung dari varietasnya. Tanaman tomat menginginkan tanah yang subur dan gembur, dengan pH sekitar 5,5-7.

Di alam bebas pohon tomat serupa dengan perdu, ketinggiannya bisa setinggi 3 m. Tetapi setelah dibudidayakan tinggi tanaman ini tidak lebih dari 2 meter dan biasanya ditopang oleh ajir atau tali untuk menahan supaya tidak roboh.

Baca Juga :
Tomat dapat tumbuh dengan baik di berbagai media semisal lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau juga bisa di polybag. Nah, kali ini kami akan menerangakan tentang cara menanam tomat dengan tempat tanam polybag. Apabila ingin mengetahui cara bercocok tanam tomat skala besar di lahan terbuka baca juga panduan umum budidaya tomat.

Memilih Jenis Yang Akan Ditanam
Secara umum, orang - orang membedakan tomat dari bentuk buahnya. Ada empat golongan tomat yang dapat ditemuai di pasaran, Tomat buah atau juga bisa disebut tomat granola mempunyai bentuk bulat dan pangkalnya mendatar, Tomat gondol mempunyai bentuk lonjong sering dipakai sebagai bahan baku pembuatan sus, Tomat sayur mempunyai tekstur keras dan mempunyai rasa yang sedikit kecut, Tomat cherry berbentuk kecil dan mempunyai rasa yang manis & kecut.

Menanam tomat didalam polybag tak begitulah sulit. Langkah awal pemilihan jenis tomat dan varietas yang akan ditanam. Cocokan Lahan tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan dipakai, apalagi untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat.

Untuk memproleh hasil yang maksimal, pakailah benih yang unggul dan berasal dari sumber yang terpercaya. Benih tomat ada berbagai varietas bisa diproleh di toko-toko pertanian. Keterangan terkait sifat-sifat tanaman dapat dibaca pada label yang tertera dalam label kemasan benih.

Penyemaian benih tomat
Cara bertanam tomat dalam polybag lebih baiknya melalui tahap persemaian terlebih dahulu. Benih yang berupa biji terlebih dahulu harus disemaikan menjadi bibit tanaman. Langkah berikut dibutukan sebab benih yang baru tumbuh memerlukan perlakuan yang berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh besar.

Pertama - tama sediakan tempat dan media persemaian terlabih dahulu. Pilih tempat persemaian yang tidak terkena hujan dan sinar sang surya secara langsung. Media persemaian dapat bermacam-macam.

Bentuk persemaian dapat berupa bedengan, rak semai, atau juga bisa polybag semai. Sebagai persemaian dengan bedengan, buat larikan diatas bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larik 5 cm. Lalu tanam benih tomat pada setiap larik dengan jarak 3 cm, tutup permukaannya dan siram seperlunya.

Untuk persemaian yang memakai ploybag, isilah polybag dengan media persemaian. Bila tidak ada polybag bisa menggunakan daun pisang. Lalu pendam benih tomat sedalam 1 cm kedalam media tersebut. Lalu tutup permukaannya dan siram seperlunya, setiap polybag cukup diisi satu benih.

Sesuda benih disemaikan, kerjakan penyiraman setiap 2 x sehari dengan gembor yang halus. Berhati-hatilah saat melakukan penyiraman, jangan sampai merusak permukaan persemaian.

Pemupukan tambahan bisa dilakukan sesuda 2 minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau juga bisa pupuk NPK. Perawatan lain yang harus dikerjakan ialah penyiangan. Jangan sampai tumbuh gulma dalam area persemaian. Bibit tanaman tomat suda siap untuk dipindahkan dari tempat persemaian ke dalam polybag sesuda 30 hari atau sudah mempunyai setidaknya 3-5 helai daun.

Pemindahan bibit tomat
Sebelum bibit dipindahkan, sedikan media tanam dan polybag diisi dengan tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Terdapat dua cara untuk menanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag. Pertama, pindahkan bibit dengan cara mencabutnya. Caranya, siram persemaian dengan air supaya media tanam menjadi lunak. Kemudian cabut tanaman dengan hati-hati jangan sampai akar tanaman tertinggal atau rusak. Lalu masukkan tanaman berikut secara tegak lurus pada lubang tanam yang ada dalam polybag. Kondisi akar harus tegak lurus jangan sampai bengkok atau terlipat. Pastikan kedalaman lubang tanam cocok dengan panjang akar.

Kedua, pindahkan bibit dengan cara diputar. Caranya tanaman tomat diangkat terlebih dahulu dengan media yang ada disekelilingnya. Sebagai bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Lalu angkat dan pindahkan berserta dengan tanah-tanahnya.

Untuk bibit dalam polybag semai, sobek atau juga tarik plastik polybag semai lalu pindahkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih besar. Polybag semai dari plastik bisa dipakai berulang-ulang.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Pemeliharaan dan perawatan
Pemeliharaan tanaman tomat d polybag atau pot relatif mudah. Kesehatan tanaman lebih diperhatikan dan lebih terkontrol sebab terhindar dari penularan penyakit lewat akar. Jaga agar media tanam tidak terlalu kering. Lakukan penyiraman setidaknya 2 x sehari, namun jangan terlalu basah, hal ini untuk menghindari pembusuk pada akar.

Siangi gulma yang terdapat dalam polybag secara teratur. Jika ada tanaman yang layu atau mati, cabut segera dan buang media tanamnya supaya tak menulari tanaman lain. Perawatan lainnya yang dibutukan ialah pemangkasan tunas dan pemberian ajir untuk penopang tanaman.

Pupuk tanaman sesuda 7 hati dengan kompos sebanyak satu genggam untuk setiap polybag. Kerjakan penambahan pupuk kompos secara rutin perbulan bulan, atau juga bisa dilakukan pada saat tanaman terlihat kurang subur. Jika tanaman akan berbuah bisa ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama dan peyakit tanaman tomat lumayan banyak. Jika terlihat ada serangan hama, ambil hama berikut secara manual (dengan tangan). Buang daun atau batang yang rusak yang suda terkena hama tadi. Penyemprotan hendaknya kerjakan jika benar-benar diperlukan. Supaya lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan berguna pestisida organik yang lebih alami. 

Pemanenan
Tanaman tomat dalam polybag suda bisa dipanen sesuda mencapai umur 3 bulan, tergantung dari varietasnya. Kriteria buah tomat yang telah siap dipanen ialah yang mempunyai warna yang berubah warng dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun terlihat kering dan batang menguning. Pemetikan dikerjakan pada buah yang telah matang saja.

Buah tomat tak matang secara bersamaan. Kerjakan pemetikan 3 hari sekali, jangan terlalu rapat untuk menghindari kerusakan tanaman. Proses pemetikan yang paling sesuai adalah pada pagi dan sore hari, saat sinar matahari tak terlalu terik. Itulah uraian singkat tenang cara menanam tomat dalam polybag.


jual polybag murah
* Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk penanaman cabai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admni 2 / Admin 3

CATATAN :
- Minimal order 300 kg per ukuran
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama