Langkah Tepat Menanam Lidah Buaya dalam Polybag

Langkah Tepat Menanam Lidah Buaya dalam Polybag

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Lidah buaya adalah tanaman yang banyak sekali mengandung manfaat. Di antara salah satunya manfaat lidah buaya biasanya adalah untuk kesehatan dan kecantikan. 

Serta menjadikan rambut anda tumbuh lebat, menjadikan kulit wajah sehat, menghilangkan ketombe di kulit kepala, bahkan meredakan luka. Tidak hanya dalam kesehatan dan kecantikan, tanaman yang memiliki nama lain Aloe vera ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti dijadikan jus atau olahan lainnya.

Nah, jika Sobat tertarik menanam lidah buaya di pekarangan rumah, bisa ikuti tips menanam lidah buaya di polybag.

1. Menyiapkan Polybag

Untuk menanam lidah buaya dalam polybag, bisa anda gunakan polybag ukuran kecil, sedang, maupun besar. Sebagai saran pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Bunda. Akan tetapi disarankan untuk memilih polybag dengan ukuran sedang sampai besar yang mempunyai diameter kira-kira 20 cm, supaya nantinya bagus untuk pertumbuhan sang lidah buaya.

Jika pekarangan Bunda relatif kecil, dianjurkan memakai polybag sedang. Sebab bila memakai polybag ukuran besar, karena itu Bunda tidak dapat menanam lidah buaya dalam jumlah banyak.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam untuk menanam lidah buaya ialah tanah yang kering. Tanaman lidah buaya sedikit tidak sama dengan tanaman tipe lain, yang umumnya memerlukan tanah basah untuk media tanam. Sesaat lidah buaya memakai tanah kering.

Bunda dapat juga memakai tanah kombinasi, yaitu tanah kering yang digabung dengan pupuk kandang. Kecuali dengan pupuk kandang, juga bisa memakai kombinasi tanah dengan batu apung, perlit, dan lain-lain. Yang penting Bunda tahu, tanda-tanda dari tanaman lidah buaya yang sehat dapat disaksikan dari jumlahnya tunas yang tumbuh.

3. Langkah Menanam

a. Tanamlah tanaman lidah buaya yang masih anakan atau yang ukurannya masih kecil. Pilih kualitas unggul, yang dapat disaksikan dari memiliki bentuk yang fresh serta tanpa bintik atau vlek hitam pada daunnya.

b. Tusukkan lidah buaya anakan ke media tanam di polybag.

c. Yang penting Bunda lihat ialah saat menanamkan ke polybag, tidak dianjurkan untuk menanamkan begitu dalam atau begitu dangkal. Ini dapat mengakibatkan lidah buaya busuk, atau gampang ambruk.

4. Waktu Penyiraman

Bunda perlu tahu , tanaman lidah buaya tidak menyenangi air. Maka janganlah menyirami kebanyakan air ke tanaman sebab mengakibatkan lidah buaya nanti cepat busuk. Siram saja seperlunya.

BACA JUGA:

Cara Menanam Strawberry di Polybag, Mudah dan Cepat Berbuah

Pegiat Kebun Wajib Tahu, Begini Tips Cerdas Merawat Tanaman Mawar

Lindungi Tanaman Anda dari 7 Hama Tanaman dan Berikut Cara Membasminya!

Tekankan ada lubang drainase pada pot tanaman, maksudnya supaya air berlebihan saat penyiraman dapat terbuang melalui lubang drainase.

5. Tehnik Perawatan

Ada dua hal yang perlu Bunda lihat, yaitu berkaitan pemupukan serta perawatan. Untuk pupuk, Bunda dapat beri pupuk npk atau tipe pupuk organik yang lain. Beri pupuk itu sekitar 2 gr/polybag tiap dua minggu sekali.

Sesaat untuk perawatan, lihat penyinaran yang tentang lidah buaya. Tekankan lidah buaya terserang cahaya matahari dengan cara langsung, dan juga jangan sering sebab nanti dapat menghancurkan tanaman. Ciri tanaman lidah buaya yang sering terserang cahaya matahari ialah timbulnya bintik coklat pada daun, dan daun beralih warna jadi oranye.

6. Langkah Panen

Lidah buaya bisa dipanen waktu berumur enam bulan. Tetapi umumnya, beberapa orang lakukan panen waktu lidah buaya berumur 7 bulan. Bunda dapat memanen dengan menuai daun yang sangat luar dengan memakai pisau atau cutter.

Yup, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama