Jangan Asal Tanam, Begini Cara Tepat Budidaya Tanaman Lidah Buaya di Polybag

Cara Tepat Budidaya Tanaman Lida Buaya
Halo, salam sejahtera untuk semua! Kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai cara tepat budidaya tanaman lida buaya di polybag. Tempat tanam yang terbatas bukan jadi permasalahan untuk Anda yang tertarik untuk menanam lidah buaya. Saat ini Anda bisa menanam lidah buaya dengan mudah menggunakan polybag. Anda bisa menanam lidah buaya di tempat yang terbatas.

Menanam lidah buaya dalam polybag akan membuat Anda bertambah mudah dalam soal pemeliharaannya. Anda tak perlu ridau lagi dengan perkembangan dari tumbuhan lidah buaya Anda karena lidah buaya bisa tumbuh secara baik meskipun di polybag. Anda bisa manfaatkan tanah yang Anda punya dan menggunakan cara ini buat meningkatkan lidah buaya.

Cara menanam lidah buaya didalam polybag sendiri tidaklah terlalu sulit, Anda dapat memulainya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Memilih Media Tanam

Buat menanam lidah buaya Anda bisa menggunakan media tanam Polybag hingga bisa membudidayakan tanaman ini pada tempat yang sempit. Untuk ukuran polybag pada intinya semakin besar ukuran polybag semakin bagus untuk perkembangan tanaman lidah buaya. Namun, biasanya semakin besar ukuran polybag semakin mahal harga. Oleh karenanya disarankan untuk Anda menggunakan polybag dengan ukuran 20 cm.

Untuk isi media tanam Anda harus memakai media tanam dengan kualitas yang bagus serta baik, agar lidah buaya bisa tumbuh dengan cara optimal. Anda bisa menggunakan media tanam yang terbagi dalam kombinasi pasir, tanah dan pupuk kandang. Campurlah ke-3 bahan itu dengan menggunakan perbandingan 2:1:1.

2. Pembibitan & Penanaman

Pembibitan tanaman lidah buaya bisa dikerjakan dengan cara vegetatif yakni dengan cara mengambil anakan yang masih melekat pada bagian induk. Cara mengambilnya dapat dikerjakan dengan cara mencongkel serta memisahkan anak tanaman tersebut dari indukannya. Saat memisahkan bibit ambil hingga akarnya serta jangan sampai akarnya putus. Tanaman tersebut selanjutnya di tanam pada media tanam polybag.

BACA JUGA:
- Suka Berkebun? Yuk Coba 7 Profesi Menarik di Bidang Pertanian Ini!
- Cara Terbaru Saat Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Petani Ikan Wajib Tahu
- Zaman Semakin Canggih, Ini 7 Aplikasi Pintar Untuk Membantu Petani di Indonesia

Anakan lidah buaya dapat dijadikan bibit dengan waktu pembibitan berkisar 3 hingga 5 bulan yang selanjutnya dipindah ke media tanam ataupun dapat juga langsung ditanam pada media tanam. Cara menanam tanaman lidah buaya sama dengan tanaman yang lain yaitu dengan memasukan akar lidah buaya pada lubang tanam. Jangan terlalu dalam sebab dapat terjadi pembusukan ataupun terlalu dangkal sehingga gampang roboh. Keadaan idealnya dapat menanam lidah buaya dengan kedalaman sekitar 10 cm. Saat menanam lidah buaya kerjakan dengan hati-hati supaya tak patah ataupun bibit terhimpit.

3. Perawatan Tanaman

- Pemupukan

Tujuan dari dilakukannya pemupukan ialah untuk mencukupi kebutuhan asupan kalium serta unsur-unsur nitrogen untuk pertumbuhan vegetatif tanaman serta pembentukan zat hijau serta juga jaringan tanaman. Pemupukan tanaman ini umumnya dilakukan ketika tanaman berusia 3-4 bulan dan sesudah selesai masa panen. Anda dapat memakai pupuk jenis urea, TSP serta KCL dengan dosis 1:1:1/2. Untuk banyaknya pupuk menyesuaikan besarnya polybag.

Tak hanya pupuk buatan pula harus diberikan pupuk organik dalam bentuk pupuk kandang guna memperbaiki jaringan tanah. Dianjurkan untuk memakai pupuk kandang dari kotoran sapi sebab mengandung banyak unsur hara serta pula nitrogen.

- Pembumbunan & Penyobekan
Waktu tanaman lidah buaya berumur 3 bulan lakukan pembumbunan dengan meninggikan pemadatan tanah yang ada di sekitar tangkai tanaman. Hal itu ditangani untuk memperkokoh tanaman dan juga menggemburkan tanah hingga tanaman bisa dengan mudah menghisap makanan. Buat lidah buaya yang ditanam di tempat pada saat proses ini biasanya ditangani juga pengaturan gulma.

Pada proses ini Anda juga perlu kerjakan penyobekan pada tanaman yaitu memisahkan tanaman lidah buaya yang memiliki banyak anakan, kecuali buat pastikan tanaman lidah buaya mendapatkan konsumsi makanan yang cukup. Disamping itu anakan yang dipisah bisa Anda dibuat bibit buat ditanam kembali lagi di tempat yang lain.

4. Pemanenan Tanaman

Tanaman lidah buaya sudah bisa dipanen waktu berumur seputar enam bulan. Tetapi, biasanya tanaman ini dipanen waktu berusia genap satu tahun serta ditangani dengan cara terus-terusan setiap bulannya. Sisi yang dipanen adalah daun paling luar yang telah tua dengan menggunakan pisau yang tajam. Pelepah daun itu setelah itu dibawa ke tempat penyortiran buat diolah selanjutnya lagi.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama