Cara Menanam Strawberry di Polybag, Mudah dan Cepat Berbuah

Cara Mudah Menanam Strawberry

Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal cara menanam strawberry di polybag. Langkah menanam strawberry di polybag benar-benar dapat dilaksanakan dipekarangan rumah serta jadi salah satunya favourite buat tiap orang yang ingin bercocok tanam. 

Buah strawberry datang dari Amerika Latin ini fresh saat dibikin olahan minuman atau kombinasi kue. Salah satunya tipe spesies dari tanaman Strawberry ialah Fragaria chiloensis L yang menebar ke beberapa negara Amerika, Eropa serta Asia.

Sejauh ini warga salah mendefinisikan buah strawberry. Buah memiliki warna merah berupa kerucut dengan rasa asam manis ialah reseptakel atau jaringan fundamen bunga yang alami pembesaran. Disamping itu, buah sebetulnya ialah biji-biji kecil atau buah kerdil yang memiliki warna putih yang disebutkan achene. Achene ini melekat pada reseptakel.

Ketentuan Tumbuh Tanaman Strawberry

  • Wilayah tumbuh yang diperlukan minimal mempunyai ketinggian lebih dari 600 mdpl.
  • Temperatur udara tidak panas, yakni sekitar 22 – 25° C di siang hari serta 14 – 18° C saat malam hari. Kelembapan sekitar 80 – 89%.
  • Menyenangi pencahayaan penuh semasa 8 – 10 jam satu hari.

Langkah Menanam Strawberry di Polybag Ditanggung Cepat Berbuah

Sekarang, menanam strawberry bisa ditanam di wadah terbatas, seperti polybag atau karung. Tetapi harus diingat, lingkungan serta proses penanaman harus sesuai dengan habitat tumbuhnya. Di bawah ini adalah tutorial langkah menanam strawberry supaya tumbuh subur serta cepat berbuah:

Penyeleksian Bibit serta Proses Penyemaian Benih Strawberry

Langkah menanam strawberry di poybag dari benih bisa didapat dengan generatif serta vegetatif. Berikut penuturannya:

  • Perbanyakan generatif yang disebut ialah memakai benih strawberry yang dapat didapat di toko pertanian. Setelah itu, benih disemai sampai menumbuhkan beberapa helai daun. Kemudian, alihkan bibit ke pot atau poybag.
  • Perbanyakan vegetatif dilaksanakan dengan anakan serta membelah stolon. Stolon adalah ekstensi tunas yang tumbuh dengan cara horisontal. Disamping itu, anakan adalah rumpun dari tanaman induk yang dapat dibagi. Anakan serta stolon ini setelah itu ditanam di media serta wadah yang baru.

Tingkatan Persiapan Media Menanam Strawberry

Untuk cara setelah itu yang penting diingat ialah persiapan media tanam yang pas untuk tanaman strawberry.

Beberapa alat serta bahan yang bisa mendukung proses persiapan media tanam,

  • Pasir
  • Kompos
  • Poybag ukuran sedang atau besar
  • Pupuk Organik GDM Granule SAME serta GDM Black Bos
  • Centong tanah

Formasi Media Tanam serta Proses Menanam Strawberry Di Poybag

Cara selanjutnya dulur akaan lakukan proses penanaman bibit strawberry, tetapi awalnya tekankan untuk lakukan formasi yang pas.

Berikut tingkatan yang pas untuk penanaman bibit strawberry yang dulur dapat pratekkan:

1. Masukan media tanam berbentuk pasir, kompos, serta tanah dengan perbandingan 1:2:3 dan aplikasi GDM SAME sekitar 50 gr per poybag dam lautkan GDM Black BOS dengan perbandingan 1:100 liter selanjutnya mengambil 250 ml/poybag kocor pada tanah tekankan situasi tanah lembab atau basah.

2. Dulur dapat membuat empat lubang dibagian pinggir media tanam dengan jarak antarlubang seputar 20 cm.

3. Selanjutnya dulur bisa melepas bungkus polibag pada bibit strawberry, lantas tanam di ke-4 lubang yang sudah disiapkan awalnya.

4. Kemudian, kerjakan penyiraman di media tanam memakai air sesuai dengan keperluan, selanjutnya letakkan tanaman dalam tempat terbuka yang mendapatkan penerangan yang cukup. Waktu menanam lebih satu poybag, cocokkan jarak di antara poybag seputar 40 cm.

5. Derajat pH tanah yang bagus untuk menanam strawberry di kebun ialah 5.4 – 7.0, sedang untuk budidaya di poybag ialah 6.5 – 7,0.

6. Bila ditanam di kebun karena itu kedalaman air tanah yang diisyaratkan ialah 50 – 100 cm dari permukaan tanah. Bila menanam strawberry di poybag, media harus mempunyai karakter kutub yakni gampang merembeskan air serta faktor hara selalu harus ada.

Perawatan Teratur Menanam Strawberry Di Polyabg

Kesuksesan dalam menanam strawberry dalam poybag pasti harus disertai dengan proses perawatan yang pas.

Diantaranya dengan lakukan proses perawatan tanaman strawberry yang pas, berikut stepnya:

Penyiraman

Tanaman strawberry termasuk juga tanaman yang tidak tahan kering. Karena itu, seharusnya penyiraman dilaksanakan dengan cara teratur 2x satu hari, khususnya pada musim kemarau. Bila masuk musim penghujan, penyiraman dilaksanakan saat media tanam nampak kering.

Pemupukan

Untuk proses pemupukan dalam menanam strawberry di polybag dengan Pupuk Organik Cair GDM Ahli Buah-buahan dengan ukuran jumlah 500 ml/tangka. 

Selanjutnya dulur bisa menyirami pada tanah satu minggu sekali dan terapkan Bio Organik Granule GDM SAME sekitar 3 sendok per polybag. 

BACA JUGA:

Cara Budidaya Cabai Merah Dengan Baik & Benar

Mengenal Buah Tin, Asal Usul, dan Manfaatnya untuk Tubuh

Bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Paranet? Yuk Mengenal Paranet Beserta Fungsinya

Setelah itu larutkan GDM Black BOS dengan perbandingan 1:100 liter selanjutnya mengambil 250 ml/polybag kocor pada tanah tekankan situasi tanah lembab serta basah kerjakan satu bulan sekali.

Arah pemakaian GDM SAME serta GDM Black Bos untuk menahan pembusukan pada akar serta buah strawberry yang dikarenakan oleh bakteri tular tanah. Kecuali Itu pemakaian POC GDM Ahli Buah-buahan untuk menghasikan Hormon untuk tingkatkan perkembangan tanaman, tingkatkan tinggi & besar tangkai tanaman serta dapat tingkatkan jumlah serta luas daun yang dibuat dari bakteri premium Bacillus pumillus.

Pemotongan

Pemotongan pada tanaman strawberry berlaku pada tiga sisi tanaman, yaitu daun, stolon, serta bunga. Pemotongan daun dilaksanakan bila daun begitu rimbun atau daun terkena penyakit.

Arah pemotongan daun untuk mengefisienkan tanaman dalam lakukan fotosintesis, dan tingkatkan kualitas serta jumlah hasil panen.

Pemotongan stolon mempunyai tujuan untuk tingkatkan produktivitas tanaman. Perlakuan ini umumnya diaplikasikan pada penanaman strawberry dengan tehnik hidroponik serta wadah karung (polibag).

Pemotongan bunga pada strawberry perlu dilaksanakan. Masalahnya bunga strawberry tumbuh berumpun. Bunga yang dijaga seharusnya cuma bunga primer, sekunder, serta tersier. Kecuali bunga itu seharusnya dipotong hanya karena membuahkan buah memiliki ukuran kecil.

Hama yang Umum Menggempur

Kutu daun

Tanda-tanda : puncak atau daun kerutan, keriting, pembangunan bunga atau buah terhalang.

Tungau

Tanda-tanda : Ada bintik kuning sampai coklat, keriting, jadi kering serta luruh pada daun.

Nematoda

Tanda-tanda : Tanaman tumbuh kerdil, batang daun kurus serta kurang berbulu.

Kutu putih

Tanda-tanda : Sisi tanaman yang ditutupi kutu putih bisa menjadi abnormal.

Pergantian Media serta Penyiangan

Pergantian media menanam strawberry di polyabg harus selekasnya dilaksanakan bila media telah nampak memadat, akar keluar banyak dari wadah tanam, serta perkembangan tanaman melamban, serta tidak ingin berbunga. Formasi media yang dipakai sama juga dengan media awalnya.

Karena tanaman strawberry susah berkompetisi dengan gulma, karena itu penyiangan mutlak dibutuhkan.

Triknya, dulur dapat mengambil serta buang gulma yang tumbuh di seputar tanaman strawberry sekerap kemungkinan. Masalahnya kecuali untuk inang buat hama serta penyakit, gulma dapat juga mengganggu perkembangan tanaman.

Proses Pemanenan Buah Strawberry

Dalam tingkatan akhir proses menanam strawberry di poybag karena itu tanaman strawberry yang dari anakan serta stolon mulai berbunga saat berusia 2 bulan sesudah tanam. Tapi, bunga pertama lebih bagus dibuang.

Sesudah tanaman berusia 4 bulan, baru selanjutnya bunga didiamkan tumbuh jadi buah. Periode pembungaan serta pembuahan akan berjalan semasa dua tahun tiada henti bila tidak ada permasalahan.

Ciri ciri buah strawberry yang siap panen diantaranya:

  • Buah telah cukup kenyal serta cukup empuk, kulit buah didominasi warna merah, hijau kemerahan sampai kuning kemerahan
  • Buah berumur dua minggu semenjak pembungaan atau 10 hari semenjak awal pembangunan buah.

Langkah memanen buah strawberry sampai penyimpanannya berikut stepnya:

  • Dulur dapat melakukan dengan menggunting sisi batang bunga dengan kelopaknya. Panen dilaksanakan 2x satu minggu. Selanjutnya buah disimpan pada suatu wadah dengan berhati-hati supaya tidak memar, taruh dalam tempat teduh atau langsung dibawa ke tempat penampungan hasil.
  • Hamparkan buah di atas lantai beralas terpal atau plastik. Bersihkan buah strawberry dengan air bersih serta mengalir lantas keringkan di atas rak-rak penyimpanan.

Demikian Info tentang langkah menanam strawberry di polyabg, supaya dapat tumbuh dengan maksimal serta berbuah dengan lebat tekankan dulur memakai gabungan produk Pupuk Organik GDM .

Nah, Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama