Cara Menanam Tomat Dengan Mudah di Dalam Polybag

Tanam tomat dengan polybag
Hai, apa kabar? Berjumpa kembali dengan penulis. Artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara praktis pembibitan tomat dengan polybag. Tidak ada tempat luas, tempat sempit juga dapat berkebun tomat seperti menanam tomat di polybag atau pot. Budidaya tomat di polybag atau pot ialah langkah pintar manfaatkan kasusngan sempit atau tempat terbatas.

Meskipun menanam tomat dalam polybag, bisa memberi hasil yang melimpah bila tehnik budidayanya dilaksanakan secara benar. Oleh karenanya, sesaat akan menanam tomat, seharusnya kita pahami serta membaca petujuk ringkas mengenai bagaimanakah cara menanam tomat di polybag atau pot.

Ada yang telah menanam tomat di polybag walaupub tidak pahami langkah menanam tomat. Karena itu tomat tidak produktif. Banyak bunga yang rontok, buahnya juga kecil-kecil serta tanaman tumbuh kerdil.

Cukup banyak yang sedih serta mempersalahkan situasi tumbuh tomat kemungkinan tidak sesuai dengan harus wilayah dingin atau sejuk. Ada pula yang bingung apa pupuk tomat di polybag yang pas serta fakta-alasan yang lain. Walau sebenarnya, semua sebab belum mengaplikasikan langkah menanam tomat yang betul.

Menanam Tomat Di Polybag Cocokkan Dengan Situasi Tumbuh

Jika lihat ketentuan tumbuh komoditas tomat sebetulnya tomat bisa hidup nyaris di semua tempat, baik di dataran tinggi atau di dataran rendah. Jadi, jika menanam tomat dalam polybag atau pot tidak optimal buahnya, bukan lantaran ketinggian tempat. Ada kriteria lain kemungkinan belum tercukupi. Yuk kita lanjut, apa ketentuan yang lain.

Seandainya tanah gembur, drainase okay, cukup faktor haranya, serta kelembapan tanah masih terbangun, tanaman tomat berkembang dan tumbuh secara baik. Tetapi, tanaman tomat menginginkan ada pencahayaan yang cukup agar membuahkan karbohidrat hingga bunga serta buahnya banyak.

Sudahkah Anda menanam tomat di polybag sesuai situasi tumbuhnya" Apa tanaman tomat mendapatkan sinar matahari yang cukup minimum 6 jam, khususnya matahari pagi? Atau telah cukupkah faktor hara dengan memberikan pupuk tanaman tomat yang sesuai dengan tipe, jumlah serta saatnya?

Baik, silahkan kita mulai dengan lembaran baru untuk menumbuhkan atau menanam tomat di polybag atau pot. Karena, dengan ketahui panduan/langkah menanam tomat di polybag, karena itu tanaman akan tumbuh subur mulai waktu vegetatif sampai masuk babak generatif (masa berbuah).

Tingkatan Budidaya Tomat Di Polybag

Ada tahapan-tahapan yang penting mendapatkan perhatian saat mengawali budidaya tomat di polybag. Tingkatan menanam tomat yang disebut ialah mulai pembibitan, pemrosesan tanah/media tanam, penanaman, perawatan, pengaturan hama serta penyakit serta s/d tingkatan panen. Pada umumnya, kita lihat beberapa tahapan ini hampir serupa dengan menanam tomat di tempat yang luas.

Tetapi, yang namanya menanam tomat dalam wadah terbatas, perlakuannya masih ada yang tidak sama. Menanam tomat di polybag tak perlu bedengan, tapi perlu mengolah media tanam untuk dimasukkan dalam polybag.

Demikian pula dengan jarak tanam tomat, tomat di polybag dapat kita mengatur sesuai dengan dengan kekurangan tempat yang ada. Jadi, ada ketidaksamaan-perbedaan spesifik di antara budidaya tomat di kebun/sawah dengan tehnik tanam tomat di pot atau polybag.

Menanam Tomat Di Polybag Perlu Mempersiapkan Benih Serta Penyemaiannya

Benih tomat yang akan dibuat bibit untuk menanam tomat di polybag pasti harus didapatkan dari induk yang sehat serta bebas penyakit. Benih dapat juga didapat dengan beli di toko pertanian.


Sediakan Benih Tomat

Serius ingin menanam tomat? Belilah benih tomat varietas unggul. Tetapi, berharap jadi perhatian paket benih seperti tanggal kadaluarsa, izin produksi, serta daya tumbuh. Pokoknya, belilah benih dalam paket yang legal serta terjaga kualitasnya.

Keperluan benih tomat untuk ditanam di polybag sesuai dengan jumlah polybag atau pot. Masing masing polybag akan ditanam nanti dengan satu bibit tomat.

Jadi, jika daya tumbuh benih tomat 90%, karena itu keperluan benih harus ditambah 10% lagi dari jumlah polybag yang telah disediakan. Jika keperluan benih tomat untuk tanam di tempat umumnya 100 – 150 gr per hektar.

Sikapkan Benih Tomat Sebelum Semai

Bagaimanakah cara semai benih tomat agar cepat tumbuh? Sebelum disemai, benih tomat dicelup terlebih dulu di air hangat semasa 30 menit sampai 1 jam Selanjutnya pisahkan benih yang mengambang serta yang terbenam. Mengambil benih tomat yang terbenam saja. Lalu semai dalam tempat persemaian.nantikan dahulu. Kita bikin media persemaian dahulu seperti berikut ini.

Mempersiapkan Media/Wadah Semai Benih Tomat

Seharusnya, benih tomat yang akan ditanam dalam polybag disemai terlebih dulu.Tempatpersemaian benih tomat banyak pilihannya seperti bedengan, kotak kayu, polybag besar, polybag kecil, gelas air mineral sisa, planter bag, serta yang lain.Kita pilih contoh wadah semai benih dalam ostingan langkah menanam tomatdi polybag dua saja, yakni kotak kayu serta gelas air mineral sisa.

Pilihan pertama menyemai benih dalam kotak kayu ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm. Campur tanah serta pupuk kandang 1:1 serta aduk dengan cara rata. Masukan kombinasi mediasemai itu ke kotak kayu sampai ketinggian 3/4 saja. Siram sampai lembab media semai itu. Setelah itu, tebar benih dengan cara jarang-jarang 3-5 cm jarak setiap benih. Tutup dengan tanah tipis saja di atasnya. Serta tutup lagi dengan daun pisang atau daun kelapa atau kertas koran. Dalam tempo 3-4 hari
benih tomat telah mulai berkecambah.

Pilihan ke-2 menyemai benih dalam gelas air mineral sisa Masukan media semai kombinasi tanah serta pupuk kandang sampai ¾ gelas serta siram. Masukan satu benih tomat setiap gelas pas di tengahnya dengan kedalaman 3 mm. Tutup dengan tanah dengan cara tipissaja.

Sesudah tumbuh bibit tomat tumbuh daun 4-5 helai atau dalam tempo 30 hari sesudah semai, bibit tomat dapat ditanam dalam polybag atau pot besar.


Ukuran Polybag/Pot Untuk Menanam Tomat

Pilihlahpolybag atau pot yang ukurannya cukup besar untuk berkebun tomat. Ini agardapat memuat media tanam, nutrisi yang maksimal, serta perkembangan akar tomat di polybag. Ukuran polybag supaya membuahkan tomat yang banyak dipakai polybag minimum yang dengan diameter 30-35 cm. Selain itu, tekankan polybag untuk menanam tomat atau wadah yang lain yang dipakai bermutu hingga tidak gampang sobek/pecah.

Media Tanam Tomat Di Dolybag

Menanam tomat di polybag harus disiapkan media tanam yang bermutu. Media tanam tomat di polybag harus ada faktor hara, gembur, kutub, serta drainase yang lancar.

Oleh karenanya, ramulah media tanam tomat terbagi dalam tanah gembur, pupuk kompos, serta arang sekam dengan perbandingan 2:1;1 serta imbuhkan NPK 16:16:16 yang telah dihaluskan sekitar 2 gr per polybag/pot. Aduk sampai rata. Paling akhir, masukan media tanam itu ke polybag atau pot setengahnya saja.

Setengahnya lagi akan ditambah lagi dengan cara setahap nanti ikuti perkembangan tanaman tomat di polybag (melihat di pemupukan di bawah). Oh, iya, diamkan media tanam yang sudah diisi dalam polybag atau pot semasa satu minggu sebelum tanam supaya
media tanam semakin solid.

Menanam Tomat Di Polybag

Langkah menanamtomat di polybag atau langkah mengalihkan bibit tomat ke media tanam dalam polybag benar-benar gampang. Bila bibit dari media semai kotak kayu, cungkil bibit. Upayakan bibit yang dicungkil ada tanah yang menempel bersama-sama akarnya. Bila bibit dari media semai gelas air mineral sisa, mengeluarkan bibit dan media semainya,berhati-hati jangan rusak media semai dengan perakaran.

Setelah itu,buat lubang tanam pas ditengah-tengah media tanam di polybag. Masukan bibit tomat dengan cara perlahan ke lubang serta tutup dengan tanah. Padatkan media tumbuh di sekitarnya supaya bibit tomat tidak labil. Selanjutnya bibit tomat yang sudah ditanam di polybag janganlah lupa disiram seperlunya. Letakkan polybag atau pot pada ruang yang terserang cahaya matahari.

Perawatan Tomat Di Polybag

Supaya tanaman tomat di polybag tumbuh subur serta memberi hasil yang melimpah atau berbuah banyak, perawatan tanaman tomat di polybag perlu dilaksanakan. Siram tanaman tomat dengan teratur. Sekalian menyirami, lihat mana bibit yang tidak tumbuh.Tanaman tomat yang tidak tumbuh sesudah 7 hari tanam, selekasnya dianyam dengan bibit lain. Karena itu, upayakan bibit untuk penyulaman harus ada atau adastok bibit.

Walaupunmenanam tomat pada media polybag, kerjakan penyiangan bila tumbuh gulma supaya tidakterjadi persaingan perebutan nutrisi tanaman tomat dengan rumput-rumput di sekelilingnya. Ini salah satunya perhatian yang perlu dilaksanakan supaya tomat tumbuh sehat, daun-daun
hijau, serta buahnya banyak dan sangat besar.

Tunas-tunas air atau tunas liar serta tidak produktif supaya dilaksanakan perempelan tunas. Pekerjaan perompesan tunas tomat harusnya dilaksanakan semenjak tanaman tomat telah mulai berkembang tunas di ketiak daunnya. Kerjakan perempelan tunas sampai seringkali.Meninggalkan 2-3 cabang penting saja.

Setelah itu penempatan ajir. Walau menanam tomat di polybag, penempatan ajir masih dibutuhkan. Karena, tanaman tomat tumbuhnya tinggi sampai 1 mtr. semakin
serta buahnya yang berat. Dengan ada ajir, maka dapat menyokong atau menyokong tanaman tomat. Ajir dapat memakai bambu dengan ketinggiannya 1,5 mtr. atau bisa lebih sesuai ketinggian tanaman tomat. Ikat tanaman tomat serta ajir dengan cara longgar supaya tangkai tomat bisa tumbuh tanpa ada terusik.

Satu hal lagi yang benar-benar tentukan produktivitas tanaman tomat di polybag ialah pemupukan. Pemupukan harus diberi dalam tempo, tipe serta jumlah yang pas. Kita ulas pupuk dengan cara spesial berikut ini.

Pemupukan Tomat Di Polybag

Panduan pemupukan tomat yang ditanam dalam polybag tidak sama yang ditanam di tempat. Pupuk yang diterapkan untuk tomat dalam polybag dapat pupuk organik saja serta bisa gabungan. Penulis memakai langkah pemupukan tomat dengan gabungan pupuk kompos + tanah gembur + NPK.

Pada usia tomat dalam pot atau di polybag 15 hari sesudah tanam, beri pupuk NPK 16:16:16 sekitar 2,5 gr per tanaman tomat. Letakkan pupuk NPK di sekitar pangkal tanaman dengan jarak 10 cm dari tangkai. Selanjutnya tutup dengan kombinasi pupuk kompos serta tanah gembur (teratas soil) dengan perbandingan 2:1.

Sebab tambahan media tumbuh tomat di polybag dengan cara setahap, karena itu pada step pertama ini kombinasi tanah serta kompos ditambah sampai ketinggian 3/4 tinggi polybag.

Pemupukan tomat di polybag setelah itu dilaksanakan pada usia tomat 30 hari sesudah tanam (HST). Jumlah pupuk NPK diberi sekitar 5 gr per polybag/pot. Triknya sama dengan pemupukan pada step pertama yang diiringi dengan tambahan kombinasi tanah serta kompos.

Walau begitu, altenatif lain pemupukan tomat di polybag juga bisa dengan pengocoran. Jumlah serta saatnya masih sama serta diiringi dengan pembumbunan dengan kombinasi tanah serta kompos.

Pada usia tanaman tomat di polybag telah masuk babak generatif atau pada umur 45 hari, beri pupuk organik cair (POC) yang memiliki kandungan faktor hara N, P, K serta faktor mikro dan mikroorganisme. Siram sesuai jumlah saran.

Pengaturan Hama Serta Penyakit Tomat Di Polybag

Pada umumnya, hampir tidak ada gempuran hama serta penyakit pada tanaman tomat yang dibudidaya di polybag di kasusngan rumah. Ditambah lagi, kebersihan media tumbuh serta lingkungan yang bersih dari semak-semak, karena itu tanaman tomat di polybag aman dari gempuran organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti serangga serta penyakit yang lain.

Baca Juga
Ingin Budidaya Alpukat di Dalam Polybag? Ini Dia Caranya
Kupas Tuntas EM4, dari Pengertian Hingga Cara Membuatnya Sendiri!
Hebat, Ini 10 Contoh Tanaman Hortikultura yang Harus Anda Tau!

Distributor plastik polybag terpercaya 
Meskipun demikian, bila ada hama serta penyakit yang mengganggu tanaman tomat di polybag, bertindak pintar, yakni kontrol dengan mekanis serta memakai pestisida organik supaya buah tomat aman dikonsumsi serta tidak mencemarkan lingkungan.
Panen Tomat Di Polybag

Tanaman tomat yang ditingkatkan di polybag atau pot dapat dipanen mulai umur 2 bulan atau semakin sedikit. Waktu ini benar-benar dikuasai pada pas tidaknya ikuti mekanisme atau panduan ringkas menanam tomat di polybag.

Pertanda buah tomat bisa dipanen bila telah nampak perkembangan warna dari hijau jadi kuning kemerahan atau seputar 30% telah masak. Langkah panen tomat benar-benar gampang, yakni dengan memetiknya. Demikian langkah menanam tomat di polybag atau pot.supaya tumbuh subur serta banyak buahnya.

Demikianlah langkah menanam tomat, terutamanya, menanam tomat di polybag. Dengan semai biji tomat yang betul serta diiringi dengan perawatan yang baik, karena itu tanaman tomat Insya Allah akan berbuah banyak. Jangan lupa selalu kunjungi webset ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama