Cara Menanam Cabai Hidroponik Dengan Polybag

Cara Pintar Budidaya Cabai
Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal cara menanam cabei hidroponik dengan polybag. Hidroponik bukan lagi jadi satu kata yang asing lagi untuk difahami. Intinya buat seorang yang benar-benar senang dengan tanaman. Hidroponik adalah salah satunya pilihan buat penggemar tanaman untuk selalu lakukan budidaya tanaman dengan tempat yang minim serta tidak membutuhkan banyak tanah dalam pengerjaannya.

Langkah menanam hidroponik dengan media air adalah salah satunya contoh yang dapat diaplikasikan dalam mempraktikkan budidaya tanaman dengan hidroponik. Langkah menanam hidroponik bukan hanya dapat diaplikasikan pada tipe tanaman sayur dan buah, tetapi langkah menanam bunga hias hidroponik dapat dilaksanakan. Kecuali media air, langkah menanam hidroponik dengan skema wick dapat dilaksanakan.

Hidroponik dapat juga diaplikasikan pada tanaman cabe dengan memakai media yang lain. Langkah menanam cabe hidroponik dengan media air banyak digunakan oleh sejumlah besar orang. Disamping itu, langkah menanam cabe hidroponik dengan paralon dipandang semakin gampang dalam realisasinya.

Ini memperlihatkan jika langkah budidaya cabe hidroponik bisa dilaksanakan dengan media yang berbagai macam. Media yang dipakai berbentuk air, paralon dan langkah menanam cabe hidroponik dengan skema sumbu banyak sangkanya yang memberi bahasan. Hingga tulisan kesempatan ini akan mengulas tentang langkah menanam cabe hidroponik dalam polybag.

Polybag merupakan salah satu media tanam yang memungkinkan bagi anda yang memiliki lahan sempit. Akan tetapi anda memiliki jiwa yang membara untuk memanfaatkan lahan tersebut. Anda bisa menyalurkan keinginan anda untuk memanfaatkannya, salah satunya dengan cara menanam cabe hidroponik dalam polybag.

Polybag dapat anda manfaatkan untuk bisa menanam berbagai sayuran, buah dan lain sebagainya di lahan yang tidak terlalu luas. Berikut ini akan dibahas mengenai cara menanam cabe hidroponik dalam polybag yang bisa anda praktekkan di rumah baik bagi pemula maupun bagi anda yang sudah mahir melakukannya.

Menyiapkan Bibit Cabe Yang Berkualitas Bagus

Hal pertama yang merupakan cara menanam cabe hidpronik dalam polybag adalah memastikan biji atau bibit cabe memiliki kualitas yang bagus. Hal ini juga diterapkan dalam melakukan cara menanam tomat dengan sistem hidroponik.

Anda dapat mengeringkan cabe yang masih segar dan kemudian mengambil bijinya. Biji cabe kemudian direndam didalam air yang hangat (hangat kuku) selama 24 jam, jangan mengambil biji yang mengapung sebagai bibit tanam. Akan tetapi ambillah biji yang tenggelam. Karena biji yang tenggelam memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang mengapung.

Menyiapkan Polybag Sebagai Media Tanam Awal

Selagi menunggu biji yang direndam untuk diketahui kualitasnya, anda dapat menyiapkan polybag yang terbuat dari plastik kecil yang telah dilubangi sebagai media tanam awal. Untuk langkah awal ini anda bisa menggunakan tanah humus atau anda bisa mencampurkan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang (anda dapat membaca cara budidaya cabe hidroponik untuk pencampuran tanah atau pembatan media tanam hidroponik). Kemudian isikan campuran tanah tadi ke dalam polybag, dan diamkan selama dua hari saja. Akan tetapi, jika anda langsung menggunakannya juga tidak menjadi masalah.

Kemudian, setelah bibit tanam dipilih dan dipilah, letakkan biji tersebut pada kain yang basah yang sudah diperas. Tutup dan untai cabe di dalam kain tadi, dan biarkan selama 3 hingga 4 hari atau sampai biji mengeluarkan kecambahnya.

Setelah kecambah muncul, anda dapat menanamnya di polybag sebagai media tanam awal dengan membuat kedalaman lubang kurang lebih 0,5cm. Lakukan pemindahan bibit cabe dengan hati-hati. Setelah dimasukkan kedalam lubang, tutup lubang dengan pasir halus secara hati-hati. Kemudian berikan tutup pada polybag ini agar kecambah dapat tumbuh dengan subur.


Memindahkan Bibit Cabe Ke Polybag Yang Lebih Besar Sebagai 

Setelah kecambah tumbuh subur yang memerlukan waktu kurang lebih 3 hari, rajin-rajinlah melakukan penyiraman dengan takaran minimal satu kali sehari.

Cara menanam cabe hidroponik dalam polybag dapat dilakukan setelah bibit cabe berusia satu bulan (30 hari) atau ketika sudah mengeluarkan daun 4 hingga 5 tangkai. Setelah campuran media tanam siap, isikan kedalam polybag permanen dengan membuat lubang sedalam 5 hingga 8 cm dengan diameter 30-40 cm.


Melakukan pemindahan harus sangat hati-hati agar tidak merusak struktur jaringan pada cabe tersebut. Setelah itu, langsung berikan penyiraman yang cukup agar bibit cabe tidak layu. Cara ini juga bisa digunakan untuk mempraktekkan cara menanam sayuran hidroponik organik. Jika anda ingin langsung menancapkan ajir, anda harus tetap berhati-hati agar tidak merusak akar.

BACA JUGA
Mengenal Manfaat Plastik UV Untuk Hidroponik
Ini Dia Plastik UV Bahan Terbaik Untuk Pembuatan Green House
Hari Gini Masih Belum Tahu Apa Itu Plastik Ultraviolet? Baca Ini Deh!

Melakukan Perawatan

Cara merawat tanaman hidroponik harus dilakukan secara intensif agar memberikan hasil yang memiliki kuaitas yang bagus. Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan dalam memberikan perawatan terhadap cara menanam cabe hidroponik didalam polybag, yakni :

Memberikan pupuk susulan yang mengandung unsur hara makro (Nitrogen, Fosfat dan Kalium). Bertujuan untuk memberikan hasil panen yang berkualitas serta kuantitas dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Akan lebih baik lagi, jika pupuk susulan yang diberikan juga mengandung unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman.

Melakukan penyiraman dengan jangka waktu 5 hingga 7 kali sekali atau anda juga dapat melihat dari kadar air yang dibutuhkan. Yang jelas anda tidak diperbolehkan membiarkan cabe terlalu kering.

Anda harus memperhatikan hama atau gulma yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman anda, selain itu cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik harus benar-benar anda perhatikan, agar hama bisa hilang tanpa harus melukai tanaman cabe hidroponik. Akan tetapi anda akan diuntungkan terhadap gulma, karena kemungkinan besar gulma yang tumbuh akan sangat jarang, sehingga anda bisa memberikan perawatan dan perhatian dengan kurun waktu 1,5 hingga 2 bulan sekali.

Melakukan penyemprotan pupuk organik cair dengan kurun waktu 4 hingga 5 hari sekali agar daun dan cabang tanaman dapat berkembang dengan cepat.

Penanggulangan terhadap hama yang menyerang harus disesuaikan dengan hama apa yang menyerang tanaman cabe ini. Jika jamur yang menjadi hama anda dapat menggunakan fungisida, jika berupa bakteri anda dapat menggunakan bakterisida, dan jika serangga anda dapat menggunakan insektisida.

Hasil Panen Cara Pintar
Menikmati Hasil Panen

Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama dengan perawatan yang sangat intensif, hasil yang diberikan dari cara menanam cabe hidroponik dalam polybag juga tak mengecewakan. Cabe bisa dipanen setelah mulai berumur 75 hari atau (2 hingga 3 bulan) setelah masa tanam.

Buah yang bisa diambil sesudah beralih warna jadi cukup kemerahan. Serta panen umumnya bisa dilaksanakan sesudah 8-10 kali panen. Namun, panen pertama akan membuahkan cabe yang maksimal. Sedang panen setelah itu kurang optimal dalam membuahkan buahnya. Itu kenapa sesudah panen pertama pemberian konsumsi nutrisi tetap harus dilaksanakan. Supaya hasil panen tidak mempunyai kualitas yang turun naik.

Langkah menanam cabe hidroponik dalam polybag kecuali dapat mengirit tempat memberi faedah hidroponik buat kehidupan manusia dalam beberapa faktor kehidupan. Seperti memberi keuntungan hidroponik di bagian ekonomi.

Semakin dapat manfaatkan barang sisa yang ada di dalam rumah dan tak perlu ribet kekurangan tanah dalam lakukan langkah ini, ini adalah salah satunya keuntungan hidroponik dalam pertanian. Anda dapat membaca langkah budidaya cabe hidroponik untuk ketahui beberapa panduan sukses dalam melakukan langkah menanam cabe hidroponik dalam polybag. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberi faedah serta jadikan sukses dalam lakukan budidaya tanaman.

Nah, itu tadi penjabarannya. Kurang lebihnya mohon maaf, see you next di artikel berikutnya. Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama