Cara Sukses Budidaya Terong Dengan Polybag, Dijamin Ciamik

Distributor Plastik Polyabg Pembibitan - Lim Corporation

Dikarenkan harganya yang murah dan rasanya yang cukup lezat menjadikan Terong Ungu sebagai salah satu makanan yang paling banyak diminati. Karenah itulah, Tidak sedikit orang yang ingin tahu cara yang tepat menanam terong ungu di polybag.

Terong Ungu sangat dicari-cari di Indonesia, jenis sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai aneka resep masakan. Bukan saja memiliki rasa yang cukup lezat pada saat telah diolah, terong ungu juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan yang cukup banyak.

Adapun manfaat terong yakni, Terong ungu dapat melindungi dari kerusakan pada bagian membran sel otak, bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, bisa menyehatkan bagian kulit kepala, dan bisa melancarkan organ pencernaan.

BACA JUGA:
Disebabkan manfaat dan khasiatnya yang begitu banyak, jangan heran jika banyak orang yang mengincar terong ungu ini. Adapun cara menanam terong ungu yang muda diaplikasikan. Bahkan, dalam kapasitas yang sedikit, jenis terong ungu juga bisa ditanam di polybag ataupun di pot. Berikut ini cara menanamnya.

Pemilihan Bibit

Untuk mendapatkan bibit terong ungu bisa melalui pembibitan sendiri seperti mengambil biji pada terong ungu tua. Untuk buah terong yang akan dijadikan bibit lebih baik memakai buah terong yang kondisi fisiknya yang masih bagus dan tak terdapat bekas serangan hama.

Kemudian jemur biji tadi di bawah terik matahari sekitar 2 jam. Sesudah itu letakkan di area pengeringan yang tak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Laksanakan proses penjemuran sampai 4-5 hari supaya biji terong lebih kering.

Apabila Anda tak ingin repot, bisa membeli benih terong ungu secara langsung di toko pertanian yang terpercaya. Hindari untuk membeli bibit yang sudah lewat atau mendekati masa kadaluwarsa. Apabila bibit semakin lama disimpan, daya tumbuhnya pun akan semakin berkurang.


Masa Penyemaian Bibit Terong Ungu

Tahap yang selanjutnya yaitu proses penyemaian benih. Anda bisa membuat tempat penyemaian dengan ukuran sekitar 50cm × 50cm, kemudian gemburkan dengan memakai cangkul, sesudah itu bentuklah tegalan. Jika sudah taburkan kompos atau pupuk kandang secukupnya, hindari terlalu banyak ketika menaburkan pupuk karena bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.

Kemudian taburkan bibit terong ungu dengan merata berdasarkan keperluan. Berikan penutup di bagian atas dengan jarak sekitar 30cm-40cm pada permukaan tanah. Tujuannya area penyemaian terong ungu tetap terjaga kelembaban tanahnya.

Sesudah itu, sirami dengan teratur setiap pagi hari atau sore hari sampai bibit dari terong ungu siap untuk dipindahkan. Ada juga benih yang sudah bisa dipindahkan menuju polybag yaitu benih yang sudah mempunyai sekitar 4-5 lembar daun.
Persiapkan Pot ataupun Polybag

Persiapkan pot atau polybag dengan ukuran sekitar 40cm × 50cm, kemudian isikan dengan tanah gembur. Beri campuran pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan tanah dan pupuk 3:1.

Isikan pada polybag dan sisakan sekitar 10cm pada polybag. Letakkan polybag tersebut di tempat yang teduh dan diamkan 2 hari sebelum Anda tanami.

Tanam Benih Terong Ungu

Langkah yang selanjutnya yaitu menanam benih terong ungu. Apabila bibit sudah terdapat sekitar 4-5 lembar daun, maka bibit bisa dipindahkan pada polybag. Sebelum Anda mencabut bibit sebaiknya siramlah terlebih dulu benih dalam tempat semai. Kemudian Anda bisa mencabut bibit dengan hati-hati supaya tak merusak bagian akarnya.

Buatlah lubang pada tanah di dalam polybag yang sudah disiapkan dengan memakai tongkat kayu ataupun jari dengan kedalaman sekitar 5cm-10cm. Selanjutnya tanam benih terong 1 bibit disetiap polybag. Sebaiknya penanaman bibit terong ungu dilaksanakan pada sore hari supaya kondisinya tak terlalu panas.

Pemeliharaan Bibit Terong Ungu

Pada proses pemeliharaan terong ungu meliputi seperti penyiraman harus dilaksanakan pada pagi hari dan juga sore hari. Sebaiknya proses penyiraman dihentikan apabila sudah memasuki musim hujan. Tak hanya itu, pemeliharaan tanaman yang lainnya yaitu dengan membersihkan rumput di sekitar polybag atau pot. Anda bisa memberikan pupuk organik supaya tak memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

JUAL POLYBAG
* Info selengkapnya mengenai harga Polybag pembibitan klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk penanaman cabai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan pastinya bahan yang berkualitas Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 80.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
- Minimal order 300 kg per ukuran
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama