Cara Jitu Perbanyakan Bibit Lada di Polybag Dengan Cara - Cara Berikut Ini?

Jual Plastik Polybag Tanaman - Lim Corporation 

Tanaman Lada merupakan salah satu jenis tanaman yang memanjat atau merambat. Tanaman Lada bisa diperbanyak dengan cara vegetatif (secara stek batang) atau secara generatif (dengan biji). Perbedan dari perbanyakan bibit dengan stek batang atau secara vegetatif tergolong sangat mudah, murah, cepat berproduksi dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Dan cara perbanyakan dari biji atau generatif waktunya lebih lama berproduski dan sifatnya bisa berubah atau tak sama dengan induknya sebab menyerbuk silang.

Perbanyakan bibit Lada secara vegetatif bisa memakai bahan tanaman yang berupa stek panjang bisa diproleh dari sulur panjat tanaman Lada muda, yang sehat, bebas hama dan penyakit. Varietas Lada yang harus dipakai adalah yang berasal dari varietas yang unggul.

Baca Juga : 
Lahan tanam benih Lada pun harus mempunyai syarat tertentu, harus relatif datar, dekat dengan sumber air, dekat dengan kebun produksi, mudah dalam pengangkutan atau transportasi, harus jauh dari serangan hama dan penyakit. Benih yang yang bagus tak akan bisa berproduksi optimal bila tak ada dukungan pengolahan lingkungan tumbuh yang optimal juga.

Persiapan Media Tanam dan Lahan

  • Siapkan media tanam yang merupakan campuran dari tanah bagian atas dan pupuk kandang yang sudah matang denganperbandingan 2:1.
  • Sediakan polybag dengan ukuran 15 x 20 cm.
  • Isi polybag dengan media tanam, sesuda itu bisa disusun dibagaian bawah rangka bambu (Siapkan sungkup plastik) dengan ukuran tinggu 1 meter dengan lebar 1,2 meter. Ukuran panjang plastik sangkup bisa disesuaikan dalam lahan yang ada atau tergantung dengan kebutuhan yang diperlukan.
  • Sesuda itu media tanam dibiarkan selama 2 minggu atau sampai tumbuh rumput- rumput yang halus, dan itu artinya bahwa media telah seiap untuk melakukan tanam.


Persiapkan Bahan Stek

  • - Bahan stek bisa diambil dari tanaman yang sehat atau bebas dari serangan hama dan penyakit, yaitu pada bagian sulur panjat yang sudah tua tetapi suda berkayu.
  • - Selanjutnya stek panjang dipotong - potong menjadi stek satu buku berdaun tunggal dan direndam dalam 1 - 2% larutan gula putih (10 - 20g/1 liter air.



* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Proses Persemian 

  • Stek satu buku bisa tertanam dalam polybag yang sudah dipersiapkan dan lakukan penyiraman.
  • Selama pertumbuhan, benih Lada membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab. Pada saat mengerjakan persemaian harus ditutup dengan plastik sungkup selama satu bulan, dan bila ada uap air yang menempel pada permukaan plastik, maka harus di pukul-pukul agar air yang menempel jatuh ke tanaman sebagai sumber penyiraman.
  • Setelah lada berumur 1 bulan sungkup plastik dapat dibuka secara bertahap setiap pagi hari selama 1 jam, lalu ditutup kembali hingga akhirnya sungkup plastik tak diperlukan lagi, bila benih telah siap ditanam dilapang.
  • Setiap benih Lada yang suda membentuk 1-2 ruas (berdaun 2-3 helai) sulurnya harus disandarkan atau diikat pada tiang panjat atau tajar bambi untuk merangsang terbentuknya akar lekat.
  • Penentuan benih dalam polybag dikerjakan dengan cara penyiraman, pemupukan, yang memakai pupuk daun dan diberikan seminggu sekali, serta penyemprotan pestisida yang dikerjakan bila memang diperlukan sebab adanya serangan OPT.
  • Setelah berumur 4 - 6 bulan dan telah mencapai 5-7 ruas, maka benih siap dipindahkan ke lapangan.
jual polybag murah
* Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk penanaman cabai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Tutup).

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcoporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1Admin 2 / Admi 3

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama