Kenali Varietas Tomat Dan Cara Jitu Membudidayakannya Agar Hasil Melimpah & Berkualitas


Tomat rampai atau sering dikenal tomat plum atau rempai yaitu jenis tomat yang mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan tomat buah pada umumnya, tapi mempunyai rasa yang jauh lebih asam dan lebih gurih bila dibandingkan dengan tomat buah sehingga membuat rasa masakan menjadi lebih mantap dan nikmat.

Tomat rampai mempunyai ukuran sebesar biji kelereng, berkulit tipis, apabila sudah tua berwarna merah masak, mempunyai banyak biji serta mengandung banyak sekali air. Banyak orang yang lebih menyukai memasak dengan memakai tomat rampai atau rempai ini sehingga jenis tomat ini lebih laku, sehingga harga rampai pun lebih mahal dibandingkan dengan tomat buah. Tak heran apabila, banyak orang yang mencoba melaksanakan budidaya tomat rampai ini dengan skala yang cukup besar ataupun hanya menanam tomat rampai ini di pekarangan rumah baik langsung di tanah ataupun dalam pot/polybag. Berikut selengkapnya:

Terdapat Beberapa Cara Menanam Rampai Di Polybag/Pot, Antara Lain :

Persiapan Bibit Rampai

Benih tomat rampai bisa diperoleh dari membeli di toko ataupun membuatnya sendiri. Tetapi disarankan untuk membuat benih sendiri, caranya:

Seleksi dulu buah tomat rampai yang akan dibuat benih dari segi ukuran serta bentuk, tomat rampai yang baik untuk bibit yaitu tomat rampai yang mempunyai ukuran besar serta mempunyai bentuk yang tak cacat. Sesudah calon bibit dipilih, selanjutnya ambil biji tomat rampai tersebut kemudian bersihkan lendir pada biji dengan air. Kemudian, rendam biji dalam air, ambilah biji yang tenggelam saja sedangkan yang mengapung di permukaan air dibuang, sesudah itu jemur sampai kering. Apabila sudah kering simpan biji benih dalam wadah yang steril dan kering.

Sesudah itu, biji benih di semaikan dulu dalam bedengan atau media persemaian yang lain. Sebaiknya tempat untuk proses penyemaian benih rampai terlindung dari air hujan serta terkena sinar matahari secara langsung.

Bedengan persemaian dibuat larikan dengan kedalaman sekitar 1cm dan jarak antar larik sekitar 5cm. Kemudian tanam biji benih pada larikan yang sudah dibuat tadi dengan jarak antara biji benih sekitar 3cm kemudian tutup permukaannya.

Laksanakan proses perawatan pada bakal bibit dengan melaksanakan penyiraman sebanyak 2 kali 1 hari yaitu pada pagi hari dan sore hari dengan gembor halus. Sesudah 2 minggu disemai, laksanakan pemupukan pada bibit memakai pupuk cair organik, pupuk NPK atau pupuk kompos. Sesudah berumur sekitar 30 hari atau mempunyai sekitar 5 helai daun, bibit bisa di pindah tanamkan pada polybag atau pot tanam.

Baca Juga :



Penanaman Rampai Dalam Polybag

Sebelum bibit ditanam pada polybag atau pot, polybag atau pot tersebut diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos serta arang sekam padi. Sesudah itu, tanam bibit rampai pada polybag atau pot tersebut pada bagian tengah media tanam yang sudah dibuat lubang tanam sekitar 10cm atau bisa disesuaikan dengan panjang akar bibit rampai. Sesudah itu, timbun dan siram untuk menjaga kelembaban tanah.

Perawatan Tanaman Rampai

Laksanakan penyiraman pada tanaman rampai setidaknya sebanyak 2 kali 1 hari pagi hari dan sore hari. Penyiraman tersebut jangan terlalu basah supaya tanaman terhindar dari busuk pada akar.

Laksanakan juga, proses penyiangan gulma atau tanaman lain yang tumbuh pada polybag atau pot tanaman rampai. Apabila tanaman mati atau tak tumbuh optimal, laksanakan penyulaman dengan mengganti tanaman tersebut dengan tanaman yang baru.

Pemanenan Rampai

Tomat yang ditanam dalam polybag atau pot bisa dipanen sesudah berumur 3 bulan sesudah tanam, tetapi tergantung pada jenis varietas tomat yang ditanam. Tomat tak akan masak secara serentak, jadi pemetikan dapat dilaksanakan 2-3 hari 1 kali sesudah pemanenan tomat yang pertama. Untuk waktu pemetikan tomat yang baik yaitu ketika pagi hari atau sore hari ketika mata hari tak begitu terik.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk membudidayakan tanaman di lahan yang kecil atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama