Jumat, 20 April 2018

Trik Rahasia Menanam Sayuran Di Polybag


Cara menanam sayuran di polybag bisa di lakukan degan mudah, bahkan ibu rumah tangga pun bisa melakukannya. Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan halam rumahnya untuk bercocok tanam, biasanya yang sering ditanam dihalaman rumah adalah tanaman sayuran yang mudah ditanam dan dirawat. Dalam becocok tanam, media tanam merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman, yang akhirnya mempengaruhi hasil produksi.

Akan tetapi sering kali ibu rumah tangga mengalami kesulitan. Karena tidak dapat mendapatkan tempat untuk bercocok tanam. Terlebih lagi bagi seseorang yang tinggal dikota besar dengan jumlah penduduk yang padat dan rumah yang tidak lagi memiliki lahan luas. Di kota-kota besar sudah sangat jarang sekali rumah yang memiliki pekarangan maupun halaman yang dapat ditanami tanaman.

Tanaman setiap jenisnya memiliki sifat dan karakteristik media tanam yang bebeda-beda. Pada tanaman jenis sayuran daun, lebih membutuhkanmedia tanam yang gembur dan mudah ditembus akar. Cara menanam sayuran di polybag cukup mudah dalam perawatannya, karena dapat mudah dipindah-pindah, dan dapat mudah dipindah ke pot yang lebih besar.

Pada awalnya menanam sayuran di dalam polybag hanyal sekedar hobi pada saat waktu senggang untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Namun bertanam sayuran dengan menggunakan polybag dapat dilakukan dengan cara besar-besaran dengan hasil yang baik, sehingga menjadi usaha komersial. Penggunaan polybag merupakan salah satu cara yang sering digunakan, karena tidak membutuhkan biaya yang lebih mahal karena tidak perlu membeli pot.

Berikut ini cara-cara membuat media tanam polybag atau pot dengan menggunakan bahan baku yang telah diterangkan di atas. Untuk membuat media tanam yang baik diperlukan unsur tanah, bahan pengikat atau penyimpan air dan penyedia unsur hara. Bahan baku yang akan digunakan dalam tutorial berikut adalah tanah top soil, kompos dan arang sekam. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur, lebih baik diambil dari bagian paling atas. Kemudian ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.
   
2. Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis kompos biasa, bokashi atau kompos takakura. Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus.
   
3. Siapkan arang sekam, silahkan baca cara membuat arang sekam.
   
4. Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata.
   
5. Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut kedalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.


Sekadar catatan, ketiga bahan baku tersebut bisa juga dicampur dengan komposisi 1:1:1 atau 2:1:1. Mana yang terbaik bagi Anda, tentunya tergantung dari jenis tanaman dan ketersediaan sumber daya. Mengenai hasil, beberapa penelitian menunjukkan hal yang berbeda. Lebih baik mencobanya secara try and error.

Media tanam sangat berguna apabila kita ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot. Metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit.

Demikian artikel tentang polybag ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel kami selanjutnya di sini :D



Plastik polybag adalah wadah untuk media tanam atau pembibitan yang berbentuk kantong plastik berwarna hitam atau putih. Polybag ini dapat disesuaikan ukuranya tergantung dari kebutuhan media tanam. Lim Corporation menyediakan polybag untuk pembibitan tanaman,ukuran custom (sesuai pesanan). Kami siap melayani pesanan polybag untuk kuantiti besar 10 ton ke atas, bisa juga partai kecil minimal 300 kg per ukuran.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PolybagTanaman #Koker #PlastikPembibitan #UkuranPolybag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar