Jumat, 27 April 2018

Budidaya tanaman cengkeh agar cepat berbuah


Telah diketahui bahwa banyaknya manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan membuat permintaan pasokan cengkeh yang semakin melonjak. Oleh karena itu perlu dilakukan pembudidayan tanaman bergenus Syzygium ini. Pada dasarnya menanam cengkeh tidaklah mudah, diperlukan kesabaran dan ketelatenan agar bisa mendapatkan pohon cengkeh yang sehat dan subur.

Biasanya orang-orang enggan menanamnya karena dianggap sulit tumbuh dan perawatannyapun tidak mudah. Hal ini dikarenakan tanaman cengkeh memang tenaman yang butuh perhatian ekstra. Namun prospek dari pembudidayaan cengkeh sangat menjajikan dan menggiurkan. Oleh sebab itu, ayo kesampingkan rasa sulit itu dan mari pelajari langkah-langkah di bawah ini :

1. Penyemaian Bibit


Sebagai tahapan sebelum cara menanam cengkeh agar cepat berbuah, dapat dilakukan penyemaian bibit dulu. Pilihlah bibit cengkeh yang mempunyai kualitas bagus, berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman, dan kulit buahnya dikupas dengan perlahanm jangan sampai terluka. Lalu direndam hingga kurang lebih 24 jam di dalam air. Setelah itu dicuci sambil digosok dan diaduk dalam air. Lakukan 2-3 kali pencucian hingga lendir benar-benar hilang.

Gunakan tanah dengan kondisis gembur yang dicampur pupuk kandang sebagai media tanam, dan diisikan ke dalam polybag. Setelah itu, cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yakni media tanam disiram dan lakukan penyemaian dengan posisi benih yang agak meruncing di atas lalu tutup dengan tanah. Benih yang bagus akan tumbuh kurang dari 3 minggu.

Pastikan kelembaban terjaga, penyiraman dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak posisi bibit. Tempatkan pada lokasi teduh yang berpotensi terkena sinar matahri sebanyak 25%. Untuk melakukan penanaman pada lokasi yang sudah ditentukan, perlu menunggu hinnga berusia sekitar 1-2 tahun.

2. Penanaman Bibit


Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang benar yaitu bersihkan lahan yang sudah disiapkan dari rumput ataupun gulma terlebih dahulu. Tanah dibajak lalu digaruk sampai tanah menjadi gembur dan diberi pupuk kandang. Buat juga drainase tanah. Diamkan sampai beberapa hari supaya tanah menjadi subur. Buat lubang tanam, jarak tanamnya sekitar 8x8 meter. Penanaman dilakukan dengan perlahan, lalu ditutupi tanah yang dicampur pupuk kandang

3. Perawatan

Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang juga tidak kalah penting yaitu perawatan. Lakukan perawatan secara intensif dari usia tanm 1 hingga 4 tahun. Bersihkan lokasi sekitar tanaman dari gulma dengan mencangkulnya secara rutin. Selain itu pemberian pupuk dilakukan secara berkala. Selama dua tahun pertama, lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali dan sebaliknya gunakan pupuk NPK Grand-S 15 sebanyak 1,5 kg untuk setiap pohonnya.

Pupuk tersebut dibenamkan mengelilingi pohon cengkeh dengan lebar sama, dengan lebar tajuk. Pupuk yang digunakan tersebut terdiri atas Nitrogen, Phospor serta kalium. Ketiga unsur tersebut memiliki peran yang penting dan dapat memenuhi kebutuhan dalam pertumbuhan dari tanaman cengkeh.

Bagi anda yang tinggal menunggu masa panen, lakukan perawatan dengan baik seperti yang sudah disebutkan pada point di atas. Tahapan perawatan dilakukan secara rutin dan tepat. Selain itu, lakukan juga tahapan terhadap pengendalian penyakit yang dapat menyerang tanaman cengkeh. Dengan melakukan hal tersebut, maka pertumbuhan dari tanaman cengkeh tidak terhambat. Semoga langkah-langkah cara menanam cengkeh agar cepat berbuah di atas bermanfaat. 


Demikian artikel tentang Tanaman Cengkeh ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel selanjutnya disini :D
                                                                   
                                                                                               

Plastik polybag adalah wadah untuk media tanam atau pembibitan yang berbentuk kantong plastik berwarna hitam atau putih. Polybag ini dapat disesuaikan ukuranya tergantung dari kebutuhan media tanam. Lim Corporation menyediakan polybag untuk pembibitan tanaman,ukuran custom (sesuai pesanan). Kami siap melayani pesanan polybag untuk kuantiti besar 10 ton ke atas, bisa juga partai kecil minimal 300 kg per ukuran.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PolybagTanaman #Koker #PlastikPembibitan #UkuranPolybag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar