5 Langkah Rahasia Budidaya Bawang Putih


Bawang putih
merupakan tumbuhan klasifikasi genus Allium dan juga nama umbi yang dibuahkan. Memiliki sejarah penggunaan oleh manusia sejak 7.000 tahun lebih, dan sudah lama diciptakan sebagai bahan makanan di wilayah Laut Tengah, dan bumbu di Asia, Afrika, serta Eropa.

Bagi Anda yang berkeinginan mencoba membudidayakan bawang putih ini, Anda dapat meniru langkah-langkah berikut ini :

1). Persiapan Benih
Untuk bibit bawang putih yang berkwalitas, sungguh-sungguh penting guna memperoleh perkembangan serta hasil yang lumayan. Lebih bagus bila bibit yang akan diterapkan, memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
- Pada komponen ujung pangkal batang harus padat.
- Bagian siung bertekstur licin dan tegar, tak kisut.
- Untuk tunas harus nampak segar bila siung dipatahkan.
- Beban siung berkisar 1,5-3 gram, ukuran normal.
- Terhindar dari hama & penyakit.
- Jika bibit yang diterapkan berbeban 3gram per siung, berarti keperluan per hektarnya sekitar 1.600 kg. Dan juga itu, untuk ukuran pada siung yang mini merupakan 1gram, menghabiskan sempurna 670 kg/ha.

2). Penanaman
Langkah pertama, zona/lahan harus diolah secara khusus dulu, untuk tanah yang asam perlu normalkan dulu 1 bulan sebelum tanam. Jika masih terdapat bekas panen sebelumnya di lahan, harus dibersihkan dulu. Melainkan bila zona/lahan yang berkeinginan ditanami tak bekas sawah, tanah perlu dibajak atau  dicangkul dulu sampai tanah gembur. Jika tak gembur, dapat menyebabkan fatalnya produksi.

Sesudah tanah digemburkan, kemudian sesuaikan dengan ukuran siung yang akan diterapkan. Untuk siung besar, memerlukan jarak tanam kaprah-kaprah 15x10 cm. Untuk pembibitannya dibutuhkan jarak tanam sekitar 10x10 cm. Kondisi siung ketika ditanam harus tegak, dengan kedalaman 5-7 cm dari permukaan tanah tersebut.

Baca Juga :

    Teknik Jitu Pemanfaatan Tanaman Bambu Kuning Sebagai Pagar Rumah
    Terbongkar !! Inilah Khasiat Tersembunyi Dari Ubi Cilembu
    [Terkuak] Inilah Metode Efektif Memberantas Hama Wereng Padi 
    Trik Jitu Dalam Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah Lebat
    Teknik Jitu Dalam Budidaya Lemon Tabulampot Di Pekarangan Rumah

3). Perawatan
Plastik Mulsa harus dipakaikan sesudah bibit ditanam. Untuk mulsa yang relatif murah, Anda dapat pakai alang-alang maupun jerami padi. Tutup bedengan mengaplikasikan mulsa dengan merata.

Hama gulma dengan tak sengaja akan terhalang perkembangannya bila dipasangi mulsa. Melainkan, gulma yang ada pada drainase maupun jeda-jeda mulsa harus seketika dicabut. Jika zona budidaya bawang putih lumayan luas, gulma dapat dibinasakan mengaplikasikan herbisida TOK 50 WP.

Metode drainase pada saluran air, harus mengalir dengan bagus aga tanaman berkembang bagus juga. Jika musim hujan, penyiraman hanya dilakukan seperlunya saja atau ketika tanaman nampak kekurangan air.

4). PemupukanJika zona lahan memiliki luas sekitar 1 hektare, karenanya pupuk sangkar yang dibutuhkan sekitar 10-20 ton. Berikan secukupnya dengan mencampur dengan merata pada bedengan. Untuk pemberian pupuk sangkar sendiri, lazimnya dilakukan ketika pengolahan tanah atau sebelum masa tanam.

5). Pemanenan
Jika bawang putih melewati cara kerja tanam berkisar antara bulan Mei-Juli, Agustus-Oktober harusnya sudah dapat dipanen. Pemanenan dilakukan ketika bawang putih berusia 90-120 hari sesudah masa tanam.

Spesifikasi bawang putih yang siap untuk dipanen, akan nampak pada komponen daunnya yang sudah menguning atau kering dan komponen tangkai batang sudah mengeras. Jika ciri-ciri diatas sudah nampak atau sudah muncul, berarti 50% dari hasil tanaman siap untuk dilakukan cara kerja pemanenan.


Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel Selanjutnya di sini :D


Plastik polybag adalah wadah untuk media tanam atau pembibitan yang berbentuk kantong plastik berwarna hitam atau putih. Polybag ini dapat disesuaikan ukuranya tergantung dari kebutuhan media tanam. Lim Corporation menyediakan polybag untuk pembibitan tanaman,ukuran custom (sesuai pesanan). Kami siap melayani pesanan polybag untuk kuantiti besar 10 ton ke atas, bisa juga partai kecil minimal 300 kg per ukuran.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PolybagTanaman #Koker #PlastikPembibitan #UkuranPolybag

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama