Varietas Padi Unggul Yang Cocok Untuk Ditanam


Supaya hasil perolehan padi banyak seharusnya perlu dilakukan pemilihan jenis padi unggul yang cocok buatditanam ditiap daerah yang berbeda kondisi lahan. makanan pokok di negara indonesia ada nasi, seperti kita ketahui bahwa nasi merupakan sebuah makanan pokok indonesia yang bebahan dasar beras atau padi.

Saat ini Pemerintah Indonesia membuat program Swasembada Pangan yaitu suatu program agar negara indonesia dapat mandiri dalam hal memenuhi kebutuhan pangan secara keseluruhan daerah tidak mengandalkan bantuan dari pihak luar ( meng-impor pangan ). maka peran pemerintah untuk mensosialisasikan bagaimana dan apa varietas padi yang cocok digunakan juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh petani.

Bercocok tanam budidaya tanaman padi tidak terlepas dari pemilihan varietas apa yang dipilih untuk ditanam, karena hal ini merupakan hal yang sangat mendasar dalam perolehan hasil produksi padi kedepannya. apabila kita salah dalam memilih varietas padi maka bisa dipastikan kerugian besar diterima.

Tanaman dengan bahasa latin Oryza Sativa l disebut juga sebagai salah satu komoditas tanaman pangan unggulan, dimana pada saaat ini padi bukan hanya ditanami di daerah berair ( sawah ) saja. namun daerah daratan juga sudah bisa dibudidayakan dengan pemilihan benih yang cocok dan perawatan padi yang baik.

Jenis Jenis Varietas Padi

1). Varietas Padi Lokal

Merupakan tanaman padi yang berasal dari tiap-tiap daerah dimana benih padi varietas ini didapat dari hasil padi daerah tersebut dan sudah beradaptasi lama. beberapa masyarakat/petani masih masih mempertahankan jenis varietas ini karena menganggap padi tersebut yang cocok dengan selera masyarakatnya. Varietas tanaman padi ini memilki karateristik yang berbeda dari tiap-tiap daerah/tempat.

Inilah beberapa sample jenis Padi Lokal : Padi lokal banyumas, kebo, ketan tawon, gundelan, srimulih, rangka madu, tumpang karyo, untup dan banyak lagi.

2). Varietas Padi Unggul


Demi Mengatasi masalah benih yang baik dalam hal menghasilkan kualitas dan kuantitas ( produksi ) maka pemerintah selalu berupaya membuat benih-benih bervarietas unggul. Benih ini merupakan hasil dari persilangan dari padi – padi lokal yang unggul ( Kualitas maupun kuantitas ).

Pada jenis ini petani dapat mengirit/meminimalkan modal untuk budidaya padi kembali karena jenis ini benihnya dapat digunakan untuk ditanam kembali dengan memanfaatkan benih turunannya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi dalam hal penyediaan benih/bibit.

Hasil dari turunan benih ini juga masih sama dengan hasil dari benih awal tanam. Jenis-jenisnya antara lain Diah Suci, Kahayan, Situ Gintung, IR64, ciherang, Inopari, inpara, dan lain-lain.

3). Varietas Padi Hibrida

Bernas Prima, Intani 1 dan 2, PP1,Rokan, Sembada ( B3,B5,B8, B9), SL8,Sl11, dan lain-lain merupakan beberapa contoh jenis benih padi varietas hybrid. varietas ini mampu menghasilkan produksi padi sebanyak 10 sampai 12 ton per hektar namun harga yang mahal menjadi salah satu faktor kelemahan jenis ini.

Banyak petani yang mengeluhkan mengenai harga yang cukup mahal. Varietas ini berasal dari persilangan antara dua bahkan lebih jenis spesie padi yang berbeda indukan maupun genetiknya.

Tanaman padi dengan jenis varietas padi hibrida juga memiliki kelemahan yaitu penanaman benih atau bibit hanya dapat ditanami dengan kurun waktu sekali panen saja ( semusim panen ), dimana dapat diartikan bahwa turunan dari benih atau bibit awal yang digunakan tidak dapat ditanami kembali. seandainya pun turunnya ingin ditanam kembali maka hasil panen yang diperoleh bisa dikatakan gagal karena jumlah produktivitas serta kualitas tidaklah begitu memuaskan atau jelek.

Demikianlah beberapa rangkuman mengenai pemilihan varietas padi unggul yang cocok untuk ditanam, semoga dengan bertambahnya informasi mengenai jenis varietas padi ini dapat meningkatkan hasil produksi padi di seluruh wilayah indonesia.

Kami menyediakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) cap KUDA bahan full Ori bisa 2x pemakaian.  Manfaat Mulsa Plastik ini yaitu melindungi struktur tanah supaya tak cepat kering, menghindar tumbuhnya tanaman liar (gulma) yang bisa mengganggu tanaman induk. Selain Cap kuda LIM Corporation menyediakan Plastik Mulsa Cap Montana dan Tembakau. Harga dijamin murah, langsung dari pabrik. Tunggu Apalagi Segera Pesan!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#MulsaPertanian #MulsaPlastik #HargaMulsa #MphpMurah

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama