Cara Menanam Teh Yang Kadang Di Lupakan

Ada beberapa faktor yang bisa membantu sebagain pemaksimal dalam budidaya teh, seperti iklim, tanah, pembibitan, penanaman, hama dan penyakit, pemeliharaan, pemetikan, pengolahan

1.Iklim

    Pohon teh walaupun bisa ditanam di dataran rendah hal ini kurang sebanding dengan tanaman teh yang ditanam di dataran tinggi. Curah hujan yang ideal untuk menanam teh adalah rata-rata per tahunnya 2000 – 2500 MM, sedangkan untuk musim kemarau berkisar 100 MM.

    Selain itu pohon teh sangat baik ditanam di dataran tinggi tapi perlu diketahui, apabila pohon teh ditanam didataran yang sangat tinggi maka hasilnya akan kurang maksimal, pertumbuhannya akan terhambat. Oleh karena itu ketinggian diusahakan pada posisi 800 – 1100 MDPL dan Jangan sampai melebihi 1200 MDPL serta Temperature yang baik untuk tanaman teh yaitu berkisar 14° - 25°C.

2.Tanah

    Faktor tanah dalam pertumbuhan tanaman teh sama halnya dengan tanaman lain, yaitu sesuatu yang sangat penting, karena itu sifat tanah harus yang subur, gembur, dapat meresap air sampai dalam, dan sirkulasi air lancar.Untuk mendapatkan media tanam seperti itu kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Mengadakan terasering pada tanah yang cukup curam.Pada tanah yang tidak terlalu curam bisa ditanam jenis-jenis pupuk hijau berderet rapat menurut tranche diantara deretan tanaman pokok.
b. Membuat parit buntu dengan maksud agar air yang mengalir di permukaan tanah dapat ditampung dan untuk selanjutnya melalui parit tersebut air akan masuk ke dalam tanah. Dengan demikian maka air yang mengalir di dalam tanah tak akan mengakibatkan erosi.
c.Kemudian penanaman pohon jenis leguminosa yang berbentuk pohon dapat pula memperbaiki phisik dari tanah. Karena pohon ini memiliki sistem perakaran yang dapat menembus kedalam tanah sampai jauh.

3. Pembibitan

    Untuk mendapatkan bibit teh yang baik, kita bisa mendapatkannya dari perkebunan-perkebunan pemerintah ataupun dari  para petani teh. Selain itu kita bisa membibitkan sendiri dengan cara membiarkan tanaman teh hidup dengan rimbun tanpa dipoyong, nantinya akan mengeluarkan biji yang bisa kita ambil untuk pembibitan.

    Biji-biji teh harus disortir sebelum akan dijadikan bibit, biasanya biji yang jelek seperti biji bekas diserang kepik biji dengan ciri permukaan biji berbintik-bintik dengan warna coklat muda, dan keadaan biji yang telah lapuk atau busuk karena diserang jamur atau terdapat bekas luka.

4.Bedengan Teh

    Biji yang telah retak yang ditanam dibedengan harus berjarak 4 x 4 cm, penanaman dengan jarak itu bertujuan supaya akar dari bibit teh tidak melengkung. Cara penanamannya : biji ditanam menghadap kebawah. Pemberian pasir yang agak tebal agar akar-akar dapat tumbuh dengan optimal. Setelah akarnya tumbuh 3 - 5 cm, lalu pindahkan ke persemaian.

Baca Juga :
Ini Dia Cara Ampuh Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai, Dijamin Ciamik!!
Inilah Cara Mudah Membuat GreenHouse Sederhana Dengan Tarif Murah
Manfaat Serta Metode Dalam Budidaya Rambutan Baik Dan Benar
Sukses Dalam Budidaya Singkong Gajah Supaya Panen Melimpah
Inilah Cara Manfaatkan Botol Bekas Sebagai Media Tanam Bawang

5. Persemaian

    Sebelum bibit ditanam dikebun kita tanam terlebih dahulu di persemaian, biasanya jarak  tanam bibit dipersemaian 15 x 20 cm atau 20 x 20 cm, apabila bedengan memiliki lebar 100 cm maka bedengan tersebut cukup 4 baris.Cara  Penanaman Di Kebun.
a. Buatlah lubang yang berukuran 50 x 60 x 60 cm, tanah lapisan bawah dan lapisan atas dipisahkan. Lubang tersebut kita gali bukannya di anjir, akan tetapi diantara anjir satu dan yang lainnya, dengan demikian anjir masih berada ditempat masing-masing.
b. Menggali lubang yang sudah dianjiri sebelumnya, bila tanah yang akan dilubangi sudah diberi tanda, setelah itu baru anjirnya disingkirkan, akan tetapi sewaktu akan menanami lubang itu, kembali kita harus mengajiri lagi supaya penanamannya dapat lurus.
c. Penggalian lobang tiap kali melangkah 1 anjir, tempat anjir yang dilangkahi sementara tidak dilubangi dan kemudian lubang itu ditanami, untuk meluruskan barisan-barisan tanaman itu mudah dikerjakan karena sebagian dari anjir masih ada.

    Bibit pohon teh yang siap kemudian ditanami pada tempat bekas anjir. Setelah itu masuk kemudian timbun kembali bibit dengan tanah bekas bongkaran kedalam lubang lagi, lalu tanah ditekan-tekan supaya memadat.
Jarak tanam untuk masing-masing perkebunan itu berbeda-beda, namun untuk idealnya kita ambil jarak tanam dengan ukuran sebagai berikut : 120 x 150 cm, 130 x 140 cm, atau 125 x 125 cm. Karena dengan penanaman yang jarang seperti itu maka pohon teh akan lebih kuat menahan serangan musim kemarau yang cukup panjang.

    Jumlah tanaman yang menggunakan jarak tanam seperti itu biasanya 5.000 – 6000 batang/ha. Apabila menggunakan jarak rapat 10.000 – 12.000 batang/ha.

6. Pemeliharaan


    Tanaman yang sudah kita tanam harus dipelihara secara teratur agar dapat tumbuh optimal. Cara tersebut dibagi menjadi tiga bagian:
a. Pemeliharaan terhadap pohon teh itu sendiri
b. Pemeliharaan terhdap pohon pelindung
c. Pemeliharaan tanah
Untuk pemeliharaan pada pohon teh kita bagi menjadi 3 langkah:
a. Pemangkasan terhadap pohon teh dan perawatan luka-luka bekas pangkasan.
b. Pengambilan hasil atau cara memetiknya hingga mendapatkan hasil yang sebanyak-banyaknya tanpa mempengaruhi keadaan dan kondisi pohon itu sendiri.
c. Menjaga pohon teh agar tidak terjangkiti penyakit atau hama. Jika ada yang terjangkiti segera berantas atau obati.

Mungkin sekian artikel ini semoga bermanfaat :)


Jual Insect screen/Insect net Uk. 1m x 50m kuat dan tahan lama. Fungsi insectnet sendiri untuk mencegah serangga masuk kedalam rumah / greenhouse Anda. Sangat fleksibel sehingga mudah disesuaikan dengan ukuran greenhouse anda. Tersedia warna hijau dan putih. Harga dijamin MURAH langsung pabrik dengan ketentuan minim order 1ball = 20roll.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#KassaHijau #JaringSerangga #Insectnet #HargaInsectnet

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama