Teknik Sederhana Dalam Budidaya Bawang Bombay


Bawang bombai atau nama latinnya Allium Cepa adalah salah satu jenis bawang yang biasanya digunakan ibu rumah tangga untuk bumbu atau bahan masakan. Bawang ini memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal. Asal usul dinamakan bawang bombay sebab bawang ini awalnya dibawa oleh para pedagang yang berasal dari kota bombai, India (sekarang Mumbai) ke Indonesia. Kini banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman bawang bombai. Berikut merupakan metode menanam budidaya tanaman bawang bombai :

a. Prasyarat Tumbuh

Bawang bombai cocok dibudidayakan pada kawasan pegunungan dengan temperatur sekitar 18°C - 20°C. Penyinaran cahaya dari matahari yang dibutuhkan sekitar 14 jam dalam sehari. Ketinggian daerah yang tepat untuk menanam bombai merupakan sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Ada pula yang mengatakan ketinggian lahan tanam harus di atas 2000 m dpl. Tanah yang dibutuhkan dalam budidaya bawang bombai sebaiknya menggunakan tanah gembur dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5,5-6,5 dan drainase yang bagus.

b. Persiapan Bibit

Bibit yang bagus merupakan bibit yang berasal dari umbi tanaman bawang yang berkwalitas dan bervarietas unggul, tidak cacat, memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan bebas dari hama dan penyakit. Umbi yang diperlukan untuk 1 hektar lahan merupakan sekitar 90.000 umbi. Umbi yang sudah disiapkan selanjutnya di semai.

Baca Juga :

  1.  Inilah Posisi Yang Baik & Buruk Ketika Kita Tidur
  2.  Cara Menanam Bunga Melati Dengan Mudah
  3.  Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar
  4.  Inilah Cara Mudah Budidaya Tanaman Oregano Greek
  5.  Tips Budidaya Labu Siam Sederhana Untuk Pemula 
  6.  Tips Dan Trik Dalam Budidaya Buah Nangka


c. Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya bawang bombai sebaiknya dibersihkan dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, selanjutnya lakukan penggemburan tanah pada lahan tanam dengan metode dibajan atau dicangkuli kemudian ratakan kembali. Berikutnya buatlah bedengan dengan panjang sekitar 100 meter sampai 200 meter, tinggi sekitar 30-40 cm bertumpu pada luas lahan tanam dengan jumlah bedengan di sesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan memakai NPK dengan perbandingan sekitar 15 : 15 : 15 dengan dosis sekitar 150 kg per hektar lahan. Selain dengan pupuk NPK dapat juga pakai pupuk KCl dengan dosis sekitar 325 kg per hektar lahan.

d. Penanaman Bawang Bombay

Penanaman bawang bombay bagus dilakukan pada awal musim kemarau. Bibit yang berada pada lahan semai selanjutnya dipindah tanamkan pada bedengan tanam yang sudah disiapkan. Bibit di tanam pada kedalaman sekitar 2 sampai 3 cm lalu timbun kembali dengan media tanam yang ada disekitar bedeng tanam. Jarak tanam yang digunakan dapat 20×30 cm atau 40×30 cm. Sesudah penanaman lakukan penyiranam secara rutin agar kelembaban pada media tanam selalu terjaga.

e. Perawatan Tanaman

Penyulaman

Lakukan penyulaman pada bibit bawang bombai yang tidak tumbuh dengan bagus atau mati dengan bibit yang baru. Penyulaman ini umumnya dilakukan setelah satu pekan setelah tanam.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur merupakan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari tapi jangan sampai tergenang agar umbi tidak membusuk.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan beberapa pekan setelah tanam dengan memakai pupuk organik dan juga pupuk nonorganik dengan dosis yang sesuai.

Penyiangan

Lakukan penyiangan kepada gulma yang tumbuh disekitar tanaman bawang bombay agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Pembatasan Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pasti akan menyerang tanaman bawang bombai tapi untuk mengontrolnya dapat pakai fungisida atau insektisida yang sesuai dan juga dosis yang sesuai rekomendasi.

f. Pemanenan Bawang Bombai

Bawang bombay bisa dipanen sesudah bawang bombay memasuki umur sekitar 4 bulan - 5 bulan setelah tanam pun dapat lebih cepat tergantung dengan ragam jenis dan juga pemeliharaan. Pemanenan dilakukan dengan mencabut batang secara hati-hati kemudian bersihkan dari kotoran yang merekat pada umbi. Pemanenan ini bagus dilakukan pada pagi dan sore hari agar mutu bawang konsisten terjaga.


Apabila Anda Membutuhkan Atau Ingin Memesan Polybag 
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 
Untuk info harga Polybag silahkan klik DISINI

@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama