Manfaat & Cara Budidaya Terong Lalap


Selain terong yang sebelum dikonsumsi dimasak dahulu, kita juga mengenal terong lalap atau dimakan secara mentah yang sering kita sebut dengan terong gelatik. Terong lalap ini memang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dengan terong sayur, umumnya terong gelatik atau terong lalap ini memiliki bentuk bulat dan berukuran kecil. Terong gelatik/lalap ini memiliki 2 varian warna yaitu hijau dan ungu. Banyak orang yang menyukai terong gelatik untuk lalapan saat makan karena rasa agak manis, renyah, tekstur daging empuk sehingga enak dimakan mentah. Terong lalap ini dapat di tanam di outdoor atau di pot dataran rendah maupun tinggi. Terong lalap ini juga memiliki berbagai manfaat dan dapat menyembuhkan penyakit seperti :
  1. Mengobati Dan Mencegah Penyakit Kanker
  2. Mengontrol Penyakit Diabetes
  3. Mengobati Sakit Pinggang
  4. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Kolestero
  5. Menghambat Kerusakan Pembuluh Darah
  6. Mencegah Penuaan Dini
  7. Menyehatkan Jantung
  8. Menjaga Kesehatan Kulit
  9. Mencegah Anemia / Kekurangan Darah
  10. Mengontrol Kadar Gula Darah. Dll
Untuk anda yang ingin merasakan manfaat dari terong lalap ini, anda dapat menanam terong lalap sendiri. Anda dapat menanam terong lalap menggunakan  polybag / pot apabila anda tidak memiliki lahan yang luas. Berikut langkah langkah menanam terong lalap di polybag/pot.
  • Syarat Tumbuh
Terong lalap dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1 mdpl hingga 1200 mdpl dengan suhu sekitar 18°C hingga 25°C. Terong membutuhkan intensitas cahaya yang cukup untuk membentuk warna buah terong. Terong dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah lempung berpasir dan mengandung abu vulkanis dengan derajat keasaman atau pH sekitar 5-6.

Baca Juga :
  1. Hama & Penyakit Pada Tanaman Kacang Hijau 
  2. Hama & Penyakit Pada Tanaman Anggrek  
  3. Macam Macam Buah Berkhasiat & Bermanfaat Bagi Tubuh
  4. Cara Menanam Pohon Kehidupan
  • Persiapan Bibit Terong lalap/Terong Gelatik
Bibit dapat anda beli di toko pertanian ataupun anda dapat melakukan penyemaian sendiri, caranaya pilih bibit terong gelatik yang sudah tua lalu keluarkan bijinya dan biji tersebut kemudian dijemur selama sekitar 2 hingga 3 hari sampai kering. Siapkan nampan yang telah diisi dengan sedikit bokashi yang diratakan . Selanjutnya taburkan bibit diatas nampan lalu tutup dengan tanah dan jerami setelah itu siram. Jika sudah tumbuh, bibit dapat dipindahkan ke polybag tanam.
  • Persiapan Polybag atau Pot Tanam dan Media Tanam
Siapkan polybag atau pot tanam yang memiliki ukuran sedang dengan diameter sekitar 25 cm dan tinggi sekitar 30 cm. Setelah menyiapkan wadah untuk tempat penanman selnjutnya siapkan media tanam berupa Bokashi atau pupuk kompos karena pupuk kompos mengandung unsur atau zat hara yang lengkap yang dibutuhkan untuk pertumbuhan terong gelatik. Kompos tersebut ditambah dengan 2-3 sdm furadan. Selain kompos bisa juga menggunkan media tanam berupa campuran bokashi dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag atau pot yang telah disiapkan lalu siram media tanam dengn air secara merata.
  • Penanaman Terong Gelatik Dalam Polybag
Setelah semuan media tanam siap, lakukan penanaman dengan menaruh bibit terong pada kedalaman sekitar 5 cm pada polybag/pot. kemudian tutup dengan tanah dan padatkan lalu lakukan penyiraman.
  • Perawatan Tanaman Terong Gelatik
    - Penyiraman
    Lakukan penyiraman pada awal tanam secara rutin setiap hari, apabila tanaman mulai tumbuh dengan baik penyiraman dikurangi menjadi 2-3 hari sekali.
    - Pemupukan
    Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 10-15 hari dan tanaman menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sdm/polybag tanam atau bisa juga menggunakan pupuk cair. Tanaman diberi pupuk dengan cara membuat lubang dengan jarak sekitar 4 cm dari batang lalu timbun kembali dengan tanah dan lalukan penyiraman agar pupuk cepat meresap. Pemupukan untuk berikutnya dilakukan setiap 15 hari sekali dengan dosis yang disesuaikan dengan besar & tingginya tanaman.
    - Penyiangan dan Pembubunan
    Penyiangan dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali agar gulma tidak mengganggu pertumbuhan tanaman terong.
    - Pemberian Ajir atau Tajuk
    Pemasangan ajir atau tajuk dilakukan ketika yang sudah berbuah tampak tidak mampu menopang buah.
    - Pengendalian Hama dan Penyakit
    Hama dan penyakit yang menyerang tanaman terong gelatik dapat di atasi dengan penggunaaan insektisida, fungisida yang ramah lingkungan atau juga dapat menggunakan deterjen.

  • Pemanenan terong Gelatik
terong lalap dapat dipanen setelah tanaman berumur sekitar 2,5 bulan dari penanaman. Setelah pemanenan pertama pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap 3-4 hari sekali.

Apabila Anda Membutuhkan Atau Ingin Memesan Polybag SMS/CALL/WA Kami Di : 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 Phone: 031-8830487. Untuk info harga Polybag silahkan klik DISINI

Sekian dari artikel tentang " Manfaat & Cara Budidaya Terong Lalap " Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami...  Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat :)...

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama