Minggu, 13 Agustus 2017

Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Penuh Misteri




Halo๐Ÿ‘‹ para sobat setia saya, Sebelumnya kita sudah membahas tentang Tanaman Hias Walisongo
yang cukup langka, namun kali ini kita akan membahas tentang Bunga Wijaya Kusuma yang hanya mekar sekali dalam kurun waktu 1 tahun๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ.
Tanpa basa-basi lagi langsung saja baca di bawah ini๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡





Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Penuh Misteri


Tanaman Wijaya Kusuma adalah spesies tanaman anggota kaktus(famili Cactaceae ). Ciri-ciri batangnya yaitu berbentuk silindris yang terbentuk dari helai daun tua yang mengecil dan mengeras. Tinggi batang dapat mencapai hingga 3 meter. Sedangkan daun Wijaya Kusuma berbentuk pipih dan memanjang yang berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri dan tepi daun yang bergelombang. Panjang daun berkisar antara 10-15 cm. Pada tepi daun ini dapat tumbuh daun baru ataupun bunga.


Bunga Wijaya Kusuma tampak sangat indah sekali. Kelopak bunganya yang tersusun secara roset melengkapi pesona keindahannya. Begitu pula dengan namanya yang menarik yaitu bunga Wijaya Kusuma. Selain keindahan bentuk bunganya yang mampu memikat hati seseorang, ada hal menarik lainnya tentang bunga ini karena seolah menyimpan misteri tersendiri karena hanya mekar di malam hari. Seiring terbitnya sang surya, bunga Wijaya Kusuma pun ikut layu. Karena itulah bunga Wijaya Kusuma disebut sebagai bunga ratu malam atau night queen.


Menurut mitos turun-menurun dalam budaya Jawa๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป, bunga ini dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati laksana titisan Dewa Wisnu. Karena itulah, di lingkungan keraton Yogyakarta dan Surakarta ada mitos tak tertulis bahwa seorang raja yang hendak naik tahta harus memiliki bunga Wijaya Kusuma ini dalam keadaan mekar dan segar. Konon, bunga tersebut diambil oleh 40 orang utusan yang dipetik dari Pulau Nusakambangan.

* Baca Juga : Budidaya Daun Dewa

Dalam kisah pewayangan, diceritakan konon bunga Wijaya Kusuma ini adalah jimat atau senjata sitimewa yang ampuh milik Sri Bathara Kresna dan hanya dipakai untuk membantu Pandawa pada saat kondisi genting dan terdesak.


Bunga Wijaya Kusuma memiliki aroma yang harum dan mekar secara sempurna saat tengah malam sekitar jam 12 malam. Pada satu tangkai kembang bisa berisi sekitar 10 kuntum dan ada juga yang mencapai 20 kuntum.


Karena dalam satu pohon memiliki banyak tangkai, bisa muncul ratusan bunga Wiajaya Kusuma. Bentuk bunganya menyerupai terompet, dan corak warna merah muda di sekitar tangkai bunga. Mahkotannya putih dan benang sarinya berwarna putih kekuningan. Ada pula bunga Wijaya Kusuma yang berwarna kuning, merah muda, merah dan oranye. Begitu pula dengan bentuk bunganya ada yang berbeda.

Wijaya Kusuma Kuning

Wijaya Kusuma Merah

Wijaya Kusuma Merah Muda
Lim Corporation
Bunga Wijaya Kusuma terlahir ke dunia ini๐Ÿ˜๐Ÿ˜ melalui tepi daun yang hanya berupa kuncup dan waktu terus berjalan hingga panjang tangkai bunganya menjuntai ke bawah. Bunga berdiameter 10 cm yang berwarna putih dan berbau wangi. Sedangkan tangkai dan kuncup bunga berwarna merah muda. Buah Wijaya Kusuma berbentuk bulat, berwarna merah membara dan berbiji hitam. Perkembangbiakannya bisa menggunakan biji maupun stek daun.

Tanaman dan bunga Wijaya Kusuma ini sepintas mirip dengan tanaman buah Naga. Hanya saja ukuran batangnya jauh lebih kecil dibanding tanaman buah naga.


Kami juga menyediakan polybag murah bagi anda yang ingin berkebun tapi tidak ada lahan yang cukup luas, langsung saja hubungi 085233925564 | 087702821277 | 081232584950

Cukup sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, Terima Kasih telah berkunjung & semoga bisa menambah wawasan bagi anda๐Ÿ‘. Sampai jumpa di lain waktu๐Ÿ‘‹.

Salam Hangat,


Lim Corporation




Tidak ada komentar:

Posting Komentar