Rabu, 05 Juli 2017

Tips Paling Jitu Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)



Lidah mertua (Sansevieria) merupakan tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang banyak di jumpai di pot atau di halaman rumah. Selain mempunyai bentuk yang menarik, lidah mertua juga memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan, sehingga mampu mengurangi polusi udara.

Ternyata, lidah mertua tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja, tapi juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara itu, seratnya digunakan sebagai bahan pakaian.

Ada dua jenis tumbuhan lidah mertua yang biasa ditanam, yaitu lidah mertua spesies dan lidah mertua hibrid. Lidah mertua spesies adalah lidah mertua keturunan asli yang tumbuh memanjang ke atas dan meruncing dengan ukuran 40-65 cm. Sedangkan, lidah mertua hibrid adalah lidah mertua hasil persilangan, daunnya pendek melingkar, dan berbentuk roset dengan panjang 10 cm dan lebar sekitar 4-7 cm.

*Baca Juga : Kupas Tuntas Cara Tepat Budidaya Buah Anggur Dalam Pot

Nah, kali ini kita akan membahas tentang "Cara Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)". Perhatikan langkah-langkah berikut :

1. Siapkan Media Tanam

Lidah mertua memiliki daun yang agak tebal dan memiliki kandungan air. Tanaman hias ini dapat bertahan hidup di tanah yang kering, serta dapat tumbuh subur saat dipelihara di keadaan yang lembab. Tetapi, lidah mertua sangat suka pada media tanam yang agak berpasir. Maka dari itu, anda dapat memakai media tanam dari kombinasi tanah humus, pasir, sekam padi, serta pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1. Komposisi media tanam yang seimbang memungkinkan mampu mengikat kandungan air dalam jumlah yang cukup.

2. Siapkan Pot


Pesona tumbuhan ini akan tampak lebih menarik jika ditanam di pot. Agar tanaman bisa tumbuh secara normal, penentuan pot harus memperhatikan segi keselarasan dengan varietas tanaman, keindahan tampilan, serta kecenderungan karakter material pot. Gunakan pot yang terbuat dari keramik, karena pot yang terbuat dari bahan keramik mempunyai pori-pori, berestetika tinggi, dan kokoh. Masukkan alas berupa pecahan genteng atau sabut kelapa ke dalam pot untuk menahan media tanam supaya tidak mudah tenggelam.

3. Lakukan Pengembangbiakan Secara Berkala

Lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang mudah berkembang biak. Dalam 1 tahun saja, dapat di pastikan pot terisi penuh dengan tanaman-tanaman ini. Perbanyakan lidah mertua umumnya bisa dikerjakan dengan sistem tunas serta stek daun, dimana sistem tunas relatif lebih mudah dibanding dengan sistem stek daun yang hanya dapat dikerjakan pada varietas spesifik.

*Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Buah Bit

4. Pemupukan


Sebagai tanaman yang tahan terhadap keadaan kering, sesungguhnya lidah mertua tidak terlalu memerlukan pemupukan dengan cara teratur. Jika anda menginginkan sansevieria yang ditanam tumbuh lebih maksimal, tidak ada salahnya memberi pupuk dengan teratur setiap 3 bulan sekali. Cukup pupuk organik, seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Spesial untuk lidah mertua dari varietas variegata, anda dapat memberikan pupuk guano organik.


5. Penyiraman

Frekuensi penyiraman lidah mertua bisa dikerjakan saat dibutuhkan saja, mengingat tanaman ini dipelihara di pot. Pola penyiraman terlalu berlebih, akan menyebabkan sistem perakarannya membusuk. Umumnya, penyiraman dikerjakan setiap 3 hari sekali dengan jumlah air secukupnya. Sambil menyiram, pastikan juga untuk membersihkan daun tanaman supaya tetap terlihat indah.

Untuk perawatannya sendiri, sesekali lidah mertua ditempatkan di luar ruangan, khususnya pada pagi hari agar lidah mertua memperoleh sinar matahari. Hal ini sangat berpengaruh baik bagi proses pertumbuhan dan kualitas warna pada tanaman.



Demikian pembahasan tentang "Cara Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)". Terima kasih telah berkunjung.. Semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN CEPAT CAIR TIDAK ADA RESIKO APA APA terima kasih.

    BalasHapus