Cara Tepat Budidaya Jeruk Nipis



Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari suku Rustaceae (jeruk-jerukan). Jeruk nipis ini memiliki banyak kandungan serta manfaat bagi tubuh, mulai dari buah, daun, bunga, batang dan juga akarnya memiliki manfaat/kegunaan masing-masing. Buah yang berasal dari famili Rutaceae ini memiliki kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh contohnya vitamin A, B1, dan juga vitamin C. Maka, pertumbuhannya harus dijaga dan dibudidayakan agar dapat menjaga ekosistem lingkungan.

Langsung saja kita bahas cara budidaya jeruk nipis. Perhatikan langkah-langkah berikut ini :

Siapkan Bibit Jeruk Nipis


Siapkan bibit okulasi jeruk nipis yang akan ditanam dipot, karena bibit okulasi akan lebih cepat tumbuh dan berbuah. Anda bisa mendapatkan bibit okulasi tersebut di toko tanaman.

*Baca Juga : Kupas Tuntas Cara Tepat Budidaya Buah Anggur Dalam Pot

Siapkan Pot Tanam

Pot yang digunakan untuk menanam jeruk nipis disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Untuk bibit yang berukuran kecil siapkan pot dengan diameter 20cm-40cm dan untuk bibit berukuran besar siapkan pot dengan diameter sekitar 50cm-60cm.

Siapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam jeruk nipis adalah campuran tanah dengan arang sekam dan humus bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau tanah dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Penanaman Tanaman Jeruk Nipis

Jika bibit, pot dan media tanam telah siap maka selanjutnya lakukan penanaman. Pertama, susun pecahan genting atau batu bata pada dasar pot, lalu tutup dengan humus. Setelah itu masukan media tanam sampai setengah bagian pot. Untuk mengurangi penguapan pangkas cabang, daun dan ranting, lalu keluarkan bibit dari polybag. Masukkan bibit dalam pot tepat dibagian tengah dengan posisi tegak, kemudian timbun kembali dengan media tanam sampai 2cm dari bibir pot. Siram, lalu letakkan pot pada tempat yang terbuka (terkena sinar matahari).

Perawatan Tanaman

  • Penyiraman
Lakukan penyiraman tiap 2-3 hari sekali. Saat menyiram, usahakan jangan sampai mengenai batang.
  • Pemupukan
Pemupukan dilakukan saat usia tanaman di atas 5 bulan. Gunakan pupuk Urea, KCl, dan TSP dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Taburkan 2 sdm campuran pupuk di sekeliling pot sedalam 10 cm. Jika tanaman sudah mulai berbunga, berikan pupuk NPK 15–15–15 dengan dosis 1 sdm/tanaman. Sebelum diberikan, larutkan dulu pupuk dengan 1 liter air. Lakukan setiap 3-4 bulan sekali.
  • Pemangkasan
Pemangkasan juga perlu dilakukan, dengan cara potong sebagian cabang atau ranting, terutama cabang/ranting yang menjulur ke atas, agar bisa mengatur keseimbangan nitrat dan karbohidrat pada tanaman, sampai tanaman bisa lebih cepat berbuah.
  • Penggantian Media Tanam
Penggantian media tanam diperlukan untuk menjaga kebutuhan nutrisi tanaman. Penggantian media tanam ini dilakukan 2 tahun sekali dengan media tanam yang sama saat penanaman, namun media tanam sebelumnya tidak diganti sepenuhnya, tetapi disisakan sepertiga, lalu sisanya diisi dengan media baru.

*Baca Juga : Tips Paling Jitu Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)

Mempercepat Pembungaan Jeruk Nipis

Caranya, biarkan tanaman selama 7 hari (tidak disiram). Setelah itu, siram sedikit demi sedikit selama 3 hari, lalu keringkan lagi selama seminggu, begitu seterusnya. Hal ini dilakukan selama 4—6 minggu. Jika perlu, tambahkan pupuk TSP sebanyak 50 gram/pot dan zat pengatur tumbuh (ZPT) seperti Atonik, Cultar, Hobsanol dengan dosis sesuai ketentuan pada kemasan.

Seleksi Buah Jeruk Nipis

Untuk merangsang pembentukan tunas-tunas produktif dan waktu pembungaan selanjutnya menjadi lebih dekat, buanglah buah yang pertama kali tumbuh . Lakukan penyeleksian buah yang tumbuh saling berdekatan untuk memaksimalkan pertumbuhan buah. Dalam satu tangkai, sisakan 1 sampai 3 buah saja. Hal ini dilakukan saat ukuran buah masih sebesar kelereng.




Demikian pembahasan tentang "Cara Tepat Budidaya Jeruk Nipis". Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat..

Untuk Info Harga Terupdate Silahkan Klik DISINI
Informasi selanjutnya hubungi kami pada jam kerja pkl : 08.15-16.00 WIB
- Phone/Fax       : 031-8830487
- SMS/Call/WA  : 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | 0852.3392.5564
- E-mail             : limcorporation2009@gmail.com
                          admin@limcorporation1.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama