Senin, 22 Mei 2017

Hama & Penyakit Pada Tanaman Alpukat Serta Cara Pengendaliannya



Bagi semua jenis tumbuhan, hama dan penyakit menjadi musuh paling terbesar, tak terkecuali bagi tanaman alpukat. Hama penyakit tanaman alpukat ini akan menghambat produksi, pertumbuhan dan bahkan juga akan menyebabkan kematian pada tanaman. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu untuk diketahui beberapa jenis hama dan penyakit apa saja yang dapat menyerang pada tanaman alpukat serta bagaimana cara pengendaliannya.

Nah berikut ini beberapa jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman alpukat serta cara pengendaliannya :

1. Ulat Kipat


Hama ini berwarna hitam dengan bercak-bercak putih, kepala dan ekornya berwarna merah, dan seluruh tubuh hama ini dipenuhi dengan rambut (bulu) putih. Gejala yang muncul dari serangan ulat ini ialah pada bagian daun alpukat tidak terlihat utuh dan terdapat bekas gigitan.

Pengendaliannya : Semprotkan insektisida yang mengandung bahan aktif monokrotofos, seperti cymbus 50 EC dengan dosis 1-3 cc/ liter.

*Baca Juga : Waspada!!! Inilah Hama & Penyakit yang Sering Mengganggu Tanaman Brokoli.

 2. Lalat buah

Gejala yang ditimbulkan akibat serangan hama ini adalah terdapat bintik-bintik pada buah, buah berlubang, mengalami perubahan warna dan juga pembusukan.

Pengendaliannya : Semprotkan insektisida berbahan aktif seperti triozofas dengan dosis 2cc/liter. Jika buah sudah busuk, lebih baik langsung dibuang.

3. Kumbang Bubuk Cabang

Hama ini memiliki tubuh dengan warna coklat tua dan berukuran 1,5 mm, gejala serangan hama ini yakni adanya lubang pada cabang atau ranting tanaman.

Pengendaliannya : Jika ada cabang yang terserang, langsung dipangkas dan dibakar, atau semprotkan insektisida berbahan aktif asetat atau diazinon yang terkandung dalam ortheme 75 SP dengan dosis 0,5-0,8 g/l dan Diazinon 60 Ec dengan dosis 1-2 cc/l.

4. Tungau Bercak Dua

Tungau jantan maupun betina memiliki warna hijau kekuningan, gejalanya akan terlihat pada permukaan daun yaitu adanya bintik-bintik berwarna kuning, dan semakin lama warnanya akan berubah menjadi merah tua seperti karat.

Pengendaliannya : Semprotkan akarisida yang berbahan aktif seperti dikofol, binapakril, dan tetradifon.

Penyakit Pada Tanaman Alpukat :

1. Bercak Daun (Bercak Cokelat)

Hal ini disebabkan oleh adanya jamur Cercospora purpurea, gejala yang muncul adalah adanya bercak cokelat muda dengan bagian tepi berwarna coklat tua dipermukaan buah. Ukuran bercaknya sekitar 1 mm, bersudut-sudut dan bila bersatu diameternya dapat mencapai hingga 1,5cm.

Pengendaliannya :
Semprotkan fungisida benomyl, dengan dosis 1-2 gram/liter atau oleskan bubur Bordeaux.

*Baca Juga :  Cara Paling Ampuh Mengatasi Hama Bekicot Pada Tanaman

2. Busuk Buah

Hal ini disebabkan oleh jamur Botryodiplodia theobromae pat. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya bercak coklat yang tidak teratur pada buah.

Pengendaliannya : Oleskan bubur Bordeaux/semprotkan fungisida Velimex 80 WP yang berbahan aktif Zineb, dengan dosis 2-2,5 gram/liter.


Sekian pembahasan tentang hama & penyakit pada tanaman alpukat. Terima kasih atas kunjungannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar