Rabu, 10 Mei 2017

Cara Paling Ampuh Mengatasi Hama Bekicot Pada Tanaman




Setiap orang pasti ingin memiliki taman yang indah & asri. Tapi, sayangnya kehadiran hama sering merusak pertumbuhan tanaman. Bekicot menjadi salah satu jenis hama yang sering kita temui di pekarangan rumah.

Bekicot bisa menjadi masalah besar saat memasuki taman dan merusak tanaman. Bekicot sangat suka dengan tempat yang lembab, itu sebabnya pada musim hujan, bekicot sering bermunculan. Untuk membasminya, bisa menggunakan pestisida. Tapi, ada juga beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir hama tersebut.

Berikut ini cara untuk mengatasi hama bekicot :

1. Buatlah Larutan Air Sabun

Ternyata bekicot sangat benci dengan air sabun. Anda bisa manfaatkan ini dengan cara mencelupkan permukaan kulit bekicot ke dalam cairan berisi air sabun. Jika tidak memungkinkan, anda juga cukup memercikkan air sabun ke permukaan kulitnya.

2. Buatlah Larutan Air & Garam

Ternyata garam dapat membunuh bekicot dengan cara mengeringkan permukaan licin yang menyelimuti kulit badannya. Cukup dengan menyemprotkan sedikit air garam ke permukaan kulit bekicot.

*Baca Juga : Hama Pada Tanaman Nanas & Cara Pengendaliannya

3. Buatlah Larutan Air & Bawang Putih

Tumbuk bawang putih dan campur dengan air. Biarkan selama beberapa jam agar bawang putih meresap. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol, lalu semprotkan pada semua tanaman anda, untuk mencegah serangan baik dari bekicot maupun siput telanjang.

4. Gunakan Kopi
Menurut penelitian, bahwa kopi sangat efektif untuk mencegah dan memusnahkan bekicot dan juga siput telanjang. Caranya : - Masukkan kopi yang telah didinginkan ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan tanaman anda, ata langsung pada bekicot yang anda jumpai.
Sebagai alternatif, anda dapat menaburkan bubuk kopi di sekitar pangkal tanaman yang ingin anda lindungi. Bubuk kopi juga bisa membantu menyuburkan tanah.



5. Taburkan Kulit Telur yang Telah Dihancurkan

Cara efektif lain untuk mengusir bekicot adalah menaburkan kulit telur yang telah dihancurkan ke permukaan tanah di sekitar tanaman yang mudah diserang. Bagian tepi pecahan kulit telur relatif tajam. Jadi, bekicot cenderung menghindarinya. Cara mengusir bekicot demikian, benar-benar ramah lingkungan. Selain bisa mencegah bekicot, kulit telur mengandung banyak kalsium yang dapat menutrisi tanah pada tanaman anda.

*Baca Juga : Jual Polybag KW Super dan KW Biasa Maupun Original

6. Menarik Predator Alami

Ternyata banyak hewan lain yang tertarik menjadikan bekicot sebagai makanan utamanya. Coba pancing hewan seperti katak, kadal, dan hewan lainnya, dengan menghadirkan bekicot ditengah mereka. Dengan begitu bekicot akan dimakan oleh predator tersebut. Dan tidak akan ada yang mengganggu tanaman anda lagi.

7. Gunakan Material Lansekap

Gunakan material lansekap seperti potongan/serpihan kayu, kerikil dan pasir, hal ini bertujuan untuk menyulitkan bekicot untuk membuat sarang di taman/kebun Anda.


Sekian pembahasan tentang cara mengatasi hama bekicot pada tanaman, jika anda menjumpai bekicot pada tanaman, anda bisa mencoba cara diatas. Terima kasih telah berkunjung...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar