Minggu, 23 Oktober 2016

Budidaya Daun Dewa


Budidaya tanaman obat, termasuk juga daun dewa, dikerjakan untuk maksud melestarikan lingkungan hidup serta penuhi bahan baku obat tradisional. Dalam budi daya tanaman obat, terdapat banyak bagian yang perlu dikerjakan. Tiap-tiap step memiliki ciri sendiri serta membutuhkan perhatian spesial. Permasalahan perlakuan pasca panen juga turut bertindak dalam memastikan mutu atau kwalitas bahan yang dibuat.

1. Tempat Tumbuh
Daun dewa bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 1. 200 m dpl (dari permukaan laut). Selain itu, tanaman itu tumbuh di daerah yang beriklim tengah hingga basah dengan curah hujan 1. 500 – 3. 500 mm/th. dengan tanah yang agak lembab hingga subur.

2. Persiapan Lahan
Tempat yang bakal ditanami dapat disediakan dengan bikin bedengan–bedengan selebar 2 m serta panjangnya sesuai dengan tempat. Di bedengan itu di buat lubang tanam dengan ukuran sekitaran 20 x 20 x 20 cm.

*Baca Juga Pembibitan Tanaman Kopi




3. Pembibitan

Perbanyak tanaman daun dewa dapat dikerjakan dengan stek batang serta tunas akar. Stek batang di buat dengan panjang pada 15-20 cm serta sisi bawah batang dipotong miring supaya daerah tumbuh perakaran jadi lebih luas. Stek ditanam di persemaian lewat cara dibenamkan sepertiga sisi kedalam media tanam. Media tanam untuk persemaian terbagi dalam kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 70 : 30 atau 50 : 50. Cara perbanyak dengan tunas yang di ambil bisa dengan atau tanpa ada akar. Penanaman tunas dikerjakan seperti stek batang. Perbanyak daun dewa begitu gampang dikerjakan, yaitu lewat cara stek cabang sekunder, umbi, atau tunas anakan. Penyiraman mesti dikerjakan sehari-hari. Lama persemaian sekitaran 3 bln..

http://KarungBeras99.com



4. Penanaman
Sambung nyawa yang didapat dari setek yang telah berakar dapat ditanam di lubang-lubang tanam yang telah disediakan sesudah berusia sekitaran 3 bln.. Jarak tanam ideal yaitu 50x75 cm.
Disamping itu, penanaman daun dewa bisa dikerjakan lewat cara seperti berikut :
a. Umbi tanaman dapat segera ditanam, dalam sekian hari, diatas umbi bakal tumbuh anakan.
b. Bila tingginya telah meraih 15-20 cm, anakan dapat dipisahkan dari umbinya, setelah itu anakan tanpa ada akar itu bisa ditanam kembali.
c. Bila tanaman telah tua, dari atas tanaman muncul tangkai-tangkai anakan. Bila tingginya telah meraih 15 cm, dipotong serta ditanam kembali.

5. Pemupukan
Pemupukan baiknya memakai pupuk organik, berbentuk pupuk kandang atau kompos. Pupuk itu diberikan sekitaran 5 gr untuk tiap-tiap tanaman. Pupuk diberikan 3-7 hari sebelumnya penanaman lewat cara diaduk dengan tanah didalam lubang tanam.

*Baca Lagi Lakukan Peremajaan Perkebunan Karet, Produktiftas Meningkat 30 Persen!


6. Perawatan Tanaman
Penyiraman begitu memegang fungsi utama pada tampilan daun. Karenanya, mesti dikerjakan secara teratur sehari-hari. Penyiangan atau pemberantasan rumput-rumput serta tumbuh pengganggu (gulma) mesti dikerjakan secara teratur.


*Untuk Kebutuhan Polybag Segera Hubungi Kami Di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277

7. Penanggulangan Hama serta Penyakit
Hama paling utama yang menyerang daun dewa yaitu ulat kesal (Nyctemera coleta) serta kumbung Psylliodes sp. Ulat kesal mengonsumsi daun hingga habis serta yang tersisa cuma tulang daun. Disamping itu, serangan kumbang menyebabkan daun jadi berlubang-lubang. Untuk kurangi sarangan hama itu mesti dikerjakan pemangkasan daun-daun yang rusak, berlubang-lubang, serta daun yang menyentuh tanah. Bila berlangsung ledakan hama, butuh dipakai insektisida sintetis, seperti Dikhlorvos atau Fentrotion dengan dosis 1 ml atau 1 gr per liter sejumlah 4-5 helai kearah pucuk.

8. Panen
Panen pertama bisa dikerjakan waktu tanaman berusia sekitaran 4 bln.. Pemanenan dikerjakan lewat cara menuai atau memotong daun sejumlah 4-5 helai daun kearah puncak. Di batang bekas pangkasan bakal tumbuh tunas-tunas baru yang bisa dipanen kembali secara bertahap.

polybag untuk segala penanaman tumbuhan contohnya tumbuhan obat - obatan seperti pada artikel kali ini yaitu DAUN DEWA, sangat bermanfaat untuk keluarga. tapi tenanag kami menyediakan polybag untuk membantu anda mempermudah dalam menanam segala hal tanaman. untuk info pemesanan anda bisa menghubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau jika anda ingin tau info harga terupdate segara kunjungi link kami caranaya klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar